Latih Uji Kompetensi hal 29 Paket Sejarah Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2018

Latih Uji Kompetensi hal 29 Paket Sejarah Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2018

1.1. Tuliskan contoh perseteruan pada Indonesia yang berkait dengan vested interest, yang terjadi antara tahun 1948-1965, Jelaskan!
Jawab :
-Pemberontakan APRA, berkepentingan supaya eksistensi negara Pasundan dipertahankan sekaligus berakibat APRA sebagai tentara negara Federal di Jawa Barat.
-Andi Aziz bertujuan agar hanya KNIL yg dijadikan pasukan APRIS pada Negara Indonesia Timur.
-RMS ingin memisahkan diri menurut Indonesia dan ingin merubahnya dengan Republik Maluku Selatan
2.     dua.  Jelaskan Perbedaan Latar Belakang terjadinya pemberontakan DI/TII di Jawa Barat dengan DI/TII pada Aceh!
Jawab :
-Jawa Barat            : Lantaran keputusan Renville harus pindahnya pasukan RI berdasarkan wilayah-daerah yg dianggap dan diduduki Belanda ke daerah yg dikuasai RI. Kartosuwiryo menggunakan DI/TII nya nir mau mengakui pemerintah RI pada Jawa Barat serta ingin mendirikan negara Islam.
-Aceh          : Tahun 1950 pemerintah tetapkan wilayah Aceh sebagai bagian berdasarkan provinsi Sumatra Utara. Bagi Persatuan Ulama Seluruh Aceh, pemerintah terlihat tidak menghargai warga Aceh sehingga Daud Beureuh menyatakan Aceh sebagai bagian berdasarkan Negara Islam Indonesia.
3.    tiga.   Jelaskan, mengapa sebagian pasukan KNIL nir mau bergabung ke pada APRIS sinkron dengan keputusan yang diambil dalam negosiasi KMB!
Jawab :
Karena KNIL tidak mau dibubarkan jiga bergabung dengam APRIS, tentara-tentara KNIL sudah dididik sang ideologi yg diterapkan Belanda, dan meras nir puas terhadap APRIS
4.    4.   Tuliskan pendapat engkau tentang persamaan atau disparitas antara latar belakang terjadinya aneka pemberontakan pada periode 1948-1965, menggunakan beberapa pertarungan pusat-wilayah dalam masa sekarang!
Jawab :
Persamaan       : pemberontakan dalam periode 1948-1965 menggunakan masa kini merupakan sama-sama berkaitan menggunakan ideologi, kepentingan serta sistem pemerintahan.
Perbedaan       : dalam masa kini lebih mengacu pada demo yg melibatkan masyarakat dengan jumlah yg besar .
5.   5.    Tuliskan 5 (5) pesan tersirat yg mampu diambil dari pergolakan yg pernah terjadi di Indonesia dalam periode 1948-1965!
Jawab :
-Pembentukan tentara yg lebih professional
-Kenailah sejarah bangsa sendiri
-Tidak memperturutkan hawa nafsu
-Musyawarah serta saling menghargai pendapat orang lain
-Tidak gampang terpengaruh menggunakan ajakan-ajakan sesat.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI