Isi Pembukaan UUD 1945 dan Makna Tiap Alinea

Pembukaan UUD 45 selalu kita bacakan waktu upacara bendera bukan?. Lalu apakah kalian telah hapal isi serta makna tiap alinea pembukaan UUD 45?. Untuk tahu isi serta makna Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 maka lebih baik kita mulai menggunakan membaca lengkap naskah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada bawah ini:

Undang-Undang Dasar 1945 Pembukaan

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu merupakan hak segala bangsa serta oleh sebab itu maka penjajahan pada atas dunia harus dihapuskan lantaran tidak sesuai menggunakan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan konvoi kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada waktu yg berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia yg merdeka, bersatu, berdaulat, adil serta makmur.

Atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan sang asa yang luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka warga Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk menciptakan suatu pemerintah Negara Indonesia yg melindungi segenap bangsa Indonesia serta semua tumpah darah Indonesia serta buat memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban global yg menurut kemerdekaan, perdamaian kekal dan keadilan sosial maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu pada suatu UUD Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia, yg berkedaulatan rakyat menggunakan berdasar pada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil serta beradab, Persatuan Indonesia serta Kerakyatan yang Dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan pada permusyawaratan perwakilan dan menggunakan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi semua rakyat Indonesia.
Dari tiap-tiap alinea dalam pembukaan diatas terkandung utama-pokok pikiran yang sangat pada yaitu:

a. Alinea pertama terkandung utama pikiran bhawa a) kemerdekaan merupakan hak segala bangsa b) segala bentuk penjajahan harus dihapuskan, c) bangsa Indonesia perlu membantu bangsa-bangsa lain yang ingin merdeka.
b. Alinea kedua terkandung utama pikiran bahwa a) usaha bangsa Inodnesia telah sampai dalam ketika yang permanen buat memproklamasikan kemerdekaan, b) kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan, c) perlu upaya mengisi kemerdekaan buat mewujudkan negara merdeka, bersatu, berdaulat, adil serta makmur.
c. Alinea ketiga terkandung pokok pikiran a) bahwa kemerdekaan yg diperoleh bangsa Indonesia diyakini menjadi berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, b) bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia dimotivasi pula sang impian luhur buat sebagai bangsa yang bebas menurut penjajahan.
d. Alinea keempat terdapat pokok pikiran a) tujuan negara, b) pentingnya mengatur kehidupan negara dalam UUD, c) bentuk pemerintahan republik, d) dasar negara Indonesia yg dikenal menggunakan Pancasila.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI