Jenis Jenis Prosa Lama dan Prosa Baru Terbaru

Jenis Jenis Prosa Lama serta Prosa Baru - Hasil karya sastra Indonesia mempunyai beragam variasi. Karya tersebut dapat berupa khayalan ataupun warta yg dari dari pengarang misalnya prosa, pantun histori, puisi serta sebagainya. Salah satu karya sastra Indonesia merupakan prosa. Prosa dapat dibagi menjadi 2 bentuk yaitu prosa usang serta prosa baru. Setiap bentuk prosa dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Untuk jenis jenis prosa lama dengan jenis jenis prosa baru mempunyai disparitas. Pengertian prosa dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah karangan yang bersifat bebas dan nir ada kaitannya dengan kaidah tertentu. Untuk jenis karangan dalam bentuk prosa memiliki sifat berkebalikan dengan puisi pada hal pembuatannya. Kata prosa asal berdasarkan istilah serapan bahasa Inggris yg berarti prose. Kata inilah yg memiliki makna yang relatif luas yaitu sekelompok tulisan non fiksi maupun karya sastra misalnya artikel, esai, laporan dan lain lain.
Penjelasan tentang prosa bisa dicermati menurut sudut sastranya mempunyai makna lain yaitu wacana deskriptif atau narrative discourse, teks deskriptif atau narrative text, serta cerita fiksi atau fiction. Untuk pengertian prosa yg setingkat dengan arti rekaannya artinya sebuah karangan naratif yang memiliki sifat fitnah dan nir betul benar terjadi. Untuk karangan yang bersifat fiksi mempunyai tokoh, latar serta peristiwa yang bersifat imajinatif. Hal inilah yang membedakannya menggunakan karangan non fiksi. Lantaran pada karangan non fiksi mempunyai tokoh, latar dan peristiwa yg bersifat faktual dan realitas. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan lebih pada mengenai jenis jenis prosa lama serta jenis jenis prosa baru. Untuk detail dapat anda simak dibawah ini.

Jenis Jenis Prosa Lama serta Prosa Baru

Sudah saya jelaskan diatas bahwa prosa merupakan sebuah karya sastra yg berwujud goresan pena bebas tanpa adanya ikatan menggunakan anggaran pembuatan karyanya, misalnya diksi, rima, irama serta sebagainya. Karya sastra prosa ini bisa dibagi sebagai dua bentuk yaitu prosa usang serta prosa baru. Kedua bentuk prosa tadi masih bisa dibagi lagi sebagai beberapa jenis. Berikut jenis jenis prosa lama serta jenis jenis prosa baru bersama penjelasan.
Baca jua : Penggunaan EYD Yang Baik serta Benar

Prosa Lama

Bentuk prosa yg pertama ialah prosa lama . Prosa lama adalah suatu karya sastra yg pembuatannya belum terdapat impak berdasarkan budaya barat. Dahulunya bentuk prosa usang ini berupa goresan pena lantaran jaman dahulu belum ditemukan alat tulis menulis. Namun seiring berkembangnya jaman karya prosa lama bisa berupa goresan pena pula. Dibawah ini masih ada jenis jenis prosa usang bersama penjelasannya.

Hikayat
Jenis prosa lama yg pertama adalah hikayat. Hikayat artinya sebuah cerita yg berupa kehidupam para yang kuasa, pangeran, raja, dewi serta sebagainya. Untuk cerita yg masih ada pada hikayat ini memiliki sifat tidak wajar ataupun fiksi. Misalnya Hikayat Raja Bijak, Hikayat Hang Jebat, Hikayat Nabi Sulaiman, dan sebagainya.

Tambo atau Sejarah
Jenis prosa lama selanjutnya ialah tambo atau sejarah. Sejarah merupakan sebuah karangan prosa usang yang berupa insiden peristiwa eksklusif. Untuk sejarah yg bersifat usang memiliki disparitas menggunakan goresan pena sejarah yang dibuat dimasa sekarang. Biasanya sejarah karya usang mempunyai tambahan tambahan cerita yg menciptakan karangan menjadi lebih menarik. Sedangkan sejarah karya sastra sekarang lebih berisi kejadian kejadian yang sebenarnya dan dapat dibuktikan menggunakan informasi. Contoh sejarah prosa lama yaitu Sejarah Melayu yg dibuat dalam tahun 1612 sang Tun Sri Lanang.

Kisah
Jenis prosa usang selanjutnya adalah kisah. Kisah artinya jenis prosa lama yang berupa cerita pendek. Pada umumnya kisah ini berisi tentang pengalaman, petualangan, ataupun perjalanan orang orang dulu. Contoh kisah prosa usang yaitu kisah bepergian Raja Abdullah menuju Kota Mekkah.

Dongeng
Jenis prosa lama selanjutnya artinya dongeng. Dongeng ialah jenis prosa usang yang menceritakan mengenai imajinasi zaman dahulu. Prosa usang yg satu ini lebih populer dibandingkan jenis prosa lainnya. Untuk jenis jenis cerita dongengpun tidak selaras beda tergantung isi ceritanya. Berikut jenis dongeng :

Mitos
Mitos termasuk kedalam jenis prosa lama kategori cerita dongeng. Mitos ialah cerita dongeng yg berisis mengenai agama pada hal hal magis maupun alam ghaib. Misalnya : dongeng dari mula Kuntilanak, dongeng batu menangis, Ratu Pantai Selatan serta sebagainya.

Legenda
Legenda termasuk kedalam jenis prosa lama kategori cerita dongeng. Legenda merupakan cerita dongeng yang berupa berasal mula maupun riwayat tentang sesuatu hal yang terjadi. Misalnya : Legenda Pulau Jawa, Legenda Candi Prambanan, dan sebagainya.
Baca jua : Pengertian, Jenis Jenis dan Contoh Majas Dalam Puisi
Fabel
Fabel termasuk kedalam jenis prosa usang kategori cerita dongeng. Fabel adalah cerita dongeng yg berupa kisah kisah yang tokohnya berupa hewan. Dongeng fabel ini banyak dipakai sang orang tua sebagai indera pendidikan anaknya. Misalnya : Kancil Yang Bijak, Kura Kura serta Kelinci, dan sebagainya.

Sage
Sage termasuk kedalam jenis prosa usang kategori cerita dongeng. Sage merupakan jenis dongeng yang berisi kisah keberanian, kesaktiaan seseorang ataupun kepahlawanan. Misalnya : calon arang, ciung wanara, Patih Gadjah Mada, dan sebagainya.

Pandir atau Jenaka
Pandir atau jenaka termasuk kedalam jenis prosa lama kategori cerita dongeng. Jenaka merupakan cerita dongeng yg berupa kisah orang ndeso dengan nasib yg naas. Biasanya cerita jenaka ini bersifat lucu sehingga dapat menghibur para pendengar pendengarnya. Misalnya dongeng si pandir, dongeng abunawas, dan sebagainya.


Prosa Baru

Bentuk prosa selanjutnya artinya prosa baru. Prosa baru artinya suatu karya sastra yang pembuatannya masih ada pengaruh menurut budaya barat atau budaya asing. Awal mula keluarnya prosa baru ketika prosa lama sudah dianggap kuno. Dibawah ini masih ada jenis jenis prosa baru bersama penjelasannya :

Roman
Jenis prosa baru yg pertama artinya roman. Roman merupakan jenis prosa baru yg ceritanya berupa kisah seseorang berdasarkan lahir hingga mati. Jenis prosa ini menyuguhkan pembelajaran kehidupan secara menyeluruh dengan alur bercabang. Misalnya layar terkembang hasil karya berdasarkan Sultan Takdir Ali Syahbana.

Novel
Jenis prosa baru selanjutnya adalah novel. Novel merupakan jenis prosa baru yg ceritanya panjang. Novel tersebut berisi tentang kehidupan seseorang secara sebagian menggunakan aneka macam bentuk konflik yg terjadi. Konflik inilah yg dapat merubah sikap berdasarkan tokoh ceritanya. Misalnya Novel Sang Pemimpi, Novel Ave Maria, Novel Ayat Ayat Cinta, serta sebagainya.

Cerpen
Jenis prosa baru selanjutnya merupakan cerpen. Cerpen artinya jenis prosa baru yg poly disukai, mulai menurut kalangan remaja sampai dewasa. Cerpen ini bercerita mengenai pengalaman maupun kisal sebagian dari tokoh utamanya. Untuk jenis cerita cerpen dan novel memiliki perbedaan dalam hal konfliknya. Untuk pertarungan cerpen hanya satu saja dan ridak mengakibatkan perubahan perilaku dalam pemeran primer. Misalnya cerpen keluarga gerilya yang dibuat oleh Pramoedya Ananta, cerpen robohnya surau kami yg dibuat sang A.A. Navis, dan sebagainya.

Riwayat
Jenis prosa baru selanjutnya merupakan riwayat. Riwayat merupakan karangan prosa baru yang menceritakan pengalaman hayati seorang dari lahir hingga mati yang dari dari kisah konkret. Untuk riwayat ini umumnya berisi tentang kisah tokoh yang menginspirasi banyak orang juga populer. Riwayat ini bisa dibagi menjadi beberapa bentuk yaitu otobiografi dan biografi. Otobiografi adalah sebuah kisah yg dibentuk oleh tokoh yang memiliki kaitannya, sedangkan biografi merupakan sebuah kisah yang dibentuk dan ditulis oleh orang lain.
Baca jua : Contoh Majas Personifikasi Beserta Penjelasan
Kritik
Jenis prosa baru selanjutnya adalah kritik. Kritik merupakan sebuah ulasan tentang pandangan seseorag mengenai karya maupun hasil kerja orang lain. Untuk kritik berupa asalan yang bersifat objektif, eksklusif dan menghakimi.

Resensi
Jenis prosa baru selanjutnya adalah resensi. Resensi ialau  jenis prosa baru yg berupa ulasan sebuah karya seperti film, lagu, kitab maupaun karya lainnya. Resensi ini memberikan evaluasi mengenai tokoh, alur, tema, ataupun unsur lain yang sebagai pertimbangan pembaca maupun pendengranya.

Esai
Jenis prosa baru yaang terakhir merupakan esai. Esai adalah sebuah tulisan yang berisi pendapat penulis mengenai sesuatu hal yang sedang terjadi dalam rakyat.

Inilah jenis jenis prosa usang serta jenis jenis prosa baru yang dapat aku jelaskan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru