INSTRUMEN MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA TERBARU

Bagaimana mengetahui kecendrungan gayabelajar anak didik? Kita dapat memakai instrumenuntuk mengetahui gaya belajar Siswa.berikut ini galat satu instrumen dalambentuk angket yang bisa digunakan buat mengetahui gaya belajar Siswa.

Jawablah dengan cepat pertanyaan-pertanyaandi bawah ini menggunakan memberi tanda silang pada a, b, atau c.


Pada ketika belajar buat tes, apakah anda memilih
a) membaca catatan, membaca judul dan sub-judul pada kitab , serta melihat diagram serta ilustrasi
b) meminta seorang memberi anda pertanyaan, atau menghafal pada hati sendirian
c) membuat catatan pada kartu serta menciptakan model atau diagram

Apa yang anda lakukan dalam saat mendengarkan musik?
a) berkhayal (melihat benda-benda yang sinkron menggunakan musik yang sedang didengarkan)
b)   berdendang mengikuti alunan musik tadi
c)   berkecimpung mengikuti musik tadi, mengetukkan kaki mengikuti irama, dsb.

Pada waktu anda memecahkan kasus, apakah anda
a) menciptakan daftar, mengatur langkah, dan mengeceknya sehabis langkah itu dikerjakan
b) menelpon sahabat atau pakar buat menyampaikan kasus tersebut
c) menguraikan (menganalisa) kasus itu atau melakukan seluruh langkah yg anda pikirkan

Jika anda ingin membaca buat hiburan, apakah anda memilih
a) kitab perjalanan dengan banyak gambar di dalamnya
b) cerita rahasia yg penuh dengan percakapan pada dalamnya
c) kitab yg bisa menjawab pertanyaan serta memecahkan perkara anda

Untuk mempelajari bagaimana cara kerja personal komputer , apakah anda memilih
a) menonton film tentang cara kerja computer
b) mendengarkan seorang menyebutkan cara keja computer
c) membongkar personal komputer dan mencoba menemukan sendiri cara kerjanya

Anda baru saja memasuki museum ilmu pengetahuan, apa yg anda lakukan pertama kali?
a) melihat sekeliling dan menemukan peta yg memperlihatkan lokasi banyak sekali benda yang dipamerkan
b) berbicara menggunakan penjaga museum serta bertanya kepadanya mengenai benda-benda yang dipamerkan
c) melihat pada benda pertama yg kelihatan menarik, serta baru kemudian membaca petunjuk lokasi benda-benda lainnya

Jenis restoran apa yg nir anda sukai?
a) restoran yg lampunya terlalu terang
b) restoran yang musiknya terlalu keras
c) restoran yg kursinya tidak nyaman

Apakah anda lebih suka mengikuti
a) kelas melukis
b) kelas music
c) kelas olah raga

Apa yang kira-kira anda lakukan dalam waktu anda merasa senang ?
a) meringis (tersenyum)
b) berteriak dengan bahagia
c) melompat dengan senang

Seandainya anda berada dalam suatu pesta, apa yg kira-kira akan paling anda ingat dalam keesokan harinya?
a) muka orang-orang pada pesta, namun bukan namanya
b) nama orang-orang pada pesta, namun bukan mukanya
c) sesuatu yg anda lakukan dan katakan selama dalam pesta  

Pada ketika anda bercerita, apakah anda memilih untuk
a) menulisnya
b) menceritakannya menggunakan suara keras 
c) memerankannya

Apa yg paling mengganggu bagi anda pada ketika anda mencoba buat berkonsentrasi?
a) gangguan visual
b) bunyi gaduh
c) gangguan lainnya seperti rasa lapar, sepatu yg sempit, atau rasa khawatir

Apa yg kira-kira anda lakukan pada saat anda murka ?
a) cemberut atau menerangkan muka marah
b) berteriak atau “mengamuk”
c) menghentakkan kaki dengan keras serta membanting pintu

Apa yang kira-kira akan anda lakukan pada saat berdiri menunggu antrian di gedung bioskop?
a) melihat-lihat pada poster iklan film lainnya
b) berbicara dengan orang pada sebelah anda
c) mengetukkan kaki atau berjalan ke arah lain


Mengetahui gaya belajar siswa
Hitung berapa jumlah pilihan jawaban (a) –ini adalah orang ‘visual’
Hitung berapa jumlah pilihan jawaban (b) –ini adalah orang ‘auditory’
Hitung berapa jumlah pilihan jawaban (c) –ini merupakan orang ‘kinesthetic’

Apabilaskor (a) yg menonjol ini berarti gaya belajar murid yg paling dominanadalah gaya belajar tife visual. Hal ini berarti murid cenderung belajardengan cara melihat sesuatu. Siswa menyukai melihat gambar atau diagram, menontonpertunjukan, demonstrasi suatu aktivitas, atau menyaksikan video.
Untuk mempermudah serta meningkatkan kecepatan murid tahu bahan pelajaran atau hal yanglain dipelajari cobalah:mengganti materi pelajaran ke pada bentuk poster-posteryang mudah dicermati, dengan gambar-gambar yang menarik, grafik, serta warnaiseindah mungkin.

Pada murid yg memilki gaya belajar visual, materipembelajran sebaiknya dibuatkan dalambentuk peta konsep, mulai berdasarkan tema besar pada tengah halaman, menggunakankata-istilah krusial, menggunakan simbol, warna, kata, gambar yang mencolok, danlakukan ini dengan gayamu atau hasrat murid sendiri. Dalam mencatatpelajaran, gunakan tanda-pertanda, gambar dan rona buat menandai hal-hal pentingagar bisa dengan mudah dipandang lagi apabila kita mempelajarinya pada lain saat.

Untuk membantu mengingat apa yg baru dibacadan didengar, murid diminta duduk dengan santai sambil membayangkan dalampikiran apa yg baru dibaca/didengar, agar siswa lebih paham lagi.

Apabila skor (b) yang menonjol iniberarti gaya belajar siswa yg paling lebih banyak didominasi merupakan gaya belajar ‘auditory’.Hal ini berarti siswa cenderung belajar menggunakan cara mendengar sesuatu. Siswamenyukai mendengar pidato, ceramah guru menunjukkan, mendengarkan radio ataukaset, berdebat atau berdiskusi. Untuk mempermudah murid memahami sesuatu(pelajaran atau hal yang lain) cobalah:membaca pelajaran dengan cara baca yangdramatis, misalnya pujangga membaca puisi misalnya, atau misalnya skenario,bahkan cobalah menyanyikannya dengan irama iklan atau rap. Merangkum pelajaranuntuk diucapkan menggunakan lantang, atau bahkan merekamnya dalam kaset, diselingiplesetan atau hal lain,serta memutarnya dengan walkman sepanjang perjalanan kitake sekolah.

Saat membacakan dengan lantang, perhatikanintonasi, penekanan khusus, coba berbisik, dan coba jua sembari memejamkan matauntuk belajar membayangkan apa yang sedang dibacakan, sebagai akibatnya secara tidaklangsung kita telah mengaktifkan pula daya visual kita dalam belajar.

Apabilaskor (b) yg menonjol ini berarti gaya belajar murid yang paling dominanadalah gaya belajar tipe Kinestetik: Hal ini berarti siswa cenderung belajarmelalui aktivitas fisik serta melibatkan diri langsung. Siswa  senang menyentuh, mencicipi, membongkar sesuatu,melakukan olah tubuh.untuk mempercepat dan mempermudahmu tahu sesuatu(pelajaran atau lainnya, cobalah:

Siswa yangf memiliki gaya belajar tipe Kinestetik,cobalah belajar sembari berjalan-jalan. Setiap kali membaca atau mendengarkanseseorang berbicara, bangkitlah buat sedikit beranjak setiap 20-30 menitsekali. Coba belajar pada grup untuk membangun suasana bermain kiprah(drama) menurut pelajaran yg dibahas.tulislah balik point-point krusial daricatatan pelajaran ke pada kartu-kartu yg disusun secara logis. Buatlahsemacam percobaan, atau contoh dari apa yg sedang kamu pelajari. Libatkantubuh kamu dalam belajar menggunakan mencoba meniru apa yg dipelajari, atau bahkanmeniru gaya-gaya lucu gurumu waktu mengajar supaya engkau bisa mengingatnyadengan lebih baik! Setiap orang mempunyai kekuatan dan kelemahannyamasing-masing.


Dengan mengetahui kekuatanmu yang terdapat padadiri murid, Kita dapat menaikkan prestasi anak didik menggunakan mengarahkan mereka untukmencari cara-cara belajar yg cocok dengan kesamaan-kesamaan yangada pada diri siswa itu sendiri Selain itu, kita jua bias mengarahkan siswauntuk mengaktifkan aspek-aspek yg kurang menonjol sehingga  prestasi siswa tadi mampu berkembang lebihbaik lagi.





= Baca Juga =


Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

ADZAN IQOMAH DAN DOA SESUDAH ADZAN TERBARU

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru