Ilmu Sosiologi Pengertian CiriCiri Serta Hakikatnya Terbaru

Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta HakikatnyaPengertian sosiologi berasal dari bahasalatin yunani yaitu socius yg mempunyai arti teman atau rakyat dan logosyang berarti ilmu. Sehingga berdasarkan kedua istilah tersebut sosiologi bisa diartikansebagai suatu ilmu yang mempelajari atau menelaah tentang hubungan sosial yangterjadi dalam interaksi sosial masyarakat serta tersusun secara ilmiah danberdasarkan pola pikir yg kritis. Dalam tingkat sekolah Ilmu Sosiologi sangat krusial dan erat kaitannya menggunakan bimbingan konseling, Kenapa Sosiologi sangat penting? Karena Ilmu Sosiologi akan mengarahkan kita menuju pribadi yg lebi baik.
Ilmu sosiologi selalu mengarahkan manusiauntuk berpikir dan melaksanakan kiprahnya pada kehidupan bermasyarakat ( das sollen). Selain itusosiologi juga selalu, menginmplementasikan, menelaah, dan memeriksa suatuperistiwa atau berita sosial yang terjadi pada lingkungan rakyat ( dassein).
Artikel Terkait :Pengertian Proses Sosial Asosiatif dan Disosiatif Beserta Bentuk-Bentuknya

Pengertian, Ciri-karakteristik Serta Hakikat Ilmu Sosiologi

Pengertian Ilmu Sosiologi

Singkatnya Ilmu sosiologi merupakan ilmu yg membahas dan mendalami tentang pengetahuan, rapikan cara hayati bermasyarakat.

Ciri-Ciri Ilmu Sosiologi

Masing-masing objek ilmu pengetahuan mempunyai ciri khastertentu, begitu pula ilmu sosiologi jua mempunyai karakteristik atau ciri khasyang membedakannya dengan ilmu-ilmu lain. Berikut di bawah ini merupakanciri-ciri berdasarkan ilmu sosiologi.

  • Empiris, ialah ilmu sosiologi merupakan sebuah ilmu yangmengkaji suatu objek menurut observasi serta akal,  bukan menurut spekulasi semata.
  • Teoritis, sosiologi berusaha menaruh teori untukmenunjukan pernyataan atau proporsi secara logis buat menyebutkan hubungansebab akibat.
  • Kumulatif, sosiologi di susun berdasarkan pengembangan ,pemugaran, ekspansi, serta penguatan sinkron kondisi modern atau fakta terbarudari teori-teori yang pernah terdapat sebelumnya.
  • Nonetis, ialah sosiologi tidak bertunjuan buat menilaisuatu kebaikan atau keburukan suatu informasi, melainkan bertujuan untukmenjelaskan fakta secara analitis.
Hakikat Ilmu Sosiologi

Setelah mengetahui Pengertian dan Ciri-ciri ilmu sosiologi maka derikut di bawah ini merupakan hakikat berdasarkan ilmu sosiologi :
  1. Sosiologi adalah ilmu sosial. Artinya ilmu sosiologi  didasari berdasarkan kajian ilmu yang menghubungkanrealitas sosial melalui gejala-gekala sosial pada ilmu pengetahuan.
  2. Sosiologi bertujuan menghasilkan definisi dan pola umumkarena sosiologi meneliti tentang aturan-anggaran dasar yg terbentuk berdasarkan hasilpola hubungan anatarindividu dalam bermasyarakat.
  3. Sosiologi nir termasuk ilmu pengetahuan normatif,melainkan termasuk dalam dalam pengetahuan displin kategoris. Artinya,  sosiologi hanya membahas sebatas pada kondisirealitas yg terjadi pada saat ini serta nir membahas mengenai hal-hal yangseharusnya terjadi. Oleh sebab itu ilmu sosiologi dapat dikatakan menjadi ilmupasti.
  4. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan empiris rasional, haltersebut berkaitan menggunakan apa yg dipakai dalam kajian ilmu sosiologi.
Itulah Pengertian Ciri-ciri dan Hakikat Ilmu sosiologi yg dapat kita pelajari, Terimakasih atas kunjungannya.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI