Keunggulan SIG Sistem Informasi Geografi


Ada yang bilang bahwa SIG merupakan ilmu geografi baru. Pernyataan tersebut memang ada benarnya serta terdapat salahnya pula.
Sebetulnya SIG atau dalam bahasa inggris GIS (Geographic Information System) adalah aplikasi yang dikembangkan untuk memudahkan insan menganalisa kenampakan/kenyataan di bagian atas bumi.
Jadi begini, geografi adalah ilmu yg menyelidiki kenampakan bumi sedangkan GIS merupakan alat bantu berupa perangkat lunak personal komputer yg berfungsi menaruh citra kenampakan bumi tersebut pada bentuk digital.
GIS ini nantinya menghasilkan produk-produk yang dapat digunakan sang berbagai kepentingan seperti pendidikan, ekonomi, militer, pertanian dan lainnya. Jadi GIS dapat dipakai buat seluruh ilmu. Beberapa software GIS yang waktu ini banyak tersebar pada pasaran antara lain Mapinfo, ArcGIS, ArcView, ESRI serta lainnya. Semuanya berfungsi buat menaruh data spasial dalam bentuk peta digital. Beberapa keunggulan GIS dalam membantu geografi menganalisa daerah antara lain merupakan:

1. Penanganan data spasial sebagai lebih standar dan lebih baik
2. Revisi dan pemutakhiran data menjadi lebih mudah
3. Data geospasial menjadi lebih gampang dicari, dianalisis dan dipresentasikan
4. Menjadi produk yang mempunyai nilai tambah
5. Kemampuan menukar data geospasial
6. Menghemat waktu serta biaya
7. Keputusan yang diambil sebagai lebih baik

SIG waktu ini sebagai kebutuhan yang sangat penting bagi berbagai kalangan. Bagi anda yg ingin sebagai pakar di bidang SIG dapat mengikuti berbagai kursus pelatihan SIG di Badan Informasi Geospasial atau kuliah di Jurusan SIG. 

Sumber dan Gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru