Jenis Erosi

Erosi merupakan peristiwa abrasi lapisan tanah atas oleh banyak sekali tenaga seperti air, angin atau es. Erosi mampu diakibatkan oleh alam ataupun ulah manusia. Erosi secara alami umumnya seringkali terjadi di daerah yg memiliki kepadatan tanah yg kurang serta curah hujan yg tinggi. Berikut merupakan jenis erosi berdasarkan tenaga pengangkutnya:

1. Erosi Air
Erosi air diakibatkan oleh sang genre air di atas permukaan tanah. Erosi ini sering terjadi disaat curah hujan tinggi dan bagian atas tanah tidak bertenaga lagi menampung curahan air hujan yg masuk ke pori tanah sebagai akibatnya mengikis lapisan tanah tadi. Erosi ini cepat terjadi pada daerah yang gundul atau minim vegetasi penutup.


2. Erosi Angin
Erosi angin umumnya terjadi didaerah kemarau. Angin kencang mengakibatkan partikel-partikel halus batuan atau pasir terangkat dan membangun suatu formasi eksklusif. Contoh di Indonesia adalah Gumuk pasir pada Parang Tritis.


3. Erosi Es
Erosi ini terjadi diakibatkan oleh lapisan es yang menggerus lapisan batuan atau tanah disekitarnya. Erosi ini acapkali terjadi di daerah pinggiran sungai pada negara - negara subtropis.

4. Erosi Gaya Berat (Gravitasi)
Erosi ini sering disebut pula masswasting. Masswasting merupakan pemindahan massa batuan akibat dari gaya gravitasi. Gerakan ini terjadi pada wilayah yg mempunyai taraf kemiringan yg curam.


Gambar:
//www.geo-images.com/erosion.jpg
//images.fineartamerica.com/images-medium-large/a-rock-formation-shaped-by-wind-erosion-melissa-farlow.jpg
//farm1.staticflickr.com/219/500742674_b8b029fff6_z.jpg?Zz=1
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhq3Rnz8WSKU4tKrBKNDvor9oKfC6hG1LrIHofGu9DBztF9EXbOuJTQkH3-BRqyvtsPfoIVJbb9v2Hxx0A3G8491aoTsaae8GgRS-SHIVpHlD3R7j_0jmop3pdc4-Dq0UiLr7jqpj6WkA/s400/mudslide.184.1.650.jpg

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI