Info Event Perkemahan Ilmiah Remaja PIRN XIV 2018

Info ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi para murid dan pengajar di seluruh Indonesia khususnya
yg bertempat tinggal pada kisaran Jawa. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun ini berkerjasama menggunakan Pemerintah Kota Tasikmalaya akan menggelar Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional pada tanggal dua - 9 Agustus 2018 yg akan diikuti sang 500 peserta. Kegiatan ini akan diisi menggunakan pembekalan materi seputar metodologi penelitian baik itu buat Ilmu Alam juga Ilmu Humaniora. Selain itu terdapat pula pelatihan penelitian lapangan dalam rangka pembuatan karya ilmiah. Kegiatan ini merupakan aktivitas rutin tahunan LIPI dalam rangka menumbuhkembangkan minat riset bagi remaja Indonesia. Di kegiatan ini jua akan terdapat workshop bagi para pengajar pembimbing. Setiap sekolah bisa mendaftarkan 3 orang siswa + 1 guru pembimbing. Selama aktivitas berlangsung panitia hanya akan menanggung akomodasi dan konsumsi sedangkan buat tiket perjalanan keTasikmalaya pulang pergi ditanggung peserta.
Pendaftaran peserta mulai lepas 2 Maret Februari – 2 Juli 2018 dengan mengisi serta mengirimkan formulir registrasi melalui email ke: binailmiah@mail.lipi.go.id serta atau fax. 021-5251834 / 52920839. Informasi dan formulir pendaftaran bisa diunduh disini.
Event ini sangat bermanfaat sekali sehingga jangan disia-siakan, sayangnya saya kini bertugas di Kalsel sebagai akibatnya ongkosnya sangat berat padahal tuan rumahnya Tasikmalaya, loka masa kecil aku dan kuliah saya. 
Bagi yg berada pada sekitaran Tasik khususnya Priangan Timur, mari segera ajukan proposalnya ke Kepala Sekolah. Kegiatan ini juga dalam rangka menghadapi Event Bergengsi LIPI lainnya yaitu Lomba Kreativitas Ilmiah Remaja Nasional.
LKIR adalah ajang kompetisi ilmiah bagi anak didik SMP serta SMA atau sederajat berusia 12-19 tahun. Kompetisi ini bertujuan buat menaikkan pencerahan serta kemampuan para murid pada menganalisa pertarungan serta mencari solusi yg tepat melalui penelitian serta aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi.setiap peserta harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum pada kabar pada bawah ini sebelum membuat proposal penelitian.

PESERTA LKIR:

Peserta LKIR adalah siswa SMP-SMA atau sederajat yg melakukan penelitian dan mengikuti seluruh proses seleksi sinkron menggunakan aturan yang berlaku.

PERSYARATAN:

  1. Siswa Sekolah Menengah pertama dan SMA atau sederajat, berusia 12-19 tahun terhitung dalam lepas 24 Agustus 2018.
  2. Perorangan atau kelompok aporisma dua (dua) orang.
  3. Belum pernah menjadi pemenang LKIR dalam kurun ketika 2 tahun terakhir.
  4. Melampirkan surat liputan/rekomendasi dari sekolah/instansi terkait serta daftar riwayat hayati yg berisi: nama lengkap, jenis kelamin, tempat serta lepas lahir, alamat, sekolah/instansi, nomor telepon/HP, dan email dan diketahui oleh orangtua atau wali.
  5. Karya Ilmiah yg sedang atau pernah diikutsertakan pada kompetisi ilmiah taraf nasional lainnya, nir dapat diikutsertakan pada LKIR.

BIDANG PENELITIAN
1. Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan/Social and Behavioral Sciences
Merupakan kategori LKIR yg berkaitan menggunakan studi sosial dengan beberapa sub tema: Psikologi (Psikologi Sosial, Psikologi Kognitif, Psikologi Fisiologis), Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Politik, serta lainnya.
2. Ilmu Pengetahuan Hayati (Life Sciences)
Merupakan kategori LKIR yang berkaitan menggunakan ilmu alam, aneka macam kajian observasi, eksperimentasi, penyimpulan dengan ruang lingkup makhluk hidup, tenaga dan perubahannya, serta keilmuan mengenai alam lainnya, dengan sub tema: Kimia, Biokimia, Biologi, Mikrobiologi, Ilmu Tumbuhan, Ilmu Hewan, Obat dan Kesehatan, Ilmu Lingkungan, Manajemen Lingkungan, Ilmu Matematika, serta lainnya.
3. Ilmu Pengetahuan Teknik
Merupakan kategori LKIR yg berkaitan dengan merancang serta membuat perangkat-perangkat, struktur-struktur dan proses-proses yg bisa digunakan dan dapat berupa penemuan produk serta pengembangan system, dengan subtema: Fisika, Energi dan Transportasi, Teknik Mekanika dan Elektronika, Ilmu Komputer, Informatika, Teknik Material & Bioteknologi, serta lainnya.
4. Ilmu Pengetahuan Kebumian serta Maritim
Merupakan kategori LKIR yg berkaitan kajian, observasi, dan membuat perangkat-perangkat di bidang ilmu kebumian dan kemaritiman, menggunakan subtema: Astronomi, Klimatologi, Cuaca, Geokimia, Minerologi, Paleontologi, Geofisika, Geologi, Kelautan/Oseanografi, serta lainnya.

PENGHARGAAN

Juara I: Uang tunai bersama piala serta sertifikat
Juara 2: Uang Tunai bersama piala serta sertifikat
Juara 3: Uang tunai beserta piala serta sertifikat
Pemenang akan berkesempatan buat berpartisipasi di ajang kompetisi ilmiah internasional serta perkemahan remaja di Inggris dan Amerika.

Informasi lebih lanjut silahkan klik disini.




Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru