Klasifikasi Batuan Beku


Apakah anda pernah batuan di lebih kurang anda?Lalu tahukan bahwa batuan pada bumi ini memiliki ragam jenis yg poly?. Di kesempatan kali ini
aku akan balik mencoba membahas sedikit tentang keliru satu jenis batuan yg acapkali kita pakai sehari-hari yaitu batuan beku. Batuan Beku adalah batuan yg berdasarkan genesisnyaterbentuk dari pembekuan magma atau lava. Magma merupakan massa cair kental-pijardengan temperatur yang sangat tinggi serta berada di bawah permukaan bumi. Apabila magma itu tergerak keluar sang tekanannya serta mencapai bagian atas bumi,maka disebut lava. Magma tersusun oleh berbagai macam material yangterlarut di dalamnya. Beberapa material itu adalah bahan volatil (gas) dannon-volatil, terutama oksida-oksida: Silikon, Al, Fe, Ca, Mg, K, dan Na.oksida-oksida tersebut pada kombinasi-kombinasi eksklusif lalu membentukmineral-mineral yang sekarang bisa kita jumpai dalam batuan beku.
Berdasarkan beberapa teori insiden bumi, bahwa bumi kitadahulu merupakan massa gas yang berputar serta terlempar menurut matahari. Gastersebut lalu perlahan-lahan menidngin sehingga berubah bentuknyamenjadi benda cair. Benda cair inilah yang kemudian disebut magma. Magmapunkemudian mengalami pendinginan serta mineral-mineral pada dalamnya mulaimengkristal. Mineral-mineral berat cenderung karam ke pada cairan magma,serta mineral yang lebih ringan terapung pada atas mineral yg berat, Prosespendinginanpun terus berlanjut sebagai akibatnya batuan mulai memadat yg akhirnyamembentuk kerak bumi yang keras. Magma pada jumlah yang sangat besar serta pada temperaturyang sangat tinggi terkurung di bawah kerak bumi. Gas yang terdapat pada pada magmaakan memberikan tekanan yg besar terhadap lapisan-lapisan batuan di atasnyadan pada sekitarnya sehingga magma dapat menerobos dan mengalir ke segala arah. 
Gerak magma bisa terhenti sang lapisan batuan, sehinggatidak mencapai bagian atas bumi, serta hanya gas yang bisa terlepas lebih jauh.dalam perhentiannya, perlahan-lahan magma akan mendingin serta membeku, makaterbentuklah Batuan Beku Dalam, diklaim pula Massa/ BatuanIntrusif serta disebut jua Batuan Plutonis. Sifat magma adalah hal yg berpengaruh dalampembentukkan aneka macam macam batuan beku. Magma yg bersifat basa adalah cair,selesainya membeku akan membuat bentuk batuanberbeda berdasarkan magma asam yg kental. 
Magma yang beranjak terus menerobos lapisan batuan sekitarnya,melalui kepundan gunung berapi, melaluicelah-celah batuan, hingga mencapai permukaan bumi. Magma yang mencapaipermukaan bumi dianggap lava. Lava pun akan mengalami pendinginandan membeku sebagai batuan. Maka terbentuklah Batuan Beku Luar,dianggap juga Massa/Batuan Ekstrusif serta disebut jua BatuanVulkanis. Selain Batuan Beku Dalam serta Batuan Beku Luar, ada juga yangdisebut menggunakan Batuan Beku Korok/Gang.
1.Batuan beku pada(batuan plutonis/batuan beku intrusi)
Batuan beku pada merupakan massa batuanyang terbentuknya jauh pada dalam bumi, yaitu sekitar15 km – 50 km di bawah bagian atas bumi, dekatdengan Astenosfer serta menciptakan sebagian besar kerak bumi. Lantaran letakpembentukannya dekat dengan astenosfer maka proses pendinginannya bejalansangat lambat. Oleh karena itu proses pem-bekuanpun berjalan lambat danmempunyai kesempatan besar buat meman sbentuk kristal-kristal yang paripurna(holokristalin) atau disebut bertekstur Phaneritik. Contoh batuan ini merupakan granit, andesit dan gabro.
Karakteristik batuan beku pada dalam umumnya adalah sebagai berikut:
  • memiliki buah kasar.
  • jarang memperlihatkan struktur visikuler (poro-pori gas).
  • dapat merubah batuan yang berbatasan dengan seluruh sisinya.    
2. Batuan Beku Luar

Beberapa sebutanuntuk batuan beku luar antara lain : batuanvulkanis, batuan leleran, batuan efusif, serta batuan ekstrusi. Bentuk ekstrusiadalah hasil yg dibangun sang magma yg mencapai bagian atas bumi (lava). Jika lava ini cair maka dapat menyebar dalam wilayah yg luas, sedangkan magmayang kental penyebarannya terbatas. Magma cair bisa membangun PlateauBasalt (dataran tinggi berbatuan basalt). Contoh plateau basalt yangterkenal merupakan Plateau Dekan pada India yg memiliki ketebalan lebih kurang 2018meter. Plateau basalt pada Iceland yg luasnya sekitar 100.000 km2dan ketebalannya kurang lebih 3000 meter. Di Indonesia plateau basalt terdapat diSukadana – Lampung. Batuan beku luar terjadi melalui prosespendinginan serta pembekuan lava yg cepat sehingga nir mempunyai kesempatanuntuk memben-tuk kristal yang sempurna, bahkan sama sekali tidak membentukkristal. Kristal yang terbentuk pada batuan beku luar adalah kristal halus ataudisebut bertekstur Aphanitik, dan yg nir berkristal disebutberteks-tur Amorf.  Contoh batuan ini merupakan batuapung dan obsidian.
Karakteristik batuan beku luar padaumumnya antara lain menjadi berikut :  
  • berbutir halus dan seringkali memiliki sifat kaca.
  • memperlihatkan struktur vesikuler terutama di permukaannya. 
  • terdapat struktur aliran 
3. Batuan Beku Korok
Batuan korok yaitu batuan yang membekudi celah atau direkahan kerak bumi ataupun pada pada pipa-pipa gunung api.beberapa sebutan buat batuan beku korok merupakan Batuan Gang dan BatuanHypoabisik. Magma yang membeku pada gang adalahmagma yg sedang menuju ke bagian atas bumi atau yg membeku dalam celah-celahkerak bumi. Batuan beku korok umumnya tersusun oleh kristal-kristal halus danjuga kristal-kristal kasar. Kristal yg demikian dianggap juga denganbertekstur Porfir. Misalnya magma granitis membeku di sebuah gangmaka batuan yang terbentuk diklaim Porfiri Granit merupakan batuan Granitbertekstur porfir.

Sumber dan Gambar:
Warnadi. Geologi.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru