Indeks Kenyamanan Kota Banjarmasin

Sudah tiga tahun lebih saya hijrah berdasarkan Tasikmalaya ke Banjarmasin lantaran tuntutan profesi menjadi tenaga pendidik.
Selama itu saya mendapatkan beberapa citra tentang kondisi umum kota Banjarmasin. Banjarmasin adalah kota yg berdiri di atas daerah rawa dan merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Pembangunan kota di atas air seperti rawa memang memerlukan manajemen yang luar biasa handal melebihi rapikan kota dalam daerah nir berair. Setelah berkeliling-keliling pada saat 3 tahun, aku berpendapat bahwa tata kelola kota khususnya sistem air di kota ini tergolong di bawah standar. Sampah dimana-mana, selokan hitam, aliran air nir berjalan dan lainnya. Namun akhir-akhir ini pemkot Banjarmasin mulai menata ulang wilayah kota agar terlihat manis seperti pembangunan Ruang Terbuka Hijau pada sepanjang Sungai Martapura depan Kantor Gubernur. Penasaran dengan kenyataan tersebut saya cari-cari pada internet tentang Indeks Kenyamanan Kota di Indonesia serta akhirnya menemukan data penelitian berdasarkan Ikatan pakar Perencanaan Indonesia mengenai Most Liveable City Index tahun 2018. Intinya penelitian ini buat melihat seberapa besar indeks ketenangan kota-kota akbar pada Indonesia menurut 7 variabel primer yaitu fisik kota, kualitas lingkungan,transportasi-asksesibilitas, fasilitas, utilitas, ekonomi serta sosial. Hasilnya lebih kurang seperti ini


Deskripsi singkat mengenai kota Banjarmasin menurut kuesioner tersebut merupakan menjadi berikut:
  • 5 kriteria ternyaman : jaringan telekomunikasi, hubungan hubungan penduduk, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, fasilitas air bersih.
  • 5 kriteria paling nir nyaman : ketersediaan RTH, kualitas penataan kota, pencemaran lingkungan, ketersediaan fasilitas kaum difabel, fasilitas rekreasi.
Banjarmasin menjadi keliru satu kota besar pada Indonesia khususnya di Kalimantan memerlukan penataan ulang supaya menjadi kota air yang bersih serta nyaman buat ditinggali. Semoga saja pada kemudian hari Banjarmasin setidaknya bisa meniru manajemen kota-kota air di Eropa seperti Venezia dan Amsterdam agar ketenangan hidup insan di atasnya semakin baik.


Sumber data:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI