Geografi Islandia Negara Api di Tengah Atlantik

Apa yg terdapat pada benak anda waktu mendengar kata Islandia?. Islandia atau lebih resmi diklaim Republik Islandia adalah sebuah negara pulau yg berlokasi pada tengah Samudera Atlantik Utara, hanya sedikit saja dari selatan lingkar Arktik. Sebagian besar berdasarkan Islandia merupakan wilayah gletser serta padang salju serta sebagian besar penduduk tinggal di daerah pesisir lantaran disana adalah daerah yg paling fertile di Islandia.
Wilayah pantai mempunyai iklim yang lebih hangat dibanding area yang lainnya. Islandia merupakan daerah vulkanik aktif serta erupsi menurut bawah gunung barah es di tahun 2018 menyemburkan abu ke atmosfer dan mengganggu langit bumi kala itu.
Populasi     : 306.694 (data 2018)
Ibukota      : Reykjavik
Area          : 103.000 km persegi
Garis pantai  : 4.970 km
Titik Tertinggi : Hvannadalashnukur (dua.110 mdpl)


Sejarah Islandia
Islandia pertama kali dihuni manusia dalam akhir abad ke 9 serta perancangan konstitusi negara tadi dimulai sesudah itu dan dianggap menggunakan Althingi. Setelah berjalan sekian usang akhirnya pada Islandia memproklamirkan menjadi sebuah negara pada 1262 dalam sebuah piagam perjanjian bersama Norwegia. Ketika Norwegia serta Denmark menjadi negara pada abad ke 14, Islandia masih sebagai bagian berdasarkan Denmark.
Pada 1874, Denmark memberi Islandia kebebasan pemerintahan yg terbatas serta pada 1904 sehabis revisi konstitusi dalam 1903 kebebasan pengelolaan negara diperluas.
Pemerintahan Islandia
Islandia saat ini merupakan sebuah republik konstitusional menggunakan parlemen tunggal yang disebut Althingi. Islandia memiliki dewan eksekutif menggunakan kepala negara serta ketua pemerintahan. Dewan yudikatif dianggap Haestirettur yang mengawasi pelaksanaan rapikan kehidupan negara tadi.
Ekonomi dan Tata Guna Lahan
Islandia memiliki kehidupan sosial-ekonomi yg bertenaga misalnya tipe negara Skandinavia dalam umumnya. Prinsip ekonomi mereka deretan antara kapitalis menggunakan konsep pasar bebas serta menganut welfare state pula. Sektor industri Islandia utama merupakan perikanan, peleburan alumunium, energi geotermal serta hidropower. Meskipun berlokasi di lintang tinggi, Islandia mempunyai iklim hangat karena pengaruh Gulf Stream yg menciptakan penduduk di wilayah pantai dapat bercocok tanam. Produk agrikultur terbesar negara ini merupakan kentang serta sayuran hijau.
Geografi serta Iklim
Islandia mempunyai beragam jenis topografi tetapi lebih poly didominasi sang daerah aktifitas vulkanik. Oleh sebab itu negara ini mempunyai morfologi yang nir rata menggunakan beberapa titik sumber air panas, sulfur, geyser, ladang lava, jurang serta air terjun. Tercatat ada 200 gunung api di negara ini serta sebagian akbar merupakan gunung api aktif. Islandia merupakan pulau vulkanik yg disebabkan oleh adanya hot spot pada tengah Atlantik yang memisahkan lempeng Amerika Utara dengan Eurasia. Ini yang mengakibatkan Islandia menjadi pulau aktif berdasarkan faktor geologinya. Hot spot Islandia terbentuk jutaan tahun kemudian serta hingga kini masih berlanjut. Wilayah pedalaman Islandia merupakan plato menggunakan sedikit tutupan hutan.
Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru