Jenisjenis Patahan Fault

Fault atau patahan adalah suatu tanda-tanda adanya pergeseran lapisan batuan dampak gaya geologi.
Ciri paling mudah buat melihat struktur patahan pada lapisan batuan merupakan adanya bidang offset dalam batuan tadi. Batas bidang patahan dinamakan bidang sesar. Di Indonesia patahan yg terkenal adalah Patahan Semangko yang membujur menurut ujung utara Sumatera hingga Lampung. Baca jua: Mineral, organisme serta endapan laut

Patahan Semangko terbentuk lantaran friksi lempeng indo australia ke pada lempeng eurasia sebagai akibatnya pulau sumatera terbelah. Sesar membagi lapisan batuan sebagai 2 block yaitu Hanging wall dan Foot wall. Hanging wall merupakan block batuan yang terletak di atas bidang sesar sedangkan Foot wall merupakan block yg terdapat pada bawah bidang sesar. Baca jua: Ilmuwan geografi terkenal sepanjang masa



Untuk memudahkan mengenali mana itu hanging wall atau foot wall, lihat saja blok batuan yg bentuknya misalnya telapak kaki itu merupakan foot wall. Dalam lingkungan fault umumnya masih ada lapisan batuan yang turun yg diklaim graben, atau lapisan yang naik disebut horst.

Jenis Sesar dapat dikategorikan menjadi beberapa macam menurut gerakannya yaitu
1.Normal Fault 
Merupakan patahan yg memungkinkansatu blok (footwall) lapisan batuan berkiprah menggunakan arah relatif naik terhadap bloklainnya (hanging wall). Ciri berdasarkan patahan ini adalah sudut kemiringan akbar hingga mendekati90 derajat.
2.Reserve Fault 
Merupakan patahan dengan arah footwall yangrelatif turun dibanding hanging wall. Ciri menurut patahan ini merupakan sudut kemiringan yang nisbi kecilyaitu kurang berdasarkan 45 derajat.


3.Strike Fault 
Merupakan patahan yang arahnyarelatif mendatar ke kiri atau ke kanan. Arah patahan mendatar ini tidaksepenuhnya semua lapisan batuan berkiprah menggunakan arah mendatar namun sebagianada yang beranjak menggunakan arah vertikal.  Jika gerakan patahan ke kanan di sebut sesar geser sinistrial serta bila ke arah kiri dinamakan sesar geser dekstral.


Struktur faults terbentuk lantaran adanya gaya endogen kerak bumi berupa tekanan-tekanan dalam dinding lapisan batuan. Gempa berskala rendah jua tak jarang terjadi pada zona ini. Di zona patahan ini acapkali ditemukan kenyataan misalnya gawir, air terjun, sungai berpola rektangular serta cebakan minyak/gas.

Baca jua:
Peta skala akbar, sedang dan kecil
Menghitung kekuatan interaksi wilayah
PERBEDAAN antara Quipper dengan Ruangguru
Kode promo RESMI Quipper Video 2018



Sumber dan Gambar: 
disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru