Kebangkitan PKI di Era Jokowi

Beberapa ketika terakhir, di indonesia, beberapa penduduk mulai semakin berani menerangkan keberadaan menggunakan menggunakan lambang spesial PKI yakni palu arit. Meski dalam praktiknya, terdapat yg berusaha melakukan semacam kamuflase seperti menyamarkan desain palu arit sebagai sebuah kreatifitas desain. Termasuk contohnya, menciptakan lambang palu arit bersanding menggunakan desain lain yang ditampilkan ke dalam sebuauh kaos.

Entah apa muara menurut semua insiden ini. Semacam ada oknum dibalik layar yg sedang melakukan "test the water" pada negara indonesia. Seperti diketahui, indonesia sangat sangat anti PKI. Terutama sekali dalam masa orde baru. Jangankan yang terang2an memakai lambang palu arit misalnya baju serta pin, yg diduga saja terafiliasi menggunakan pki sanggup lenyap tinggal nama.

Namun perlahan, setelah lengsernya orde baru, sikap anti PKI indonesia perlahan memudar. Terlbih puncaknya merupakan dalam pemerintahan joko widodo-jk. Bermula berdasarkan inisiatif pemerintah atas friksi komnas HAM, yang akan mengadakan rekonsialiasi - semacam ikrar damai - antara pemerintah menggunakan korban PKI, yang kemudian menuai pro serta kontra. Dalam rekonsiliasi ini diawacanakan pemerintah akan meminta maaf pada dalam famili korban permbanntaian yang diduga anggota PKI dalam masa kemudian. 

 Kalangan pemerintah, planning untuk meminta maaf kepada para korban masalah pelanggaran HAM 1965/66 masih ditanggapi berbeda. Dalam wawancara menggunakan BBC Indonesia, wapres Jusuf Kalla menyampaikan nir mengetahui mengenai rencana tadi.

"Permintaan maaf itu, timbul dulu diperkirakan pada pidato kenegaraan presiden (14 Agustus 2018). Tapi ternyata kan tidak ada, tidak memahami dasarnya apa, tapi yg kentara tidak ada itu permintaan maaf berdasarkan presiden, karena tidak jelas mau minta maaf oleh siapa atas keliru apa kan," kentara Jusuf Kalla.
Dalam pernyataan pada media, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyatakan negara tak perlu meminta maaf kepada keluarga anggota serta simpatisan PKI.

Aksi mahasiswa menentang Partai Komunis Indonesia

Sementara ormas Islam NU menyatakan menolak rencana permintaan maaf berdasarkan pemerintah, seperti disampaikan Wakil Ketua Umum NU Slamet Effendi Yusuf yg berada pada Arab Saudi dalam informasi tertulis pada BBC Indonesia akhir pekan lalu.

Daftar kasus kaos dan atribut PKI.

1. 11 Mei 2018

Aparat TNI menurut Kodim 1501 Ternate, Maluku Utara mengamankan empat mahasiswa karena mempunyai kaos bergambar palu arit yang identik dengan lambang PKI. Penangkapan ini berawal menurut penyerahan kaos beratribut serupa sang seorang warga . Empat oknum mahasiswa masing-masing berinisial AF (20), SS (24), MYA (22), serta MRD (20).
2. 11 mei 2018

Dua aktivis menurut Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Maluku Utara, Adlun Fiqri dan Supriyadi Sawai diamankan aparat kepolisian karena mengenakan kaos menggunakan akronim PKI. Padahal PKI yg dimaksud pada kaos tadi merupakan Pecinta Kopi Indonesia.
3. 10 mei 2018

Polisi sempat mengamankan pedagang yang menjual kaus bergambar mirip palu arit di Blok M, Jakarta Selatan. Namun mereka dipulangkan setelah tidak terdapat unsur makar menurut penjualan kaus itu.
4. 19 April 2018

ebuah video yang menghebohkan beredar di Facebook. Tampak pada video yg diupload Judiwo Lee itu seorang pemuda yang sedang mengendarai motor datang-datang dilarang dua orang berpakaian safari hitam menggunakan badan besar . Ternyata 2 orang itu murka akbar lantaran sang pemuda mengenakan pin mirim logo PKI.
5. 11 Mei 2018

Ada Isu Pembagian Ribuan Atribut PKI, Polisi Perketat Akses Masuk Kota Semarang. Kota Semarang menjadi satu diantara 14 kota di pulau Jawa yang sebagai lokasi penyebaran kaos, pin dan atribut Partai Komunis Indonesia (PKI).
Hal itu dibenarkan Kapolrestabes Semarang, Komisaris Besar Pol Burhanudin, Rabu (11/5/2016).
Untuk mengantisipasi itu, selain memerintahkan anggotanya buat melakukan penyelidikan pada lapangan, Burhanudin berkata pihaknya pula memperketat jalur masuk pada Kota Semarang.
bersambung...

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI