Info Pendaftaran CPNS 2018


Pemerintah akan pulang membukapendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tahun 2018. Sebelumnya,dalam tahun 2018, pendaftaran dibuka sebesar dua kali buat kementerian danlembaga negara.

Pada tahun 2018, jumlah CPNS akanditerima lebih banyak karena buat kebutuhan pemerintah daerah di seluruhIndonesia, kecuali Pemprov Kalimantan Utara yg lebih dulu membukapenfataran.dia bersamaan menggunakan 30kementerian, 30 forum negara.

Lalu, kapan registrasi CPNS padatahun 2018 akan dibuka dan berapa poly akan diterima?

Berikut tiga update informasisebagaimana dirangkum menurut Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara danReformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) pada sepekan terakhir.

1. Usai Pilkada
Siap-siap nunggu lama .pendaftaran CPNS akan dibuka setelahrangkaian Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) terselesaikan, Juni 2018.menteri PAN-RB, Asman Abnurmengatakan, waktu ini pihaknya sedang menghitung kebutuhan PNS secara riil.

"Apakah benar yg diajukansesuai dengan beban kerja, sinkron dengan target. Jadi SDM misalnya apa yangdibutuhkan. Ini sedang kami sisir masing-masing kementerian maupunlembaga," katanya mengungkapkan pada komplek Istana Negara, Selasa(6/3/2018), sebagaimana dikutip menurut Kontan.

Asman jua mengatakan, Pilkada tidakberpengaruh terhadap proses CPNS 2018 ini .
"Pilkada jalan, itu kan tidakada urusan, karena yang mengajukan BKD (Badan Kepegawaian Daerah),"pungkasnya.

2. Formasi Sedang Disusun
Selain itu, Asman jugakementeriannya tengah menyusun perpaduan yg sempurna untuk CPNS 2018. Seperti halnya terkait kompetensiyang harus dicocokkan dengan tugas yg ditawarkan. Termasuk, memilih unit-unit kerjayang dibutuhkan. 

"Jadi saya menggunakan tim sekarangtidak mau lagi mendapat sarjana teknik sekian orang. Nah kami mau teknik ituteknik apa saja, ditempatkan di unit kerja mana," tambah Asman. 

Dengan demikian, sebelum pemerintahmemutuskan pembukaan CPNS, pihaknya telah mengetahui seorang itu ditempatkandi mana saja serta di unit kerja mana. Sehingga, tidak terdapat alasan lagiuntuk minta pindah. "Misalnya buat pengajar, guru SDdi mana, pengajar SMP di mana, gitu. Jadi tidak ada alasan nanti. Yamungkin diberlakukan mungkin 5 tahun baru beliau pindah," jelasAsman. 

3. Prioritas Tenaga Pendidik dan Kesehatan
Asman menuturkan bahwa pendaftaranCPNS akan diprioritaskan di dua sektor primer, yakni pendidikan dan kesehatan.

"Tahun 2018 kami membuka keseluruh kementerian, forum, dan daerah tapi spesifik pada bidang utama, kesehatandan pendidikan," ujar Asman saat ditemui di kawasan Bundaran HotelIndonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (4/3/2018).

Menurut Asman, waktu ini sebarantenaga pendidik serta kesehatan nir merata. Mayoritas pengajar contohnya, masihterpusat pada kota-kota akbar. Sementara daerah-wilayah terpencilmasih kekurangan tenaga pendidik. Oleh sebab itu, istilah Asman, nantinyatenaga pendidik serta kesehatan akan diprioritaskan menurut daerah-daerahyang membutuhkan.

"Lantaran masih banyak guru yangterpusat di perkotaaan, jadi nanti kita fokus penyebaran guru pada daerahterpencil," kata Asman.

Berdasarkan output analisis PusatData serta Statistik Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan tahun 2018, sebarankepala sekolah dan pengajar jenjang SMP pada Indonesia belum merata ke seluruhwilayah, khususnya pada daerah terluar, terdepan, serta tertinggal (3T).

Selain itu, masih ada banyakkabupaten/kota dengan kategori wilayah 3T masih kekurangan ketua sekolah danguru Sekolah Menengah pertama dari pada baku indikator pendidikan nasional yang ditentukanoleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara itu, ada pekerjaan rumahbagi pemerintah baik sentra maupun wilayah buat memikirkan kualitas kepalasekolah dan pengajar yang telah ada.

Analisis data menerangkan, sebarankepala sekolah dan guru yg berkualitas jua belum merata.(*)
Sumber ://makassar.tribunnews.com

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru