JUMLAH RAKAAT DAN MANFAAT SHALAT TARAWIH TERBARU

Shalattarawih adalah shalat malam yg dikerjakan hanya dalam bulan Ramadhan, sholat  ini boleh dikerjakan sendiri atau berjama’ah.waktu shalat tarawih boleh dikerjakan pada awal malam atau dipertengahan maupundi akhirnya, baik sebelum tidur juga sehabis tidur. Tegasnya, shalat tarawihadalah shalat malam di bulan Ramadhan.
ShalatTarawih hukumnya adalah sunnah muakkad. Mengenai bilangan rakaatnya, Ibnu‘Abdil Barr rahimahullah menyampaikan, “Sesungguhnya shalat malam nir memilikibatasan jumlah raka’at tertentu. Shalat malam merupakan shalat sunnah yangdianjurkan. Siapa saja boleh mengerjakan sedikit raka’at. Siapa yang mau jugaboleh mengerjakan menggunakan jumlah raka’at yg banyak.” (At Tamhid, 21/70).

SedangkanRasulullah SAW bersabda : “Shalat malam merupakan 2 rakaat 2 rakaat“. (HR.bukhari no. 990 dan Muslim no. 749)

DariAisyah bahwa Rasulullah s.A.W. Dalam suatu malam (pada bulan Ramadhan) mendirikansholat, kemudian tiba orang-orang dalam berikutnya (ingin sholat bersama dia).kemudian datanglah malah ketiga atau keempat dan orang-orang pun sudahberdatangan, namun dia nir keluar. Saat pagi tiba dia bersabda:”Akutelah melihat yang kalian lakukan, dan aku nir keluar lantaran saya takut sholatitu nantinya diwajibkan pada kalian”. (H.R. Muslim).

DariAbdurrahman bin al-Qari mengatakan” suatu malam pada bulan Ramadhan saya berjalanbersama Umar bin Khattab melihat-lihat masjid, kemudian dia melihat orang-orangberbeda-beda pada mendirikan sholat (sunnah), sebagian sholat sendiri,sebagian sholat bersama grup mini . Lalu Umar menyampaikan: “Aku melihatseandainya mereka dikumpulkan pada belakang satu qari (pembaca Qur’an) tentulebih baik. Lalu beliau menganjurkan supaya seluruh sholat di belakang Ubay binKa’ab. Kemudian saya keluar beserta Umar pada malam lain serta orang-orangsudah sholat berjamaah pada belakang imam satu, kemudian Umar menyampaikan:”Inilahsebaik-baik bid’ah, dan sholat yg mereka tinggalkan buat tidur tetap lebihbaik dibandingkan dengan sholat yg mereka dirikan” (maksudnya sholat malam diakhir malam lebih utama dibandingkan menggunakan sholat di awal waktunya). R.bukhari dan Muslim.

Hadistdi atas adalah keliru satu dalil sholat tarawih. Tarawih merupakan kataplural menurut raahah yg adalah istirahat. Konon diklaim sholattarawih lantaran dalam saat umat Islam melaksanakan sholat tadi secaraberjamaah, mereka malakukan istirahat setiap dua kali salam. Sholattarawih hukumnya sunnah muakkadah dalam malam bulan suci Ramadhan.

RakaatSholat Tarawih
IbnuTaimiyah rahimahullah mengungkapkan, “Semua jumlah raka’at di atas (menggunakan 11, 23raka’at (plus witir) atau lebih dari itu, -pen) boleh dilakukan. Melaksanakanshalat malam di bulan Ramadhan menggunakan banyak sekali macam cara tadi itu sangatbagus. Dan memang lebih primer merupakan melaksanakan shalat malam sinkron dengankondisi para jama’ah. Kalau jama’ah kemungkinan senang menggunakan raka’at-raka’atyang panjang, maka lebih indah melakukan shalat malam dengan 8 raka’at ditambahdengan witir tiga raka’at, sebagaimana hal ini dipraktekkan oleh Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam sendiri pada bulan Ramdhan dan bulan lainnya. Dalam kondisiseperti itu, demikianlah yang terbaik. Tetapi bila para jama’ah tidak mampumelaksanakan raka’at-raka’at yang panjang, maka melaksanakan shalat malamdengan 20 raka’at itulah yang lebih primer. Seperti inilah yang banyakdipraktekkan oleh banyak ulama. Shalat malam dengan 20 raka’at merupakan jalanpertengahan antara jumlah raka’at shalat malam yang sepuluh dan yg empatpuluh.

Ada jugapendapat yang mengungkapkan bahwa aplikasi sholat tarawih adalah mengacu padasholat malam Rasulullah. Pendapat ini diikuti beberapa ulama mutaakhiriin(Ulama Kurun Terakhir). Jumlah rakaat shalat malam yang dilakukan Rasulullahadalah sebagai berikut :
1. 11 rakaat terdiri dari 4 rokaat x dua + tiga rakaat witir.ini sesuai dengan hadist A’isyah yang diriwayatkan Bukhari.
2. 11 rakaat terdiri menurut 4 rokaat x dua + 2 rakaat witir +1 witir. Ini sesuai dengan hadist Ai’syah riwayat Muslim.
3. 11 rakaat terdiri berdasarkan dua rokaat x 4 & dua rakaatwitir + 1 witir. Ini pula diriwayatkan oleh Muslim.
4. Ada jua riwayat Ibnu Hibban yang berkata 8 rakaat+ witir.
5. Ada pula riwayat yang berkata 13 rakaat termasukwitir.

ImamMalik pada Muwatta’ meriwayatkan 11 rakaat. Riwayat lain berkata setiaprakaat membaca 200 ayat sehingga para sahabat ada yang berpegangan tongkatkarena panjangnya sholat. Riwayat Muhamad Yusuf mengungkapkan 13 rakaat. RiwayatSaib bib Yazid berkata 20 rakaat. Riwayat lain dari Abu Yusuf mengarakan 21rakaat. Yazin bin Ruman mengatakan:”Orang-orang mendirikan sholat pada zamanUmar sebesar 23 rakaat. Riwayat Dawud bin Qais mengatakan: Aku melihatorang-orang dalam masa Aban serta Utsman dan Umar bin Adbul Aziz melaksanakansholat tarawih sebesar 36 rakaat dan melakukan witir tiga rakaat. Inilah yangmenjadi salah satu pendapat imam Malik. Riwayat dari Syafi’I menyampaikan:”Akumelihat orang-orang sholat Tarawih di Madina sebanyak 39 rakaat dan pada Makkah23 rakaat. Tirmidzi berkata bahwa riayat paling banyak mengenai rakaattarawih adalah 41 rakaat termasuk witir.

PendapatEmpat Madzhab:
MadzhabMaliki, Syafi’I serta Hanbali melaksanakan shoalt Tarawih menggunakan 20 rakaat. ImamNawawi pada al-Majmu’ menyebutkan bahwa landasan yg digunakan adalah riwayatsahih berdasarkan Saib bin Yazid yang menyampaikan bahwa sholat Tarawih dalam zaman Umarr.A. Dilaksanakan 20 rakaat. Madzhab Maliki melaksanakan sebanyak 39 rakaatsesuai riwayat pakar Madinah. Sebagaimana diketahui madzhab Maliki menganggaptindakan pakar Madinah adalah dalil yang sanggup dijadikan landasan.

Pelaksanaansholat tarawih pada Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ketika ini permanen mengacukepada pendapat madzhab resmi pemerintah Saudi Arabia, yaitu Hanbali denganpelaksanaan sebesar 20 rakaat. Namun dalam malam ke-20 Ramadhan sampai akhirbulan, di ke 2 masjid agung tadi pula dilaksanakan sholatqiyamullail sebanyak10 rakaat dimulai kurang lebih pukul 12 malam hingga menjelang sahur. Dengan jumlahsolatnya sebanyak 30 rakaat plus tiga rakaat witir. Pelaksanaan sholat qiyamullailini nir jauh tidak selaras menggunakan tarawih, hanya ayat yang dibaca lebih panjang sehinggamasa sholat jua lebih lama .


Caramengerjakan shalat Tarawih :
ShalatTarawih ini dikerjakan seperti shalat biasa lainnya baik tentang bacaannyamaupun gerakan-gerakannya serta pada setiap 2 rakaatnya ditutup dengan salam.setelah selesai shalat Tarawih kemudian diteruskan shalat Witir, sekurang-kurangnyasatu rakaat namun dalam umumnya dikerjakan 3 rakaat menggunakan 2 salam atausatu salam.

Adapunsurat yang dibaca sesudah Al-Fatihah dalam tiap-tiap rakaat boleh surat apa sajayang dikehendaki, namun pada utamakan dalam setiap rakaat yg ke 2 sesudahmembaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlash.

Bacaanniat shalat Tarawih :
Artinya:
“Akuniat Shalat Tarawih dua rakaat (jadi imam/ma’mum) lantaran Allah Ta’ala“

Manfaatdan Keutamaan Shalat Tarawih :
Sepertiyang disabdakan sang Rasulullah SAW dan diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalibyang dikutip dari kitab Durratun Nasihin, ini dia adalah keutamaan danhikmah shalat Tarawih :
Malamke 01 : Siapa yg shalat Tarawih dalam malam pertama dihapus dosa seorangMu’min misalnya saat beliau di lahirkan.
Malamke 02 : Shalat Tarawih dalam malam ke 2 di ampuni dosa dirinya serta kedua orangtuanya, jika keduanya Mu’min.
Malamke 03 : Malaikat berseru berdasarkan ‘Arsy ” Telah diangkat amal dan dosanya yangtelah kemudian dan di ampuni oleh Allah SWT.
Malamke 04 : Baginya menerima pahala, misalnya pahala membaca Kitab Taurat, Zabur,Injil serta AlQur-an.
Malamke 05 : Allah SWT memberinya pahala seperti pahala Sholat pada Masjidil Haram,Masjid Madinah dan Masjid Aqsho.
Malamke 06 : Allah SWT memberinya pahala Thawaf pada Baitul Makmur dan pada mintakanampun baginya sang setiap batu benda.
Malamke 07 : Seumpama pahala yang pada peroleh nabi Musa A.S serta penolong darikejahatan Fir’aun dan Hamman.
Malamke 08 : Allah SWT memberikannya pahala seperti pahala apa yg diberikan kepadaNabi Ibrohim AS.
Malamke 09 : Seumpama pahala Ibadah nabi Muhammad SAW.
Malamke 10 : Allah SWT memberinya Rizki serta kebaikan pada global serta akhirat.
Malamke 11 : Apabila Ia tewas dunia, misalnya dilahirkan menurut Ibunya.
Malamke 12 : Ia datang dalam hari kiamat kelak menggunakan paras berseri-seri sepertibulan purnama.
Malamke 13 : Ia datang pada hari kiamat, selamat dari kejahatan (kejelekan).
Malamke 14 : Malaikat dalam menyaksikan bahwa sesungguhnya orang tadi telahSholat Tarawih maka dalam hari kiamat kelak Allah SWT tidak akan menghisabnya.
Malamke 15 : Para malaikat bersholawat kepadanya dan menjaga pada ‘Arsy dan kursi.
Malamke 16 : Allah SWT mencatat baginya akan pada bebaskan dari api neraka serta masuksurga.
Malamke 17 : Diberikannya pahala misalnya pahala para nabi.
Malamke 18 : Satu Malaikat berseru : ” Hai Hamba Allah bahwasanya Allah SWT telahmeridhoi engkau serta ke 2 orang tuamu.
Malamke 19 : Allah SWT akan mengangkat ke surga firdaus.
Malamke 20 : Allah SWT menaruh pahala para Syuhada dan orang-orang Sholeh.
Malamke 21 : Allah SWT membuatkan baginya sebuah istana di surga menurut cahaya.
Malamke 22 : Pada hari kiamat nanti, selamat menurut kesulitan dan kesusahan.
Malamke 23 : Allah SWT membangunkan baginya sebuah kota di nirwana. Malam ke 24 : Duapuluh empat (24) permintaanya di kabulkan sang Allah SWT.
Malamke 25 : Allah SWT mengangkatnya menurut siksaan kubur.
Malamke 26 : Allah SWT mengangkatnya baginya pahala empat puluh tahun (40 thn).
Malamke 27 : Ia akan melewti jembatan Shirotul Mustaqim dalam hari kiamat kelakseperti kilat menyambar.
Malamke 28 : Allah SWT mengangkat baginya seribu (1000) derajat pada nirwana.
Malamke 29 : Allah SWT menaruh pahala seribu (1000) haji yg makbul.
Malamke 30 : Allah SWT berfirman : Hai Hambaku, makanlah buah-buahan pada pada surgadan mandilah kamu dengan air Salsabil serta minumlah dari telaga kautsar, Akutuhanmu dan engkau hamba-Ku.

Semogadibulan puasa Ramadhan yg penuh berkah ini, kita mampu melaksanakan shalatTarawih dengan sempurna sampai akhir ramadhan. Salam serta selamat membaca tatacara shalat Tarawih.


= Baca Juga =




Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI