Keuntungan Berbisnis di Lokasi Konsentrasi

Ada yang bilang bahwa lokasi memilih laba, memang benar adanya khususnya dalam hal bisnis. Dalam fenomena bisa disaksikan bahwa kegitan produksi terutama industri dan jasa acapkali bertumpuk di suatu tempat, yaitu kota. Hal apakah yg mendorong daya tarik konsentrasi tadi lebih besar dibandingkan apabila terpencar. Umumnya, harga tanah pada kota atau pinggiran kota lebih mahal dibanding kota. Namun demikian, banyak industri yg memilih tempat pada kota atau pinggiran kota dibandingkan ditempat asal bahan standar utamanya. Mengapa demikian?. Ya, benar sekali jawabannya merupakan "konsentrasi".
Keuntungan berlokasi pada loka konsentrasi atau terjadinya aglomerasi ditimbulkan oleh 2 faktor yaitu economic of scale dan economic of localization.
Economic of scale merupakan laba lantaran bisa berproduksi secara berspesialisasi sebagai akibatnya produksi semakin akbar dan porto per unitnya lebih efisien. Dengan memilih tempat di kota berarti lebih bisa melakukan spesialisasi sebagai akibatnya dengan kapital yang sama dapat dipilih suatu bagian produksi spesifik walaupun nir komplit tapai dapat dibentuk secara besar -besaran. Bagian-bagian lain bisa dibeli menurut luat jika ingin menghasilkan suatu barang jadi misalnya sparepart bisa eksklusif dijual pada perusahaan lain sebagai bahan standar buat membuat suatu produk yang lengkap.
Hal ini akan sulit apabila hanya terdapat satu industri saja yang berlokasi di daerah tersebut. Merupakan, industri itu harus memproduksi seluruh sparepart buat membuat suatu barang yg komplit atau harus mendatangkan berdasarkan wilayah lain yang tentunya akan menaikan ongkos angkut produksi. 
 
Dasar berdasarkan economic scale adalah faktor-faktor produksi yang tidak bisa dibagi (indivisibility). Misalnya adalahm adanya mesin-mesin atau peralatan yang hanya terdapat dalam ukuran tertentu. Mesin besar umumnya membentuk porto produksi per unit yang lebih mini . Dengan melakukan spesialisasi maka mesin menggunakan kapasitas besar dapat dibeli dan biaya per unit kapasitas bisanya lebih murah. Konsep ini berlaku juga bagi energi buruh dan pimpinan.
Economic of localization adalah keuntungan karena di tempat itu masih ada banyak sekali kepelruan dan fasilitas yang bisa digunakan oleh perusahaan. Berbagai fasilitas yg memperlancar kegiatan perusahaan itu misalnya bank, iuran pertanggungan, bengkel, listrik, air higienis, reklame dan lainnya. Selain itu perusahaan juga mudah memperoleh tenaga kerja maupun pimpinan dengan berbagai level keahlian tanpa wajib melatihnya sendiri. Pusat konsentrasi sekaligus pusat perdagangan baik buat memperoleh bahan baku maupun buat menjual output produksi yang nantinya tentunya akan mempertinggi efisiensi perusahaan.

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI