Klasifikasi Tumbuhan Paku Psilophyta Lycopodiophyta Equisetophyta Pterophyta

Tumbuhan paku adalah keliru satu jenis mahluk hayati unik di bumi ini.
Dalam pembagian terstruktur mengenai baru sistem 5 kingdom, flora paku masuk pada kingdom Plantae dan punya beberapa divisi yaitu Psilophyta, Sphenophyta, Lycopodiophyta da Pterophyta. 

a. Psilophyta (Paku Telanjang)
Dikatakan paku telanjang lantaran nir punya daun atau daunnya kecil serta terdapat juga yang tidak berakar sejati. Kebanyakan hidupnya di zaman purba serta ditemukan pada bentuk fosil. Ada satu jenis yg kini terdapat namun hampir punah yaitu Psilotum.

b. Lycopodiophyta (Paku Kawat)
Lycopodiophyta mempunyai ciri-karakteristik: berdaun kecil dan tersusun spiral, sporangium timbul pada ketiak daun serta berkumpul menciptakan strobilus atau kerucur. Batangnya misalnya kawat. Contoh paku ini merupakan Lycopodium, Selaginella, Isoetes. Salaginella poly ditanam di pot atau taman.


c. Equisetophyta (Paku Ekor Kuda)
Equisetophyta mempunyai karakteristik-ciri: daun mini , tunggal serta tersusun melingkar. Sporangium trdapat pada strobilus. Contohnya merupakan Equisetum dan Calamites. Equisetum tumbuh di dataran tinggi. Batangnya misalnya rebung asparagus atau seperti daun cemara. Batang berongga, berbuku-kitab , dan tumbuh tegak. Daun masih ada pada setiap kitab , melingkar, berbentuk sisik dan kecil.

d. Pterophyta (Paku Sejati)
Pterophyta merupakan tanaman paku yang dapat dicermati poly di lebih kurang kita dan generik diklaim pakis. Ciri pakis merupakan: daunnya besar , daun muda menggulung, sporangium masih ada pad asporofil (daun pembuat spora). Contohnya merupakan paku tiang yang banyak tumbuh pada pegunungan dan seperti pohon palem, batangnya hitam buat menanam anggrek, suplir banyak dijadikan tanaman hias, semanggi yang hidup pada rawa atau tanah berair banyak dipakai untuk sayur.

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI