Komposisi Penduduk

Dalam objek material geografi kamu tentu sudah mengenal mengenai lapisan-lapisan bumi (geosfer). Salah satu bagian geosfer adalah antroposfer. Antroposfer merupakan lapisan yang spesifik melihat aktivitas-kegiatan yg berkaitan menggunakan insan pada permukaan bumi. Manusia yang hidup menetap pada satu wilayah pada kurun saat eksklusif dinamakan penduduk.
Baca pula:
Rumus iklim schmidt ferguson
Pengertian dan karakteristik negara berkembang 
Untuk melihat tanda-tanda-tanda-tanda yang terjadi seputar penduduk, keliru satunya merupakan menggunakan melihat komposisi penduduk. Komposisi penduduk merupakan pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.
Terdapat 4 jenis komposisi penduduk yang dikenal di ilmu kependudukan yaitu:
1. Komposisi biologis, yaitu pengelompokkan penduduk dari jenis kelamin serta umur.
2. Komposisi sosial, yaitu pengelompokkan penduduk berdasarkan kriteria sosial misalnya pendidikan, kesehatan, mata pencaharian serta lainnya.
3. Komposisi ekonomi, yaitu pengelompokkan penduduk dari kriteria ekonomi misalnya tingkat pendapatan, konsumsi, kesejahteraan dan lainnya.
4. Komposisi geografis, yaitu pengelompokkan penduduk menurut letak daerahnya.
Baca pula: Sejarah terbentuknya gurun pasir di bumi

Untuk apa dilakukan komposisi penduduk?
Komposisi penduduk ini bertujuan antara lain buat melihat perkembangan penduduk berdasarkan masa ke masa di suatu negara khususnya. Dengan begitu pemerintah akan mengevaluasi setiap perkembangan yang terdapat dan nantinya akan dijadikan tolak ukur pembuatan kebijakan yg berhubungan dengan kasus kependudukan tadi.

Sumber dan Gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI