Konsep Geografi Menurut Getrude Whipple

Konsep Geografi Menurut Getrude Whipple- Geografi pada dasarnya menilik tanda-tanda dan fenomena yang terjadi dalam ruang. Gejala dan kenyataan tadi merupakan kumpulan dari aspek fisikal dan kehidupan itu sendiri. Realita itu akan membangun suatu pola abstrak dalam pikiran manusia. Gambaran abstrak suatu tanda-tanda atau konsep nyata tadi dikenal dengan konsep. Konsep mengandung sejumlah pandangan baru yang bisa dikembangkan sinkron dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman orang yg menerjemahkannya. Konsep yang mengandung makna geografis diklaim dengan konsep geografi. Kalau pada ilmu lain misalnya matematika, konsep tersebut antara lain konsep bilangan genap, gasal, konsep logaritma serta lainnya. Baca pula: Contoh soal konsep geografi dan jawabannya

Konsep geografi sangat beragam dan salah satu konsep geografi yang terkenal  dikemukakan oleh Getrude Whipple yaitu:
1. The earth as a planet (Bumi sebagai planet)
Bumi merupakan keliru satu planet pada dalam rapikan mentari serta alam semesta. Selain itu bumi merupakan satu-satunya planet yg memungkinkan buat terjalinnya suatu kehidupan yg kompleks. Jadi lokasi planet bumi dan seluruh unsur lainnya sudah diciptakan Tuhan supaya dapat dihuni oleh insan serta mahluk lainnya. Karena bumi merupakan satu-satunya planet kehidupan maka tugas manusia buat menjaganya supaya nir rusak.

2. Varied ways of living (Keberagaman cara hayati)
Bumi terdiri menurut beragam kenampakan fisik dari mulai dataran tinggi, lembah, dataran endah, pantai, sampai dasar samudera . Perbedaan kenampakan tersebut mengakibatkan adanya keberagaman cara hidup mahluk yg hayati dalam lingkungan tersebut. Penduduk yang hayati pada pantai akan bergantung pada output nelayan, penduduk di wilayah pegunungan akan bergantung dalam hasil hutan dan lain sebagainya. Hal ini berlaku jua bagi mahluk lainnya selain insan. Kaktus di gurun mempunyai lapisan lilin di batangny untuk mengurangi penguapan sedangkan beruang kutub dan penguin memiliki bulu yg tebal buat mengantisipasi cuaca ekstrim.

3. Varied natural region (Keberagaman syarat alam)
Bumi ini telah berevolusi semenjak dia diciptakan milyaran tahun lalu. Melalui proses endogen dan eksogen ditambah ekstrateresterial, bagian atas bumi berubah secara berkesinambungan. Hasil menurut formasi energi tersebut antara lain gunung api, benua, palung, kaldera meteorit, gua karst, sungai, danau serta lainnya. 

4. The significance of region to man (Pentingnya daerah bagi manusia)
Bumi ini terbagi sebagai daerah-daerah yang bermacam-macam. Setiap wilayah mempunyai karakteristik masing-masing. Manusia dapat hidup serta berkembang menurut sumber daya yg ada pada daerahnya tadi. Peradaban Mesopotamia berkembang pesat lantaran wilayahnya berada pada antara Sungai Eufrat dan Tigris yg menyediakan kemudahan dalam hal transportasi dan hasil alam lain. Kota Bandung memiliki dataran pegunungan yang berguna untuk dijadikan pusat perkebunan dan wisata alam.

5. The importance of location in understanding world affairs (Pentingnya lokasi dalam rangka memahami suatu insiden)
Setiap lokasi di bumi ini punya sesuatu yg unik. Mengapa pada Indonesia banyak gunung barah sedangkan pada Inggris tidak terdapat?. Mengapa Tornado banyak terjadi pada Amerika Serikat?. Mengapa negara maju banyak berlokasi pada daerah iklim tinggi?.  Hal tadi adalah suatu hal yang unik dan wajib dianalisa lebih pada untuk mendalami suatu insiden. Setiap lokasi akan menaruh data dan liputan yang sanggup sama juga tidak selaras dan sebagai sumber warta dan pengetahuan bagi insan.

Itulah penerangan konsep geografi menurut Getrude Whipple. Bagi yg mau menambahkan silahkan ketik di komentar saja. Baca pula:Konsep Geografi Menurut IGI

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI