Harga BBM Pertalite September 2018 Cocok Untuk Kendaraan jenis Ini

Pertamina ahirnya resmi meluncurkan BBM jenis baru, Pertalite! Pertalite merupakan BBM dengan ron 90. Ini adalah masih lebih rendah menurut pada pertamax menggunakan ron 92. Namun lebih tinggi berdasarkan premium menggunakan ron 88. Lantas, tunggangan, mobil atau motor jenis apa saja yang cocok menggunakan BBM jenis baru pertalite ini? BBm jenis pertalite ini resmi dibanderol  pertamina dengan harga Rp8.400 per liter.

Pertama perlu dipahami apak itu angka oktan yang terkandung pada masing masing jenis BBM. Ada 88, 90 serta 92. Ini yg lazim tersebar di indonesia. O ya terdapat satu lagi, 95 yakni jenis pertamax plus. 

Angka oktan adalah nomor yg menunjukkan seberapa besar tekanan yg sanggup diberikan sebelum bensin terbakar secara impulsif. Di pada mesin, campuran udara serta bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai menggunakan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan barah yang dihasilkan busi. Lantaran besarnya tekanan ini, adonan udara dan bensin jua mampu terbakar secara spontan sebelum percikan barah menurut busi keluar. 
dok. Liputan6.com
Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yg tinggi (serta bukan lantaran percikan api menurut busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan pada dalam mesin atau bahasa lazimnya ngelitik yg terdengar suara tik tik tik berdasarkan pada mesin. Knocking ini akan mengakibatkan mesin cepat rusak, sebagai akibatnya sebisa mungkin wajib kita hindari.

Nah buat memilih BBM dengan jenis oktan yg tepat buat tunggangan, masing masing orisinil pabrik umumnya sudah menaruh spesifikasi mesin kendaraan yang bersangkutan, khususnya di bagian rasio kompresi mesin. Biasanya buat tunggangan umum berkisar antara 7:1 hingga 12:1. Kalau kompresi pada atas itu umumnya untuk keperluan balap.

tabel kompresi mesin tunggangan serta jenis BBM sesuai




JENIS BBM ANGKA OKTAN RASIO KOMPRESI PREMIUM
88
7:1 - 8:1
PERTALITE
90
8:1 - 10:1
PERTAMAX
92
10:1 - 11,lima:1
PERTAMAX PLUS
95
11,5:1 - 12:1

Sekarang tinggal anda lihat spesifikasi mesin tunggangan motor atau mobil anda, kemudian perhatikan rasio kompresinya BBM jenis manakah yg cocok buat kendaraan anda. Tetapi perlu diketahui, beberapa orisinil pabrik sekarang sudah pintar mengakali kasus knocking yg terjadi pada mesin dampak penggunaan BBM yg tidak sinkron. Seperti mengatur derajat pengapian dll. Ini buat mencegah terjadi kerusakan mesin dampak BBM yang tidak sinkron, karena tidak semua daerah pada indonesia masih ada jenis pertamax. Artinya anda boleh saja memakai BBM jenis premium dalam motor atau kendaraan beroda empat kompresi tinggi menggunakan toleransi eksklusif. Tapi jangan keseringan.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI