Kelompok Vitamin A D E dan K

Vitamin adalah satu bagian penting dalam kehidupan manusia karena merupakan senyawa kimia organik yg diperlukan dalam jumlah mini namun harus ada dalam makanan. Vitamin itu berperan pada reaksi metabolsime sel, melangsungkan pertumbuhan normal serta memelihara kesehatan. Ada 2 jenis vitamin yaitu vitamin yang larut pada air (vitamin B dan C) serta vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E serta K). Kali ini kita akan bahas mengenai vitamin yang larut dalam lemak.

1. Vitamin A
Vitamin A berperan pada proses melihat, yaitu proses fotokimia dalam retina, pembentukan jaringan epitel dalam mata serta pertumbuhan tulang serta gigi. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan rabun senja, gangguan pertumbuhan epitel pada mata yg mengakibatkan kebutaan dan perkembangan tulang serta gigi yg tidak normal.

Sumber kuliner yang mengandung vitamin A dari hewan seperti minyak ikan, hati, mentega, keju, susu dan menurut tanaman misalnya sayuran serta buah-buahan yang berwarna hijau dan kuning seperti bayam, paprika, kangkung, brokoli, wortel, labu, jeruk lemon dan belimbing.

Jika tubuh kelebihan vitamin A maka akan menyebab keracunan seperti kulit kemarau, bercak-bercak, rambut rontok, sakit tulang serta persendian, sakit ketua serta pembesaran hati. 
2. Vitamin D
Vitamin D berperan dalam mengatur penyerapan kalsium serta fosfor berdasarkan saluran pencernaan kuliner serta mengatur penumpukan kalsium tulang serta gigi. Sumber vitamin D ada pada minyak ikan, susu dan senyawa di bawah lapisan epidermis yang akan diubah menjadi vitamin D oleh sinar ultraviolet dari sinar surya. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan rachitis pada anak-anak, sejenis pelunakan tulang, pembesaran sendi, deformasi tulang dada dan pelvis, dan terlambatnya pertumbuhan gigi.

3. Vitamin E
Vitamin E berperan sebagai antioksidan dan mejaga kesuburan. Sumber vitamin ini adalah minyak tumbuhan, sayuran hijau serta kacang-kacangan. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan hemolisis sel-sel darah merah, kurang darah serta kemandulan.

4. Vitamin K
Vitamin K berperan dalam pembentukkan protrombin serta protein-protein pembekuan darah lainnya. Sumber vitamin K ada pada bayam, kubis dan sayuran lainnya dan hati. Kekurangan vitamin K mengakibatkan darah sulit membeku waktu perdarahan atau luka.

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI