Irigasi Sprinkler Keuntungan dan Kerugiannya

Guys, sistem irigasi pertanian waktu ini sudah berkembang pesat. Sistem irigasi paling kuno merupakan irigasi bagian atas serta saat ini masih digunakan. Baca pula: Jenis-Jenis Irigasi Pertanian. Irigasi sprikler merupakan salah satu irigasi pertanian paling modern waktu ini. Sprinkler or spray irrigation merupakan suatu contoh pemberian air ke seluruh permukaan lahan yg akan diirigasi dengan bantuan pipa bertekanan melalui nozzle. Sistem ini dapat diklasifikasikan menjadi sistem permanen, portable/semi portable, traveling irrigator, center pivot atau linear move.

Irigasi sprinkler adalah suatu metode irigasi yang fleksibel dimana selain bisa dipakai buat menyiram flora, jua dapat dipakai buat pemupukan dan pengobatan dan menjaga kelembaban tanah dan mengontrol syarat iklim sinkron menggunakan syarat flora. Lalu apa kelebihan dan kekurangan irigasi sprinkler?.

Keuntungan
Sistem irigasi sprinkler cocok buat semua jenis tanah jika application rate nya sinkron menggunakan kapasitas infiltrasi tanahnya. Hal ini termasuk juga  pada lahan marginal yg punya kapasitas penyusupan rendah.
- bisa mengontrol tingkat anugerah air dalam flora sebagai akibatnya dapat mengurangi pertumbuhan flora yang vegetatif dan memperbesar peluang tanaman buat tumbuh secara generatif dimana akan meningkatkan produktifitas panen.
- desain bisa dibuat secara fleksibel sinkron dengan jenis tumbuhan, tenaga kerja yang tersedia dan penghematan tenaga.
- dapat dilakukan fertigation atau anugerah nutrisi tanaman melalui sistem irigasi.
- dapat mengontrol iklim mikro tanaman .
- bisa menjaga tanah tetap lembut supaya cocok buat penyemaian (seeding).
- mempercepat perkecambahan dan prediksi panen.

Kerugian
- memerluakan porto investasi tinggi.
- keseragaman distribusi air dapat menurun seiring berjalannya saat.
- angin memengaruhi distribusi air.
- bisa menyebabkan kanopi flora lembab serta mendatangkan penyakit.
- dapat Mengganggu tanaman muda ketika penyiraman.

Itulah kelebihan dan kekurangan irigasi sprinkler, namun tentunya dengan teknologi, kekurangan irigasi ini sanggup dimimalisir.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI