Komponen Peta

Apakah kalian mempunyai peta atau atlas pada tempat tinggal ?Bagaimanaanda menafsirkan isi peta tersebut?. Peta adalah gambaran permukaan bumidalam bidang datar serta diperkecil dengan skala tertentu. Geografi sangatidentik sekali dengan peta, bahkan geografi harus selalu berafiliasi denganpeta. 
Baca jua:
Rumus hitung skala foto udara
Peta skala mini , sedang dan besar
Dalam sebuah peta terdapat komponen-komponen utkama serta sebagai karakteristik sebuahpeta yang baik. Seorang pembaca peta wajib mengetahui serta tahu terlebihdahulu komponen-komponen tersebut supaya nir terjadi salah penafsiran. Petayang baik setidaknya memiliki 7 komponen primer yaitu
  1. Judul peta
  2. Legenda
  3.  Skala
  4. Garis koordinat
  5. Garis kontur/ketinggian
  6. Tahun pembuatan
  7. Deklinasi
Tujuh bagian tadi adalah bagain utama yg selalu adapada sebuah peta. 

Judul peta biasanya diletakan di atas peta atau samping serta bawah spesifik buat peta protesis Badan Informasi Geospasial (BIG). Judul peta mewakili kenampakan yg akan digambarkan dalam peta tersebut misal Peta Administratif Jawa Barat, Peta Geologi Kabupaten Majalengka dan lain sebagainya. Gambar dibawah ini menerangkan peta geografis Provinsi Jambi. Baca jua: Lokasi patahan San Andreas California

Legenda/berita adalah penjelasan mengenai simbol-simbol yg masih ada dalam peta. Bagian ini adalah bagian yg sangat vital lantaran pembaca peta tidak akan mengetahui isi peta apabila nir terdapat legendanya. 

Skala peta adalah bagian yang menerangkan perbandingan lurus jarak pada peta menggunakan jarak sebenarnya di lapangan. Skala ini ada dua jenis yaitu skala garis serta skala nomor . Misal skala 1 : 200.000 centimeter berarti satu centimenter pada peta sebanding dengan 200.000 cm di keadaan sebenarnya pada garis lurus. 

Garis koordinat adalah garis khayal yg terdiri menurut garis vertikal dan garis horozontal. Garis vertikal menunjukkan garis bujur (meridian) yang membagi zona ketika, sedangkan garis horizontal merupakan garis lintang (longitude) yg membagi wilayah iklim. 

Garis ketinggian/kontur adalah garis khayal menyerupai sidik jari manusia yg menampakan titik ketinggian yang sama dalam sebuah peta. Garis kontur ini nir akan saling memotong akan tetapi mampu bersinggungan. Daerah yang lebih rendah akan melingkari wilayah yg lebih tinggi, itulah ciri berdasarkan garis kontur. Garis kontur terdapat dalam peta topografi.

Tahun pembuatan peta merupakan warta yg menerangkan tahun terakhir peta tadi diperbaharui. Peta minimal berubah setiap lima tahun sekali karena kenampakan bumi berubah dari waktu ke waktu. Baca jua: Traveling ke Lembah Panyaweuyan Majalengka

Deklinasi adalah garis fakta yg menunjukkan beda utara peta dengan utara magnetik. Deklinasi direvisi setiap 5 tahun sekali. Arah utara bumi ini selalu ditunjukkan di titik kutub utara pada peta, sedangkan sumbu utara magnet bumi sebenarnya terdapat di sebuah kepulauan dekat Greenland. Lantaran bumi berotasi, setiap tahun sumbu bumi mengalami pergeseran homogen-homogen 0,02 detik ke barat atau ke timur.

Djauhari Noor. Geomorfologi. 2018. Universitas Pakuan Bogor

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI