Istilah Dalam Fisika dan Artinya Definisi dan Pengertiannya Part4 Terbaru

Istilah pada fisika serta adalah pada goresan pena ini, adalah kelanjutan menurut Istilah dalam ekamatra dan ialah bagian yang ketiga. Rencana di awal penulisan judul ini, sebenarnya saya ingin mengumpulkan semua kata fisiaka yg terdapat, pada goresan pena berseri. Sehingga membuahkan artikel ini sebagai kamus fisika lengkap. Kebanyakan, arti/kata ekamatra yang ada mengacu pada bahasa Inggris/Asing, untuk memudahkan Anda membaca definisi/pengertiannya, saya menaruh bentuk soal serta jawabannya. Dimana soal berisikan istilah atau kata Asing/Inggris, sedangkan Jawaban berisikan terjemahan pada bahasa Indonesia. Dengan begitu, dibutuhkan Anda lebih mengerti apa yg saya tuliskan pada artikel ini.
Oke, karena bagian ketiga sudah mencapai nomor 40, buat bagian keempat (part-4) akan aku mulai dari nomor 41-50.
41. Arti dari diamagnetism...
Jawaban: Diamagnetisma merupakan suatu zat yg jika didekatkan dengan bahan magnetik yg kuat, maka akan ditolak.
42. Arti menurut Diascope..
Jawaban: Diascope = Diaskop. Diaskop adalah suatu proyektor optik buat benda-benda yg tembus cahaya. Contoh: slide atau olastik.
43. Arti menurut Diaphragm....
Jawaban: Diaphragm = Diafragma. Diafragma adalah suatu indera yg dipakai dalam optik buat mengurangi atau mengontrol besarnya celah atau lubang dalam sistem optik buat mengatur jumlah cahaya yg masuk dalam sistem. Diafragma pula berguna buat mengurangi cacat bayangan menjadi akibat berdasarkan cahaya yang terlalu melebar saat sistem dibuka.
44. Arti menurut dielectric....
Jawaban: dielectric = dielektrik. Dielektrik adalah sifat listrik dari bahan yg bukan konduktor. Istilah ini umumnya digunakan buat zat yang disipkan diantara plat-plat kapasitor.
45. Arti berdasarkan Dielectric constant:
Jawaban: dielectric constant = konstanta dielektrik. Konstanta dielektrik merupakan perbandingan antara kapasitansi C yang menggunakan bahan dielektrik antara plat-plat kapasitornya menggunakan kapasitansi Co jika dielektriknya vakum. Jadi Konstanta dielektrik adalah C/Co
45. Arti menurut dihedral....
Jawaban: Dihedral memiliki dua sisi atau bidang yang saling berpotongan.
46. Arti diffusion cloud chamber....
Jawaban: Diffusion cloud chamber = difusi kamar kabut
47. Arti menurut Diesel engine...
Jawaban: Diesel engine = mesin disel. Mesin disel adalah mesin pembakaran internal yang mengunakan minyak sebagai bahan bakar.
48. Arti menurut dimensional analysis...
Jawaban: Dimensional analysis = analisis dimensi
Analisis dimensi merupakan suatu teknik untuk mempelajari keabsahan suatu jawaban atau solusi dari suatu problem, satuan atau persamaan dalam ekamatra. Cara itu berdasarkan dalam kenyataan bahwa semua sistem satuan sudah didefinisikan semuanya (pada satuan SI), masing-masing kuantitas bisa dinyatakan dalam satu satuan dasar yang tepat dengan satu cara. Dalam hal ini kuantitas dasar itu dinamakan dimensi.
Tabel di bawah memberitahuakn dimensi dari beberapa kuantitas yg acapkali kita jumpai.
KUANTITAS
DIMENSI
SATUAN
massa
M
Kg
Panjang
L
m
waktu
T
s (dtk)
luas
L2
m2
volume
L3
m3
massa jenis
M.L-3
Kg.M-3
percepatan
L.T-2
m.S-2
kecepatan
L.T-1
m.S-1
gaya
M.L.T-2
kg.m.S-2
tekanan
M.L-1 . T-2
Kg.M-1 . S-2
momentum
M.L.T-1
Kg.m.S-1

49. Arti dari brush....
Jawaban: Brush = sikat. Sikat merupakan hubungan (penghubung) arus pada motor listrik atau generator dengan bagian yg beranjak. Atau bisa pula dikatakan sebagai penghubung serta pemutus arus dalam motor/generator.
50. Arti menurut bumping....
Jawaban: Bumping adalah pendidihan yang kasar dalam zat cair yang disebabkan gelembung-gelembung uap yang terbentuk pada tekanan di atas tekanan atmosfer

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI