JenisJenis Hamburan

Komponen atmosfer berperan dalam proses atenuasi atau penurunan intensitas radiasi mentari yang mencapai bagian atas tanah. Proses yang lebih banyak didominasi pada anetuasi gelombang elektromagentik merupakan: absorbsi atau penyerapan, refleksi atau pemantulan dan refraksi atau hamburan. 

Baca pula:

Potensi fisik dan non fisik desa
Perbedaan lokasi mutlak serta relatif

Khusus di postingan kali ini yg akan dijelaskan adalah mengenai hamburan. Hamburan dapat terjadi lantaran partikel-partikel penghambur yg relatif lebih kecil dibandingkan menggunakan ukuran panjang gelombang radiasi yang dihambur. Terdapat 5 jenis hamburan di atmosfer yaitu:


1. Hamburan umum (general case) adalah hamburan ke seluruh arah yg terjadi apabila radiasi mengenai partikel-partikel yg ada dalam atmosfer. Tetapi demikian, hamburan lebih akbar adalah arah hamburan yang searah menggunakan arah radiasi datang. 
2. Hamburan rayleigh merupakan hamburan yg terjadi pada partikel-partikel mini yang diameternya lebih mini dari panjang gelombang radiasi tiba. Hamburan yang terjadi adalah hamburan kembali, jadi antagonis dengan arah radiasi datang. Jika cuaca cerah berarti berukuran partikel mini sehingga panjang gelombang yang banyak dihamburkan adalah cahaya biru, selanjutnya ukuran partikel memilih jenis cahaya yang dihamburkan dan dikenal menggunakan hamburan selektif.
3. Hamburan mie merupakan hamburan yg terjadi pada partikel-partikel dengan diameter hampir sama menggunakan panjang gelombang radiasi. Hamburan yang terjadi hampir seluruhnya searah dengan arah datangnya radiasi.
4. Hamburan non selektif merupakan hamburan yang tidak tergantung pada panjang gelombang dan arah radiasi. Biasanya dihamburkan sang partikel-partikel akbar dengan diameter jauh lebih akbar menurut panjang gelombang radiasi.
5. Hamburan atmosfer adalah haburan riil yg terjadi pada atmosfer, adalah adonan berdasarkan banyak sekali hamburan menjadi fungsi menurut kondisi atmosfer atau berukuran partikel yg terdapat pada atmosfer. Baca pula: Sirkulasi angin musin pada Indonesia


Baca pula: Bedanya fenomena alam menggunakan bencana

Sumber: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI