JenisJenis Teks Dalam Bahasa Indonesia Pengertian jenis dan contoh Terbaru

Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia - apabila bicara soal jenis-jenis teks tentunya lekat kaitannya dengan pelajaran bahasa. Untuk anda yang masih dibangku sekolah tentunya teks sudah sebagai bagian berdasarkan pelajaran, anda dapt menemukan topik yg membahas teks dalam pelajaran bahasa indonesia dan bahasa inggris. Teks sendiri merupakan sebuah tulisan yg menceritakan atau memaparkan peristiwa menurut konteks serta tujuan berdasarkan teks tersebut. Teks terbagi sebagai banyak sekali jenis serta setiap jenis teks mempunyai karakteristik-ciri yg berbeda, Dan kali ini saya akan membahas mengenai Macam-macam teks lengkap dengan karakteristik-ciri dan struktur kalimatnya.
Pengertian Teks

Beberapa orang beropini bahwa pengertian menurut sebuah teks adalah media atau cara seseorang buat menyampaikan sebuah peristiwa secara komunikatif. Teks terbagi sebagai beberapa jenis dan setiap jenis mempunyai ciri-ciri, struktur kalimat dan kriteria tertentu yg tidak sinkron antara satu teks menggunakan yang lainnya. Kriteria teks bersifat objektif menyesuaikan menggunakan pengamatan seseorang, Untuk membedakan jenis-jenis teks yang pertama dan paling menonjol merupakan dengan melihat struktur kalimatnya dan berikut merupakan macam-macam jenis teks lengkap dengan pembahasan struktur kalimat dan karakteristik-cirinya.
Jenis-Jenis Teks Dalm Bahasa Indonesia

Teks Narasi

Teks Narasi merupakan jenis teks yg berupa karangan nir konkret atau fiksi, teks narasi biasanya menceritakan kisah yg telah memiliki alur serta tahapan waktu dari hasrat oleh penulis. Teks narasi sendiri sangat gampang buat dikenali lantaran umumnya berisi cerita-cerita fiksi. Tujuan komunikatif dari teks Narasi merupakan sebagai bahan bacaan atau hiburan bagi para pembacanya.

Struktur Teks Narasi :

Stuktur teks Narasi bisa dibagi menjadi 4 yakni Orientasi, Komplikasi, Resolusi serta Coda.
  1. Orientasi : Menggambarkan mengenai tokoh dan karakter, latar serta alur dari cerita tadi.
  2. Komplikasi : Berisi tentang pengenalan konflik atau masalah yg terjadi pada cerita tadi.
  3. Resolusi : Berisi tentang bagaimana akhir atau ending menurut cerita. Akhir cerita sendiri dapat dibagi sebagai dua yakni akhir bahagia dan akhir tidak senang .
  4. Coda : Coda merupakan nasihat atau nilai-nilai moral yang terkandung pada teks narasi tersebut yang diharapkan bisa diambil hikmahny sang pembaca.
Baca Juga : Pengertian jan Jenis frasa
Teks Deskripsi

Teks pelukisan adalah teks yang menggambarkan atau memberi penerangan tentang sebuah obyek entah itu obyek hidup atau tewas menurut sudut pandang eksklusif yang bertujuan supaya pembaca dapat merasakan pengalaman seperti dalam teks tersebut. Teks deskripsi memiliki tujuan komukatif untuk menyampaikan warta secara rinci terkait dengan suatu obyek.
Struktur Teks Deskripsi :

Stuktur teks Deskripsi dibagi menjadi 2 yakni Identifikasi serta Deskripsi
  1. Identifikasi : berisi pengenalan secara umum dan menuju ke penerangan yg lebih terperinci. 
  2. Deskripsi : berisi penerangan yang lebih jelas mengenai obyek yg dibahas dalam teks tersebut. Deskripsi menurut obyek tadi disampaikan melalui beberapa sub kategori. Sebagai contoh ketika kita membahas tanaman maka akan ada sub kategori misalnya jenis flora, lingkungan hayati dan lain sebagainya.
Teks Prosedur

Dari namanya tentunya kita sudah sanggup menebak jenis teks apakah ini, teks mekanisme merupakan teks yang berisikan langkah-langkah atau prosedur buat membuat atau melakukan sesuatu. Teks mekanisme umumnya ditemui pada bentuk tutorial misalnya resep masakan, pedoman membuat kerajinan tangan dan masih poly lagi. Tujuan berdasarkan teks prosedur adalah buat memberikan petunjuk secara terang pada pembaca tentang bagaimana cara melakukan atau menciptakan sesuatu.

Struktur Teks Prosedur :

Stuktur teks prosedur bisa dibagi menjadi 3 yakni Tujuan, Bahan dan langkah.
  1. Tujuan : berisi tentang tujuan menurut suatu kegiatan. Teks prosedur biasanya langsung bisa dikenali hanya dengan melihat judulnya saja, seperti contoh : Cara membuat..., Cara menjalankan..,
  2. Bahan : berisi tentang Bahan dan alat yg diharapkan pada kegiatan.
  3. Langkah : berisi mengenai langkah atau panduan melakukan sesuatu.
Teks Laporan

Teks laporan adalah

 teks yang berisi mengenai warta atau laporan secara generik suatu obyek. Pembahasan yg dilakukan pada teks laporan umumnya hanya secara generik atau berdasarkan pengamatan sepintas saja. Tujuan dari teks laporan sendiri adalah buat membicarakan suatu informasi secara umum kepada pembaca.

Struktur Teks laporan :

Stuktur teks laporan dibagi sebagai dua yakni Klasifikasi umum serta deskripsi.
  1. Klasifikasi umum : berisi mengenai pengelompokan warta secara umum.
  2. Deskripsi : berisi tentang penerangan keterangan primer yg sudah dipilah menjadi beberapa sub kategori fakta yang permanen disampaikan secara generik.

Teks Eksposisi
Teks eksposisi adalah teks yang berbentuk karangan yang bersifat memaparkan insiden atau fakta serta pengetahuan secara singkat, padat dan akurat. Teks eksposisi bersifat ilmiah atau non fiksi. Tujuan dari teks eksposisi sendiri adalah buat memaparkan suatu insiden atau kabar kepada pembaca sejelas-jelasnya.
Baca Juga : 3 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan
Artikel Terkait : Pengertian, Contoh Dan Ciri-Ciri Teks Eksposisi Lengkap

Struktur Teks Eksposisi :

Struktur teks eksposisi terdiri menurut tesis, argumen dan penegasan.
  1. Tesis : Tesis merupakan pembukaan atau pengenalan berdasarkan suatu berita didalam teks
  2. Argumentasi : adalah pokok bahasan yang dipaparkan.
  3. Penegasan : Penegasan pokok-pokok bahasan yg menguatkan pemaparan dari warta tersebut.
Baca Juga : Teks Anekdot (pengertian, ciri serta model)

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI