JenisJenis Bencana Alam Di Indonesia

Bencana alam adalah peristiwa alam yg mengancam keberlangsungan kehidupan manusia. Indonesia adalah keliru negara multibencana di dunia. Berikut ini jenis-jenis bala alam yang tak jarang melanda Indonesia:
1. Gempa bumi, adalah getaran pada bagian atas bumi yg ditimbulkan oleh energi endogen (tenaga berdasarkan dalam bumi) yg dapat mengakibatkan gempa tektonik serta gempa vulkanik. Pada prinsipnya, kerusakan dampak gempa antara lain bangunan rubuh, jalan rusak, listrik padam, serta sebagainya. Bahkan gempa bumi bisa menyebabkan banyak korban jiwa.
Berikut ini beberapa gempa bumi akbar pada Indonesia pada rentang tahun 2018an.
  • Gempa Sumatera Barat (30 September 2018) menelan korban 1.117 jiwa.
  • Gempa Yogyakarta Jawa Tengah (26 Mei 2018) menelan korban 6.234 jiwa.
  • Gempa Nias (28 Maret 2018) menelan korban 1.346 jiwa.
  • Gempa Andaman (26 Desember 2018) menelan korban 283.106.
2. Erupsi Gunung api, adalah bagian berdasarkan kegiatan vulkanisme atau tak jarang dianggap pula gunung meletus. Bahaya letusan gunung barah diantaranya awan panas, genre lava, lontaran batu, gas racun, tsunami dan banjir lahar. TIpe Gunung Api Menurut Kekuatannya yg pernah meletus hebat diantaranya Merapi, Kelud, Galunggung, Krakatau, Tambora dan Sinabung.

3. Tsunami, adalah gelombang air yang sangat besar dan tinggi yg diakibatkan sang gempa bumi, pergeseran lempeng atau erupsi gunung api pada laut. Ahli oseanografi acapkali memakai istilah gelombang bahari seismik atau seismic wave buat menyebut tsunami. Letak geologi Indonesia yg berada pertemuan 3 jalur lempeng aktif dunia mengakibatkan Indonesia berpotensi akbar buat terjadinya gempa bumi di dasar laut pada misalnya yg terjadi dalam Tsunami Aceh 26 Desember 2018. Tsunami Aceh mengakibatkan 500.000 jiwa melayang serta Aceh merupakan daerah menggunakan korban terbanyak. 

4. Tanah Longsor, adalah galat satu jenis gerakan massa tanah, batuan atau adonan keduanya yg bergerak menuruni lereng lantaran kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng terganggu. Tanah Longsor banyak dipicu oleh curah hujan yg tinggi, gempa, letusan gunung barah sampai dampak penambangan liar atau pertanian di lereng curam.contoh longsor yang menelan korban jiwa dalam tahun ini merupakan longsor di Purworejo Jawa Tengah.

5. Banjir, merupakan insiden terendamnya suatu daerah atau daratan lantaran volume air yg meningkat. Jakarta merupakan wilayah yang sering dilanda banjir saat ekspresi dominan penghujan datang. Selain itu banjir sanggup terjadi karena impak pasang surut bahari atau tak jarang dikenal banjir rob. Banjir bandang jua seringkali melanda Indonesia karena dampak curah hujan serta syarat huma kritis pada hulu. Contoh banjir bandang merupakan banjir pada Sumedang Jawa Barat tahun 2018.
6. Angin puting beliung adalah angin kencang yg datang secara datang-tiba, memiliki sentra serta bergerak melingkar menyerupai spiral dengan kecepatan 40-50 km/jam sampai menyentuh permukaan bumi serta umumnya hilang dalam 3-lima mnt. Angin puting beliung pernah melanda hampir seluruh wilayah  pada 20 Maret 2018. 

7. Badai tropis, merupakan badai yang muncul lantaran efek siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia serta berpotensi bertenaga menyebabkan bencana alam. Indonesia bukan berada pada lintasan siklin tropis tapi keberadaannya akan memberi imbas pada angin kencang serta gelombang tinggi disertai hujan deras. Contohnya pada Juni tahun 2018, gelombang tinggi melanda hampir semua pesisir selatan Indonesia. 

8. Kekeringan, adalah kondisi ketersediaan air yg jauh di bawah kebutuhan air normal untuk kehidupan. Kekeringan di bidang pertanian akan mengakibatkan gagal tanam, contohnya dalam Oktober 2018 terjadi demam isu kering yg berkepanjangan sehingga menyebabkan kekeringan melanda 53 desa di daerah Kabupaten Banyuwangi.

9. Kebakaran lahan, adalah suatu keadaan dimana hutan atau huma dilanda kebakaran api sehingga terjadi kerusakan yang mengakibatkan kerugian ekonomi atau nilai lingkungan. Kebakaran huma tak jarang mengakibatkan adanya kabut asap serta mengganggu kesehatan masyarakat. Wilayah gambut misalnya di Riau dan Kalimantan seringkali dilanda kebakaran lahan waktu musim kering. Banyak oknum pembalak liar yg membuka lahan dengan cara dibakar. Kabut asap dari Indonesia acapkali berkecimpung sampai Singapura dan Malaysia.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru