Istilah Ilmu Tanah

Ilmu tanah adalah ilmu yang memeriksa tentang segala hal terkait tanah serta perkembangannya. Ilmu tanah dinamakan pedologi. Ada beberapa kata umum dalam kamus pedologi antara lain:

Absorpsi, aktif:   
Pergerakan ion-ion dan air ke pada akar tumbuhan menjadi   bagian hasil proses-proses metabolisme oleh akar, dan acapkali melawan gradien aktifitas.
Absorpsi, pasif:  
Pergerakan ion-ion serta air ke dalam akar tanaman sebagai hasil difusi sepanjang gradien aktifitas.
Absorptansi:  
Rasio flux radian yang diserap oleh tubuh pada ketika insiden. Sering jua diklaim faktor absorpsi.
Adsorpsi:  
Suatu proses dimana atom-atom, molekul-molekul, atau ion-ion dijerap sang permukaan benda padat melalui ikatan fisika atau kimia, yaitu penjerapan kation sang mineral-mineral bermuatan negatif.
Adsorpsi isothermik: 
Suatu grafik jumlah berdasarkan suatu unsur kimia yang terikat pada kompleks penjerapan, pada suatu suhu eksklusif, serta merupakan fungsi
konsentrasi unsur dalam larutan yang berada dalam keadaan kesetimbangan pada kompleks tersebut.
Aerasi:  
Suatu keadaan yg memungkinkan terjadinya pertukaran gas-gas dalam tanah menggunakan gas-gas pada atmosfer.
Aerasi tanah: 
Suatu proses dimana udara di dalam tanah digantikan oleh udara berdasarkan atmosfer. Dalam tanah yang teraerasi menggunakan baik, udara tanah
mempunyai komposisi yang sama menggunakan atmosfer pada atasnya. Tanahtanah
beraerasi jelek biasanya mengandung persentase CO2 yang lebih poly serta tentunya persentase O2 yg lebih sedikit daripada atmosfer pada atasnya. Tingkat aerasi sebagian akbar bergantung-pada volume serta kontinuitas pori-pori terisi udara pada dalam tanah.
Aerobik (i):  
Mempunyai molekul oksigen sebagai bagian menurut lingkungan. (ii)
Hanya dapat tumbuh dengan keberadaan molekul oksigen, menjadi organisme aerobik. (iii) Terjadi hanya dalam eksistensi molekul oksigen (dari proses kimia atau biokimia tertentu misalnya dekomposisi aerobik).
Agregasi: 
Proses-proses dimana partikel tanah utama (pasir, debu, liat) terikat bersama-sama oleh gaya alami serta bahan-bahan yang dihasilkan sang eksudat akar serta aktifitas mikrobia.
Agregat: 
Suatu unit struktur tanah yg terbentuk sang proses alami yg antagonis dengan proses buatan, dan umumnya berdiameter <10 mm.
Agregat yang stabil
dengan air:
Suatu agregat yg stabil dengan gaya-gaya yang diakibatkan oleh air misalnya titik hujan, atau agitasi pada analisa saringan basah.
Agroforestri: 
Suatu jenis penggunaan huma yg melibatkan interaksi saling
menguntungkan antara pohon serta tumbuhan pertanian dan menghasilkan beberapa kombinasi pangan, kayu bakar, mulsa, atau penggunaan lainnya.
Agrohidrologi: 
Ilmu yg memeriksa distribusi serta konvoi air serta larutan tanah ke serta menurut zone perakaran di huma pertanian, serta menggunakan distribusi serta konvoi air irigasi serta air permukaan pada sistem perpindahan tadi dalam huma pertanian.

Sumber: BADAN LITBANG PERTANIAN- DEPARTEMEN PERTANIAN

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI