Jenis Jenis Kalimat Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contohnya Terbaru

Jenis Jenis Kalimat Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contohnya - Dalam pembelajarn bahasa Indonesia sering kali kita jumpai kalimat kalimat yang mengandung makna. Baik kalimat pada sebuah dialog, paragaraf, dan lain lain. Kalimat kalimat tadi bisa dibagi menjadi beberapa jenis seperti kalimat tanya, kalimat tunggal, kalimat perintah, serta masih banyak lagi. Jenis jenis kalimat dalam bahasa Indonesia ini memiliki pengertian dan karakteristik ciri yang tidak selaras. Setiap kalimat masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Apakah anda bisa mengungkapkan jenis jenis kalimat pada bahasa Indonesia? Pada kesempatan kali ini buen humorii akan memberikan beberapa jenis kalimat pada bahasa Indonesia beserta contohnya.
Contoh menurut masing masing jenis kalimat bahasa indonesia dapat menggunakan mudah kita temukan menggunakan gampang penggunaannya pada kehidupan sehari hari. Hal ini ditimbulkan lantaran setiap kalimat yang kita gunakan dalam dialog nir akan mungkin terlepas berdasarkan jenis jenis kalimat bahasa indonesia ini. Tetapi terkadang kita nir menyadari penggunaan jenis kalimat dalam bahasa indonesia tadi.

Jenis Jenis Kalimat Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contohnya

Jenis jenis kalimat dalam bahasa Indonesia bisa dibagi sebagai 4 yaitu dipandang dari bentuknya, dilihat menurut tata bahasa modernnya, dilihat berdasarkan fungsi subjeknya, dan dilihat berdasarkan maknanya. Jenis jenis kalimat dari bentuknya dapat dibagi lagi menjadi 2 yaitu kalimat beragam serta kalimat tunggal. Untuk jenis kalimat berdasarkan fungsi subjeknya bisa dibagi menjadi kalimat aktif serta kalimat pasif. Jenis jenis kalimat dari maknanya dapat dibagi menjadi kalimat tanya, kalimat berita, kalimat perintah, kalimat emfatik juga kalimat seru. Sedangkan jenis kalimat dalam bahasa Indonesia dari rapikan bahasa modernnya bisa dibagi sebagai kalimat minor serta kalimat mayor. Berikut penerangan masing masing jenis kalimat beserta misalnya:

Jenis Jenis Kalimat Berdasarkan Bentuknya

Jenis jenis kalimat pada bahasa Indonesia yg pertama bisa dipandang menurut bentuknya. Menurut bentuknya jenis kalimat bahasa Indonesia dapat dibagi sebagai kalimat majemuk serta kalimat tunggal. Setiap jenis kalimat ini mempunyai pengertian serta karakteristik ciri masing masing.

Kalimat Tunggal
Kalimat tunggal ialah sebuah kalimat bahasa Indonesia yg hanya memiliki satu struktur Subjek Predikat maupun satu klausa. Kalimat tunggal tersusun menggunakan rapi dan baik dengan inti maupun tanpa inti. Kalimat ini jua bisa dianggap kalimat nomina karena susunannya ditata memakai frasa adjective juga frasa nomina yg menjelaskan mengenai susunan subjek dan predikatnya. Apabila susunan subjek serta predikatnya panjang ataupun adonan keduanya panjang maka bisa disebut menggunakan kalimat ekspresi atau kalimat tunggal berpredikat verba. Jenis jenis kalimat tunggal berpredikat verba bisa dibagi menjadi 3 yaitu verba semitransitif, verba transitif maupun verba intransitif. Berikut penjelasan jenis jenis kalimat lisan:
  • Kalimat transitif ialah sebuah kalimat yang mempunyai objek. Jenis kalimat ini dapat dibagi lagi menjadi kalimat dwitransitif maupun kalimat ekatransitif. Kalimat Ekatransitif merupakan sebuah kaimat yg hanya memiliki satu objek. Misalnya Ina bermain bola(Ina = S, bermain = P, bola = O). Sedangkan kalimat Dwitransitif adalah kalimat yang mempunyai dua objek. Misalnya Ibu menyebarkan Ayah kuliner(Ibu = S, berbagi = P, Ayah = O, makanan = Pelengkap).
  • Kalimay Intransitif artinya jenis jenis kalimat tunggal yang tidak mempunyai objek maupun nir memiliki pelengkap. Namun seperti kalimat tunggal lainnya, jenis kalimat ini pula diikuti dengan istilah kabar. Maka kalimat intransitif memiliki struktur pola S-P-K. Contohnya Kakek makan pada dapur. (kakek = S, makan = P, di dapur = K)
  • Kalimat semitransitif ialah jenis kalimat tunggal yg nir memiliki objek namun mempunyai pelengkap. Contohnya Pak Joko menjadi kepala RT. (Pak Joko = S, sebagai = P, kepala RT = Pelengkap)
Baca jua : 12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya
Kalimat Majemuk
Jenis jenis kalimat dalam bahasa indonesia selanjutnya artinya kalimat beragam. Kalimat ini pula termasuk kedalam jenis kalimat dari bentuknya. Kalimat beragam merupakan sebuah kalimat yang memiliki susunan klausa dua atau lebih. Kalimat beragam dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu kalimat beragam bertingkat juga kalimat beragam setara.  Berikut penjelasan masing masing jenis kalimat majemuk.

Kalimat Majemuk Setara
Jenis jenis kalimat beragam yang pertama ialah kalimat majemuk setara. Kalimat majemuk setara merupakan sebuah kalimat yg tersusun sang dua klausa yang saling berkaitan secara setara. Kalimat kalimat yg setara tadi diklaim kalimat primer. Hubungan klausa satu menggunakan klausa yang lain dikaitkan menggunakan koordinator atau istilah penghubung. Maka menurut itu kalimat beragam setara dapat dianggap kalimat gabung atau kalimat koordinasi. Kesetaraan pada klausa tersebut bisa digambarkan sebagai sebuah pola:
Klausa 1 - ketua - Klausa 2 - ketua - Klausa 3
Kalimat majemuk dapat dibagi lagi sebagai tiga yaitu:
  • Kalimat Majemuk Setara dengan Penjumlahan. Jenis jenis kalimat beragam setara yang pertama mempunyai hubungan yg hampir sama dengan penjumlahan. Dalam kalimat ini memakai kata penghubung serta, baik, juga, serta, atau. Jika dicermati dari jenis interaksi penjumlahannya maka dapat dijelaskan menjadi sebab dampak, urutan saat, ekspansi juga pertentangan.
  • Kalimat Majemuk Setara dengan Memilih. Jenis jenis kalimat majemuk setara adapula yg hampir sama dengan hubungan pilihan. Dalam kalimat ini memakai istilah penghubung atau. Misalnya Mereka bisa memakan butir ini atau minum juz butir itu.
  • Kalimat Majemuk Setara dengan Perlawanan. Kalimat ini merupakan jenis jenis kalimat majemuk yang memiliki hubungan menggunakan perlawanan. Hubungan kalimat tadi ditandai dengan istilah penghubung tetapi. Kalimat beragam setara yg mempunyai hubungan menggunakan perlawanan mempunyai makna penguatan. Misalnya Riko belum terselesaikan kuliah namun berhasil mendirikan usahanya dengan omset jutaan rupiah.
Kalimat Majemuk Bertingkat
Jenis jenis kalimat majemuk selanjutnya ialah kalimat beragam bertingkat. Kalimat majemuk bertingkat ini masih termasuk kedalam jenis kalimat tunggal pada bahasa Indonesia. Kalimat majemuk bertingkat ialah jenis kalimat tunggal yang diperluas menjadi sebuah klausa yang baru. Klausa satu dengan klausa lain dihubungan dengan subordinator. Maka menurut itu kalimat ini jua memiliki nama lain yaitu kalimat kompleks atau kalimat subordinasi. Klausa satu dengn klausa lain pada kalimat beragam bertingkat ini bisa disusun menggunakan pola:
subordinasi - anak kalimat/klausa sematan - Klausa 1/Kalimat utama
atau
Klausa 1/Kalimat primer - subordinasi - anak kalimat/klausa sematan
Jenis jenis kalimat beragam bertingkat ini pula menggunakan kata sambung contohnya:
  • Sehabis/Sebelum : istilah penghubung yang menyatakan urutan ketika.
  • Sejak : istilah penghubung yg menyatakan ikatan awal.
  • Ketika/Sewaktu : istilah penghubung yg menyatakan persamaan ketika.
  • Jika/Andaikan/Kalau : kata penghubung yg menyatakan kondisi.
  • Sampai/Hingga : istilah penghubung yang menyatakan saat kehadiran.
  • Biarpun/Walaupun/Meskipun/Kendatipun : kata penghubung yang menyatakan perlawanan.
  • Agar/Supaya : istilah penghubung yg menyatakan tujuan.
Baca jua : 18 Contoh Kata Serapan dan Penggunaan Dalam Kalimat
  • Karena/Sebab : kata penghubung yg menyatakan penyebab insiden.
  • Maka/Akibatnya/Sehingga/Sampai sampai : istilah penghubung yang menyatakan akibat peristiwa.
  • Ibarat/Seperti : kata penghubung yg menyatakan perbandingan.
  • Padahal : istilah penghubung yg menyatakan fenomena.
  • Maka : kata penghubung yg menyatakan hasil.
  • Seolah olah/Seakan akan : kata penghubung yang menyatakan penyangkalan.
  • Yang : kata penghubung yang menyatakan informasi dan atribut.
  • Apa/Bahwa : kata penghubung yang menyatakan penjelasan.

Jenis Jenis Kalimat Berdasarkan Fungsi Subjeknya

Jenis jenis kalimat dalam bahasa Indonesia bisa dibagi berdasarkan fungsi subjeknya. Berdasarkan fungsi subjeknya maka kalimat bahasa Indonesia bisa dibagi sebagai kalimat aktif juga kalimat pasif. Kalimat aktif adalah jenis kalimat pada bahasa Indonesia yg subjeknya melakukan tindakan. Contohnya Adik menulis kitab , Ayah memperbaiki sepeda, Ibu mengolah sayur. Sedangkan kalimat pasif adalah jenis kalimat pada bahasa Indonesia yang subjeknya dikenakan tindakan. Contohnya : Buku ditulis Adik, Sepeda diperbaiki Ayah, Sayur dimasak Ibu. Kalimat aktif serta kalimat pasif berkaitan dengan bentuk verba yang digunakan, jenis verba yang bermanfaat sebagai predikat serta berkaitan menggunakan subjek serta objek.

Jenis jenis kalimat pasif masih memiliki hubungan perubahan dengan kalimat aktif transitif. Hal tersebut dapat terjadi karena :
  • Predikat yang mempunyai imbuhan Me- diganti menggunakan Di-, dan bila tokoh melakukan pronomina pertama dan kedua maka verbanya tidak diberikan imbuhan Me-.
  • Terdapat penambahan kata oleh dalam tokoh pronomina ketiga yg mempunyai sifat fakultatif. Namun jika tindakan dilakukan tokoh pronomina satu atau 2 maka tidak perlu dibubuhi istilah oleh.
  • Terdapat penukaran Subjek menjadi Objek.

Jenis Jenis Kalimat Berdasarkan Maknanya

Berdasarkan maknanya jenis jenis kalimat dalam bahasa Indonesia bisa dibagi sebagai kalimat tanya, kalimat fakta, kalimat perintah, kalimat emfatik maupun kalimat seru. Setiap kalimat tersebut memiliki pengertian serta karakteristik ciri yang tidak sinkron beda. Dibawah ini terdapat penjelasan tentang jenis kalimat berdasarkan maknanya:

Kalimat Berita
Jenis jenis kalimat menurut maknanya yg pertama adalah kalimat informasi. Kalimat liputan adalah sebuah kalimat dalam bahasa Indonesia yg mempunyai makna buat menjelaskan sesuatu hal pada pendengar maupun pembaca. Biasanya jenis kalimat ini bisa disebut kalimat deklaratif. Kalimat keterangan memiliki karakteristik karakteristik yang bisa membedakannya menggunakan jenis kalimat lainnya. Berikut ciri karakteristik kalimat informasi :
  • Memiliki intonasi yg objektif sehingga suara terakhir memiliki nada yang menurun.
  • Isi kalimat ini mengungkapkan suatu hal.
  • Penulisan pada jenis kalimat ini ditulis dengan alfabet modal dalam awal kalimatnya dan tanda titik dalam akhir kalimatnya.
  • Tidak memiliki tanggapan menurut pembaca atau pendengarnya.
Baca jua : 32 Contoh Kalimat Kritik, Saran, dan Pujian Beserta Pengertiannya
Kalimat Perintah
Jenis jenis kalimat menurut maknanya selanjutnya adalah kalimat perintah. Kalimat perintah merupakan jenis kalimat dalam bahasa Indonesia yg memiliki makna memerintah seseorang untuk melakukan tindakan. Biasanya jenis kalimat ini dapat disebut kalimat Imperatif. Kalimat perintah mempunyai karakteristik karakteristik yang bisa membedakannya menggunakan jenis kalimat lainnya. Berikut karakteristik karakteristik kalimat perintah :
  • Memiliki intonasi buat memerintah sebagai akibatnya mempunyai nada suara yg naik.
  • Isi kalimatnya merupakan sebuah perintah buat melakukan tindakan.
  • Penulisan dalam jenis kalimat ini ditulis dengan anugerah indikasi seru (!) dalam akhir kalimat.
  • Kalimat perintah mempunyai tanggapan berupa sebuah tindakan.
Kalimat perintah dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis kalimat perintah bersama contohnya:
  1. Kalimat permintaan. Contohnya : Coba tuliskan hasil kedap hari ini!
  2. Kalimat ajakan. Contohnya : Yuk kita jalan sekarang!
  3. Kalimat perintah biasa. Contohnya : Ambilkan baju itu!
  4. Kalimat embargo. Contohnya : Jangan asal-asalan bicara disini!
  5. Kalimat ejekan. Contohnya : Dapatkan nilai indah, bila engkau sanggup!
  6. Kalimat kondisi. Contohnya : Kasihkan kue ini kepadanya, pasti beliau mau memakannya!
Kalimat Tanya
Kalimat tanya pula merupakan jenis jenis kalimat dalam bahasa Indonesia dari maknanya. Kalimat tanya merupakan jenis kalimat dalam bahasa Indonesia yang mempunyai makna buat bertanya pada seorang. Biasanya jenis kalimat ini dapat diklaim kalimat Interogatif. Kalimat tanya dapat dibagi sebagai 2 yaitu kalimat tanya parsial serta kalimat tanya total. Kalimat tanya total artinya kalimat tanya yang mempunyai jawaban ya ataupun nir. Sedangkan kalimat tanya parsial artinya kalimat tanya yg jawabannya ditentukan dari kalimat tanyanya. Kalimat tanya mempunyai ciri karakteristik yang dapat membedakannya menggunakan jenis kalimat lainnya. Berikut ciri ciri kalimat tanya :
  • Memiliki intonasi yang bertanya sebagai akibatnya nada akhirnya naik.
  • Isi kalimatnya ialah sebuah pertanyaan.
  • Penulisan dalam jenis kalimat ini ditulis menggunakan hadiah tanda tanya (?) dalam akhir kalimat.
  • Kalimat tanya mempunyai tanggapan berupa sebuah jawaban.
Jenis jenis kalimat tanya ini terdapat yang memiliki sifat total. Maka menurut itu muncullah sebuah kalimat tanya total yang dapat dibentuk menggunakan beberapa cara misalnya:
  1. Menambahkan pungkasnya menggunakan Apakah. Misalnya : Apakah kau lapar?
  2. Mengubah intonasi dalam kalimatnya. Misalnya : Kau lapar?
  3. Menambahkannya dengan partikel Kah dalam kalimatnya. Misalnya : Laparkah anda?
  4. Menambahkan ucapnya dengan ya, nir, belum, bukan. Misalnya : Anda lapar bukan?, Suka nir menggunakan kudapan manis ini?, Sudah tiba ya?, Paham belum?
Kalimat Seru
Jenis jenis kalimat dalam bahasa Indonesia berdasarkan maknanya jua bisa dibagi sebagai kalimat seru. Jenis kalimat ini memiliki arti merupakan sebuah kalimat yang memiliki makna rasa kagum. Perasaan kagum tersebut berkaitan dengan kata sifat. Biasanya jenis kalimat ini bisa diklaim kalimat Interjektif. Kalimat seru bisa dibentuk menggunakan beberapa cara yaitu:
  • Dengan penambahan partikel -Nya dalam predikat.
  • Dengan penambahan istilah seru pada predikat.
  • Dengan mengubah pola kalimat S-P sebagai pola P-S.
Kalimat seru ini termasuk jenis jenis kalimat dalam bahasa Indonesia yang sering dipakai. Contohnya : Rajinnya anak tersebut!, Manisnya anakmu!
Baca jua : 60 Contoh Majas Repetisi Singkat Terbaru
Kalimat Emfatik
Jenis jenis kalimat dalam bahasa Indonesia dari maknanya yang terakhir ialah kalimat emfatik. Kalimat emfatik merupakan sebuah kalimat yg maknanya mengenai penegasan pada subjek. Kalimat emfatik ini dapat dibentuk memakai beberapa cara yaitu:
  • Dengan penambahan kata sambung yg terletak dibelakang subjek sehingga subjek melakukan penegasan serta berubah menjadi predikat.
  • Dengan penambahan partikel -Lah dibelakang subjek.
Berikut model kalimat emfatik : Ina(S) mengawali(P) pembicaraan(O) sebagai Inalah(P) yg mengawali pembicaraan(S)

Jenis Jenis Kalimat Berdasarkan Tata Bahasa Modern

Jenis jenis kalimat pada bahasa Indonesia yang terakhir dapat dibedakan dari rapikan bahasa modernnya. Berdasarkan rapikan bahasa modernnya maka kalimat tadi dapat dibagi sebagai kalimat mayor dan kalimat minor. Kalimat mayor adalah jenis kalimat bahasa indonesia yg paling tidak mempunyai 2 unsur inti atau sentra. Contohnya : Ina(S) menulis(P), Adik(S) menggambar(P), serta lain lain. Sedangkan kalimat minor ialah jenis kalimat bahasa indonesia yang memiliki satu unsur inti atau sentra. Contohnya : Mari!, Keluar!, Dimana?
Catatan: Dalam jenis kalimat minor jika hanya masih ada satu contoh kata saja mungkin belum terlihat maknanya, tetapi apabila telah dikaitkan dalam sebuah paragraf atau kalimat jadi maka maknanya baru akan terlihat serta dipahami. Contohnya Dimana engkau membeli boneka itu?
Demikianlah penjelasan mengenai jenis jenis kalimat dalam bahasa Indonesia beserta contohnya yang bisa aku sampaikan kali ini. Banyak sekali model kalimat dalam bahasa Indonesia yg dapat kita jumpai sehari hari. Semoga artikel ini dapat berguna buat anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI