Istilah Dalam Fisika dan Artinya Definisi dan Pengertiannya Part3 Terbaru

Melanjutkan tulisan istilah pada fisika dan adalah bagian yg kedua, pada bagian ketiga ini berisikan 20 istilah dilengkapi dengan arti/definisinya, dimulai menurut angka 21-40
21. Arti dari Current...
Jawaban: Current = arus (lambang: I). Arus merupakan suatu aliran muatan listrik. Arus sebenarnya merupakan gerakan genre elektron-elektron atau ion-ion dibawah pengaruh gaya gerak listrik. Satuan arus merupakan Ampere (A).
22. Arti berdasarkan daughter....
Jawaban: Daughter adalah suatu nuklid tertentu yang dihasilkan oleh peluruhan radioaktif nuklida yang lain.
23. Arti menurut day...
Jawaban: Day merupakan saat yang dibutuhkan bumi buat berputar satu putaran penuh dalam sumbunya. Ada aneka macam cara buat mengukur waktu hari. Waktu hari surya merupakan saat yang diperlukan Matahari buat melewati meridian 2 kali secara berturut-turut. Hari matahari rata-rata adalah hari homogen-homogen pada satu tahun. Sedangkan hari sideral merupakan hari yang dihitung dengan memakai referensi bintang, hari sideral merupakan 23 jam 56,06 mnt.
24. Arti dari degree...
Jawaban: Degree = derajat. Derajat adalah..
  • Interval skala dalam indera ukur, misalnya skala temperatur.
  • Satuan sudut yang sama dengan 1/360 putaran penuh.
25. Arti berdasarkan degerate....
Jawaban: Degerate merupakan menyatakan bilangan kuantum yang tidak sinkron tetapi mempunyai tenaga yg sama.

26. Arti menurut defect ....
Jawaban: Defect= Cacat.  Cacat merupakan ketidakteraturan urutan susunan partikel-partikel pada pada geometri ke kisi kristal (lattice).

27. Arti definition....
Jawaban: Definiiton = definisi. Definisi adalah ketajaman bayangan dalam fokus. Tidak terdapat bayangan yang benar-benar tajam/jelas, lantaran disebabkan sang adanya difraksi atau dapat pula lantaran sistem indera optik yang tidak paripurna. 

28. Arti berdasarkan dead beat....
Jawaban: Dead beat, menyatakan suatu indera (galvanometer) yg teredam sedemikian sampai osilasinya sangat cepat mangkat .

29. Arti menurut dead room...
Jawaban: Dead room =  Ruang tersekat

30. Arti dari Cyclotron...

Jawaban: Cyclotron adalah suatu indera buat meningkatkan kecepatan partikel yg bermuatan sebagai akibatnya mempunyai tenaga yang tinggi. Proton yg dipercepat dapat diberi tenaga sampai 10 Mev, deuterons dapat mencapai 20 Mev, serta partikel alfa bisa mencapai kurang lebih 40 Mev. Besarnya tenaga yg diperoleh partikel itu terbatas oleh naiknya massa relativistik dari partikel itu.
31. Arti berdasarkan Current balance...
Jawaban: Current balance = penyeimbang arus. Suatu indera buat mengukur arus listrik dengan tingkat ketelitian yang tinggi, caranya menggunakan mengukur gaya elektromagnetik yang didapatkan diantara 2 butir konduktor yg membawa arus.
32. Arti Curent density....
Jawaban: Current density = Rapat Arus dengan (simbol: j). Rapat arus merupakan arus listrik per satuan luas penampang melintang konduktor. Satuannya adalah Amper meter -2 (Am-2).
33. Arti dari Cyle....
Jawaban: Cycle = siklus. Siklus merupakan serentetan peristiwa yg berulang secara teratur seperti mobilitas rotasi, vibrasi, oksilasi atau gelombang. Satu daur adalah satu set perubahaan yg lengkap, mulai dari satu titik dan balik dalam titik yang sama menggunakan cara yg sama.
34. Arti berdasarkan Cyclic accelerator....
Jawaban: Cyclic accelerator = akselarator siklik
35. Arti dari Accelerator...
Jawaban: Accelerator = pemercepat (akselerator). Akselerator merupakan suatu pesawat/mesin yang dapat mempercepat partikel-partikel bermutan sebagai akibatnya memiliki tenaga yg tinggi dan digunakan buat menerima serta memeriksa reaksi nuklir.
Akselerator yang pertama dibuat sang Cokcroff dan Walton. Akselerator pertama kali digunakan buat meningkatkan kecepatan proton yg diarahkan kepada lithium sebagai targetnya. Sekarang terdapat dua jenis pemercepat, yaitu pemercepat linier (akselerator linier) serta pemercepat siklik (cyclic accelerators).
Pada akselerator linier partikel-partikel dipercepat dalam garis lurus, sedangkan dalam akselerator bundar (siklik) partikel-partikel dipercepat dalam lingkaran (jalur melingkar) dengan menggunakan medan magnet. Contoh Akselerator merupakan: cycloctron, betatron dan synchroton.
36. Arti menurut Deniell cell....
Jawaban: Deniell cell = sel daniell. Sel daniell merupakan suatu jenis sel utama yang terdiri menurut dua elektroda yg dipisahkan sang partisi yg berporos. Elektroda positif terbuat dari batang tembaga yang dicelupkan pada larutan tembaga (II) sulfat, sedangkan elektroda negatif merupakan adonan seng-raksa yang dicelupkan pada larutan asam sulfat atau seng sulfat. Dengan larutan asam sulfat ggl yg bisa didapatkan kurang lebih 1,08 volt, sedangkan dengan sel sulfat sekitar 1,11 volt
37. Arti berdasarkan Acceptor adalah...
Jawaban: Aceeptor = akseptor. Akseptor adalah material/bahan yang disiipkan pada semikonduktor sebagai akibatnya terjadi kekosongan-kekosongan (hole) taraf tenaga pada pita valensi. Kekosongan-kekosongan ini seolah-sang bertindak menjadi muatan positif yang lincah.
38. Arti dari dating....
Jawaban: dating adalah suatu metode buat menentukan umur arkeologi atau contoh bahan geologi, bumi, meteorit serta sebagainya.

39. Arti dari dew...
Jawaban: Dew = embun. Embun adalah tetes-tetes air yang merupakan udara yg berkondensasi dalam bagian atas yg lebih dingin, misalnya tetes-tetes air dalam daun pintu pada malam hari, atau titik-titik air pada daun pada malam hari.
40. Arti menurut dew temperature....
Jawaban: Dew temperature/point = temperatur/titik embun. Dew temperature merupakan temperatur dimana titik-titik embun mulai terbentuk. Temperatur ini merupakan temperatur dimana uap air yang ada pada udara telah sebagai jenuh serta mulai berkondensasi.
Lanjut ke bagian 4, silahkan klik disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI