Kewajiban Guru Geografi

Apakah anda seseorang pengajar geografi? Lalu apa saja kewajiban seorang pengajar geografi terhadap dirinya sendiri serta peserta didiknya?. 
Ulasan singkat ini dia mungkin akan sedikit membantu. Pada dasarnya seorang guru wajib memiliki kemampuan menaruh pendidikan serta pedagogi yg mudah dimengerti dan dicerna oleh peserta didiknya. Agar proses pembelajaran di kelas bisa mencapai target dan tujuan yg sudah ditetapkan, seseorang pengajar wajib melakukan aktivitas umum berikut:
1. Menyeleksi berbagai sumber pedagogi yang akan diajarkan. Tujuannya antara lain supaya asal pedagogi yang dipergunakan sesuai dengan materi atau topik bahasan yg akan diberikan saat pembelajaran pada kelas.
2. Menyesuaikan materi yg akan disampaikan dengan tingkat perkembangan anak. Tujuannya agar materi yg disampaikan dapat dicerna dan diterima menggunakan baik oleh siswa.
Dua hal di atas adalah kewajiban umum seorang guru supaya aktivitas belajar berlangsung menggunakan baik dan menyenangkan. Selain kewajiban generik tadi, secara khusus seorang guru geografi wajib memiliki kemampuan yg sinkron menggunakan kedudukannya sebagai seseorang guru geografi. Kewajiban yg harus dimiliki seorang guru geografi merupakan:
1. Kemampuan menguasai materi Geografi. Hal ini merupakan tugas pokok dan berkaitan menggunakan fungsi guru tadi sebagai pengampu matpel geografi. Tanpa dominasi materi yg baik maka seorang pengajar geografi nir akan dapat sebagai seorang pengajar yang baik serta nir dapat menerjemahkan isi dari kurikulum menggunakan benar pada anak didiknya.
2. Menguasai tujuan pedagogi geografi. Penguasaan akan tujuan pedagogi sangat diperlukan oleh seseorang pengajar lantaran tanpa penguasaan tujuan pedagogi seseorang guru nir akan sanggup menyampaikan banyak sekali macam materi pengajaran secara runtut serta terang yang membuahkan tidak tercapainya tujuan pedagogi.
3. Tingkat perkembangan usia peserta didik. Perkembangan usia dan mental murid perlu diperhatikan sang setiap pengajar sehingga dalam menaruh materi pedagogi nantinya akan diubahsuaikan menggunakan usia murid. Tidak seluruh materi geografi bisa dicerna menggunakan baik serta cepat sang semua anak didik dan tugas guru lah memilih materi mana yg sekiranya cocok serta dapat diterima dengan baik sang peserta didik sebagai akibatnya proses pendewasaan cara berfikir murid akan berjalan baik.

Dari penjelasan pada atas dapat disimpulkan bahwa seseorang pengajar nir hanya wajib piawai pada mengelola kelas namun lebih dari itu ia wajib mampu menguasai bidang keilmuan yg dia akan ajarkan. Dengan tahu bidan keilmuannya khususnya geografi maka proses transfer ilmu kepada anak didik akan berjalan menggunakan baik dan geografi nir lagi dicermati sebagai pelajaran yg menjemukan. Tujuan utama pengajar geografi adalah membangun kecerdasan spasial anak didik supaya bisa mengelola ruang loka hidupnya menggunakan baik serta berkelanjutan.




Sumber serta Gambar:

disini
Iwan Herwaman. Geografi Sebuah Pengantar

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru