Jenis Pemanasan/Radiasi Matahari ke Permukaan Bumi

Matahari merupakan sumber panas primer planet bumi. Pancaran panas surya masuk ke bumi melalui atmosfer kemudian hingga ke permukaan bumi. Panas yg dipancarkan mentari nir sepenuhnya diterima sang bagian atas bumi, terdapat panas yg dipantulkan kembali oleh zat pada atmosfer ke luar angkasa. Proses pemanasan permukaan bumi melalui beberapa cara yaitu secara eksklusif serta tidak eksklusif. 

Baca jua:
Jenis awan baru berdasarkan WMO, mengagumkan lho!
Dampak vulkanisme bagi kehidupan


Proses pemanasan secara pribadi antara lain melalui proses absorpsi, refleksi serta difusi.
Absorpsi adalah penyerapan panas matahari oleh unsur-unsur di atmosfer yg menyerap radiasi tadi seperti oksigen, nitrogen, ozon, hidrogen serta debu.
Refleksi adalah pemanasan matahari oleh udara/atmosfer kemudian dipantulkan balik ke angkasa sang buah-butir air pada atmosfer.
Difusi adalah proses penyebaran sinar/panas matahari ke segala arah oleh atmosfer. Sinar gelombang pendek rona biru merupakan gelombang yang dihamburkan paling baik oleh lapisan udara sehingga langit akan berwarna biru dalam siang hari.



Proses pemanasan secara nir eksklusif terjadi melalui beberapa proses pula  misalnya konduksi, konveksi, adveksi serta turbulensi.
Konduksi merupakan perambatan panas matahari pada lapisan udara bawah kemudian mengalirkannya ke lapisan udara pada sekitarnya.

Konveksi adalah perambatan panas sang gerakan udara secara vertikal.

Adveksi merupakan perambatan panas oleh gerakan udara secara horizontal.



Turbulensi merupakan perambatan panas sang udara yg nir teratur atau berputar-putar ke atas.


Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru