Kandungan Zat Nutrisi Gizi dalam Madu Penting Bagi Tubuh

BUkan basa basi bila madu memang berguna bagi tubuh manusia. Dalam alquran dan hadis nabi Muhammad jua dituliskan bagaimana madu bermanfaat menjaga kesehatan atau mengobati segala macam penyakit. Kandungan zat dalam madu terdapat banyak mineral misalnya natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin-vitamin yg ada dalam madu merupakan thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin K.
Sementara ada juga kandungan enzim yg krusial dalam madu seperti enzim diastase, invertase, glukosa oksidase, peroksidase, serta lipase. Enzim diastase merupakan enzim yg mengganti karbohidrat komplek (polisakarida) menjadi karbohidrat sederhana (monosakarida). Enzim invertase merupakan enzim yg memecah molekul sukrosa sebagai glukosa serta fruktosa. Enzim oksidase merupakan enzim yang membantu oksidasi glukosa menjadi peroksida. Enzim peroksidase melakukan proses oksidase metabolisme. Semua zat tersebut bermanfaat buat proses metabolisme tubuh.

PENGAMBILAN NECTAR BUNGA
Nilai kalori madu sangat akbar tiga.280 kal/kg. Nilai kalori 1 kg madu setara menggunakan 50 buah telur ayam, 5,7 ltr susu, 25 buah pisang, 40 butir jeruk, 4 kg kentang, dan 1,68 kg daging. Madu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi serta rendah lemak. Kandungan gula pada madu mencapai 80% serta dari gula tersebut 85% berupa fruktosa dan glukosa.
Asam primer pada madu adalah asam glutamat. Sementara itu asam organik yg masih ada dalam madu adalam asam asetat, asam butirat, format, suksinat, glikolat, malat, proglutamat, sitrat, dan piruvat.
Komposisi kimia kandungan zat nutrisi madu per 100 gr :
MaduNilai nutrisi per 100 g (3.lima oz)Energi1,272 kJ (304 kcal)Karbohidrat82.4 g- Gula82.12 g- Serat pangan0.2 gLemak0 gProtein0.3 gAir17.10 gRiboflavin (Vit. B2)0.038 mg (3%)Niasin (Vit. B3)0.121 mg (1%)Asam Pantotenat (B5)0.068 mg (1%)Vitamin B60.024 mg (dua%)Folat (Vit. B9)dua μg (1%)Vitamin C0.5 mg (1%)Kalsium6 mg (1%)Besi0.42 mg (3%)Magnesium2 mg (1%)Fosfor4 mg (1%)Kalium52 mg (1%)Natrium4 mg (0%)Zink0.22 mg (2%)Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat buat dewasa.sumber: Data Nutrisi USDA
Standar kadar air madu Glory berkisar 17,42 s/d 19% (merupakan pada tiap 1 cc madu yang mengandung air 17,4 %, berat airnya 1,42 gram).
Kadar air dari menurut nektar bunga (nir dicampur air). Konsentrasi kadar air tersebut, mengakibatkan Madu glory tidak seragam kekentalannya, tetapi demikian mutu dan kwalitas madu tetap dijamin/garansi, menggunakan jaminan kemurnian dua X uang pulang, artinya kalau madu glory tidak asli dan murni (ada campuran bahan kimia) dengan output uji klinis uang yg telah dibayarkan ke glory dikembalikan dua kali.
Selain sumber nectar, zat gizi/nutrisi yang terdapat didalam madu juga ditentukan sang kadar air yg terkandung pada dalam madu. Semakin tinggi kadar airnya nutrisi didalam semakin berkurang. Madu yang baik berdasarkan baku mutu nasional kadar airnya lebih kurang 17% s/d 22%.
PEMILIHAN KOLONI LEBAH
Gula alami yg masih ada pada dalam madu (dianggap GULA INVERT , dari berdasarkan nektar bunga. Memiliki konsentrasi gula yang sangat tinggi yaitu fruktosa dan glukosa. Gula pada madu bisa segera berasimilasi dengan darah dalam tubuh.
Jenis Lebah
Seekor lebah madu
Jenis lebah yang paling efektif membuat madu adalah lebah menggunakan jenis Apis dorsata. Lebah ini termasuk lebah Asia yg paling indah menghasilkan madu. Lebah ini hanya menciptakan sarang satu lapis yang meggantung pada dahan pohon, pada langit-langit yang terbuka, atau pada tebing jurang. Untuk waktu ini Apis dorsata belum sanggup dibudidayakan di kandang tertutup. Dengan sarang berukuran dua x 2 m lebah ini sanggup menghasilkan 20 kg madu untuk setiap sarang.
Apis dorsata berbadan akbar, serta hidup pada daerah sub-tropis serta tropis Asia seperti Indonesia, Filipina, India, Nepal dan tidak ditemukan selain di wilayah Asia. Di Indonesia lebah ini mampu ditemukan pada Sumatra, Kalimantan, Sulawesi serta NTB atau NTT.
KEUNGGULA GULA INVERT :
  1. Memiliki susunan kimia yang sangat sederhana
  2. Segera berasimilasi dengan darah
  3. Segera membentuk tenaga tanpa melalui proses pencernaan.
  4. Selain itu, madu jua mengandung senyawa aktif yg disebut ENZIM DIASTASE , sangat bermanfaat buat :
  5. Mencegah dan; menetralisir bakteri merugikan yang terdapat pada dalam tubuh manusia, membuahkan tubuh kebal dari aneka macam penyakit.
  6. Mencegah dan menetralisir bakteri merugikan yang masuk kedalam madu serta memperkaya kandungan madu, mengakibatkan madu semakin lama disimpan kwalitasnya semakin baik, tidak terdapat batas kadaluwarsa. Namun beberapa regulasi permanen mengharuskan pencantuman batas kadaluwarsa.

Berdasarkan penelitian, madu aman dikonsumsi sang penderita diabetes. Bahkan secara generik, konsumsi madu bagi penderita diabetes sangat bermanfaat buat penjagaan kesehatannya dan membantu kinerja semua sistem organ pada tubuh.
Dari sekian banyak kandungan berguna pada madu tentu anda wajib tahu bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu supaya nir tertipu bukanya manfaat yg didapat malah penyakit.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI