Kualitas Suhu Kecerahan dan Salinitas Air Laut

Laut adalah ekosistem terluas serta termisterius di bumi ini.
Sekitar 78% bagian atas bumi merupakan perairan termasuk laut. Ada beberapa aspek yg mempengaruhi kondisi air laut diantaranya Kualitas, Suhu, Kecerahan serta Salinitas Air Laut. Kita akan bahas satu per satu oke!.

Baca jua:

Kumpulan soal studi perkara geografi
Perbedaan batuan beku intrusif serta ekstrusif

a. Kualitas air laut
Kualitas air bahari dipengaruhi oleh konsentrasi bahan kimia terlarut pada air. Penurunan kualitas air laut ditimbulkan alamiah misalnya tingginya muatan tersuspensi karena erosi juga ulan insan seperti pencemaran air laut karena limbah industri, domestik atau tumpahan minyak.

b. Suhu air laut
Suhu atau temperatur air bahari di suatu tempat ditentukan sang besar kecilnya pemanasan sinar mentari menjadi faktor primer, letak lintang geografis, dan keadaan angin (manfaatnya bisa membawa uap air panas dan udara dingin di laut).

Contoh: Pada wilayah lintang pertengahan, suhu bagian atas air bahari berkisat antara lima - 18 derajat C sedangkan pada laut tropis mampu mencapai 30 derajat C. Panas matahari menembus air bahari hingga kedalaman 50 m. Air bahari bergerak dan mengkilap bisa berfungsi menjadi cermin yg memantulkan sinar matahari.

c. Kecerahan air laut
Kecerahan air laut diklaim juga rona air laut. Warna air bahari tergantung pada-zat organik juga anorganik yang ada pada bahari. Warna bahari terdiri dari beberapa macam serta beberapa faktor:
a. Laut berwarna biru lantaran disebabkan oleh sinar surya yang bergelombang pendek (biru) dipantulkan lebih poly dibandingkan sinar warna lain.
b. Laut berwarn akuning lantaran dasar bahari terdapat lumpur kuning hasil sedimen sungai.
c. Laut berwarna hijau lantaran adanya lumpur yg diendapkan dekat pantai yang memantulkan warna hijau yang berasal berdasarkan plankton pada jumlah akbar.
d. Laut berwarna putih lantaran bagian atas laut diselimuti es.
e. Laut berwarna ungu karena adanya organisme kecil yang mengeluarkan sinar fosfor.
f. Laut berwarna hitam karena dasar lautnya terdapat lumpur gelap.
g. Laut merah lantaran terdapat ganggang atau hewan warna merah pada dalamnya.

Baca jua:

Sumber daya alam pulau Jawa
Bioma sabana serta stepa pada dunia

d. Salinitas air laut
Salinitas air laut merupakan jumlah kadar garam air laut. Kadar garma air laut merupakan banyaknya garam (per gram) yg terdapat dalam 1 liter air laut. Garam bahari berasal berdasarkan hasil pelapukan daratan yang dibawa air sungai ke laut. Pada umumnya salinitas bahari memiliki kadar garam 33-37%. Untuk bahari dalam salinitas mampu mencapai 34-35%. Salinitas air laut di dunia homogen-homogen adalah 35%. Perubahan kadar garam di bahari nir akbar karena kecilnya penguapan bila dibandingkan dengan volume air bahari itu. Jumlah salinitas laut ditentukan sang:
1. Banyak sedikitnya air yg dari menurut gletser
2. Jumlah presipitasi
3. Jumlah evaporasi
4. Jumlah banyak sedikitnya sungai yg bermuara

Laut dengan salinitas tertinggi merupakan Laut Mati pada perbatasan Yordania serta Palestina. 

Baca jua:

Indonesia menjadi negara kepulauan
Fenomena el nino dan la lina itu kaya gimana?

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru