Letak Astronomis dan Letak Geografis Indonesia Terbaru

Letak Astronomis serta Geografis Indonesia - Dalam pelajaran pengetahuan sosial niscaya telah dijelaskan mengenai letak astronomis dan letak geografis Indonesia. Letak tadi berfungsi buat mengetahui suatu tempat dari garis lintang juga garis bujur. Garis bujur ialah suatu garis imajiner yg dibentuk secara vertical atau membujur sang para ilmuan. Sedangkan garis lintang ialah artinya sebuah garis imajiner yg dibentuk secara melintangi bumi secara horizontal buat mengetahui suatu wilayah. Garis tadi dibentuk oleh para ilmuan. Kedua garis tersebut dapat dibagi lagi menjadi 2. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak di bawah ini lantaran pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang letak astronomis Indonesia serta letak geografis Indonesia.
Sejatinya buat menemukan letak astronomis serta geografis indonesia kita dapat memperhatikan peta global (atlas) ataupun globe yang umumnya telah menggunakan garis lintang serta garis bujur sebagai media bantuan menentukan letak astronomis dan geografis Indonesia.
baca pula: Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan
Dalam artikel kali ini kita akan mempelajari lebih lanjut mengenai letak astronomis indonesia dan letak geografis indonesia dan pengaruhnya buat kehidupan masyarakat indonesia. Untuk detail silahkan simak penerangan pada bawah ini menggunakan akurat.

Letak Astronomis serta Letak Geografis Indonesia

Garis lintang bisa dibagi sebagai 2 yaitu garis lintang utara dan garis lintang selatan. Sedangkan garis bujur pula bisa dibagi dua yaitu garis bujur timur dan garis bujur barat. Garis lintang utara serta selatan tersebut dibatasi oleh sebuah garis yg bernama garis khatulistiwa atau garis ekuator. Sedangkan garis bujur barat dan timur dibatasi oleh garis Greenwich Mean Time atau GMT. Garis lintang serta bujur ini dapat digunakan buat mengetahui letak astronomis Indonesia dan letak geografis Indonesia. Dengan memakai garis bujur anda dapat mengetahui bumi itu bulat sebagai akibatnya saat berlayar akan mengetahui jalan pulang. Cara kerja garis bujur ini ialah melingkari bumi menurut arah timur kebarat, kemudian pulang ketimur lagi. Sedangkan garis lintang memiliki garis khayal yang dapat menghubungkan kutub utara dengan kutub selatan.

Letak Astronomis Indonesia

Berdasarkan pemantauan berdasarkan luar angkasa menunjukkan bahwa bentuk bumi bundar dengan sedikit condong ke satu arah seperti orang sedang rukuk kearah mentari . Negara Indonesia terletak disebelah timur sehingga dapat mengakibatkan musim kemarau sepanjang tahun. Pergantian cuaca dinegara Indonesai terjadi dalam waktu eksklusif. Letak astronomis Indonesia berada pada lintang utara 6 derajat serta lintang selatan 11 derajat dan bujur timurnya 95 derajat serta bujur baratnya 141 derajat. Indonesia mempunyai garis khatulistiwa menggunakan akbar garis lintang 0 derajat. Apabila dipandang berdasarkan globe, negara Indonesia memang terletak disebelah timur. Hal tadi mengakibatkan Indonesia beriklim tropis karena disinari surya secara eksklusif.
Berdasarkan letak astronomis Indonesia yg dibatasi garis ekuator ini menciptakan negara kita memiliki 2 animo yaitu ekspresi dominan kering dan demam isu hujan. Negara Indonesia memiliki asal daya alam yang melimpah serta keberagaman tanaman serta faunanya jua banyak. Selain itu Indonesia jua mempunyai taraf kesuburan tanah yg cantik lantaran kadar kelembapannya jua seimbang. Letak astronomis Indonesia pula mempengaruhi beberapa bidang pekerjaan seperti penerbangan pesawat. Hal tadi sangat menghipnotis penerbangan pesawat buat menentukan lokasi. Adapula efek lainnya yaitu:
Pembagian daerah ketika menurut letak astronomis dan letak geografis indonesia
Letak astronomis Indonesia pula bisa mengakibatkan beberapa daerah mengalami disparitas ketika. Perbedaan ketika yg terjadi bisa dibagi lagi sebagai tiga jenis. Jenis perbedaan saat Indonesia meliputi waktu Indonesia bagian tengah atau WITA, ketika Indonesia bagian barat atau WIB, dan waktu Indonesia bagian timur atau WIT. Untuk wilayah yg berada dibagian tengah serta bagian barat mempunyai pergeseran garis lintang sebesar 15 derajat. Namun untuk wilayah bagian timur dan bagian tengah jua mempunyai pergeseran daerah sebesar 15 derajat.
Berdasarkan letak astronomis Indonesia tadi dapat diketahui bahwa besar 15 derajat ini hampir sama dengan disparitas waktu satu jam disetiap wilayah. Maka menurut itu buat wilayah bagian tengah menggunakan bagian barat mempunyai perbedaan waktu satu jam. Contohnya daerah barat menunjukkan pukul 09.00 maka bagian tengah menunjukkan pukul 10.00. Untuk perbedaan ketika diwilayah timur menggunakan tengah juga tidak sama satu jam.
Bagian Timur Beriklim Tropis
Menurut letak astronomis Indonesia juga menerangkan bahwa negara ini memiliki iklim tropis. Dengan begitu Indonesian jua memiliki dua demam isu yaitu isu terkini hujan dan musim kering. Wilayah bagian timur Indonesia mendapatkan penyinaran surya secara langsung sehinga tingkat kelembapan udaranya seimbang. Diwilayah tersebutlah poly sekali jenis hewan serta tanaman . Wilayah ini jua bisa membuat tanaman dan hewan dengan mudah tumbuh dan berkembangbiak. Negara Inndonesai pula terletak diantara wilayah peralihan Asia juga Australia. Hal tadi membuat daerah Indonesia mempunyai keberagaman fauna yg berjenis Australia maupun Asia. Adapula jenis fauna yang termasuk pencampuran jenis Australia dengan Asia.

Letak Geografis Indonesia

Setelah membahas mengenai letak astronomis kemudian aku akan membahas tentang letak geografis Indonesia. Indonesia dibatasi sang letak geografis yg mempunyai beberapa negara menggunakan taraf keadaan alamnya yang berbeda. Negara Indonesia jua dibatasi oleh samudra Pasifik juga samudra Hindia. Bedasarkan penglihatan berdasarkan luar angkasa maupun globe. Indonesia terletak diposisi silang antara benua Asia menggunakan benua Australia. Dikarenakan negara ini mempunyai letak yg strategis membuat Indonesia sebagai sentra perdaganagn dunia. Negara yg hendak menuju Australia memang wajib melewati jalur laut dri Eropa juga Asia Barat. Maka dari itu Indonesia mempunyai keuntungan dibidang perdagangan global.
Letak geografis Indonesia lebih strategis dibandingkan letak negara lain yaitu terletak diantara 2 jalur pegunungan yg tergolong muda diseluruh global. Pegunungan yg terletak dibagian timur adalah gunung Sirkum Pasifik dan pegunungan yang terletak dibagian barat artinya gunung Mediterania. Hal tadi mengakibatkan negara Indonesia mempunyai beberapa gunung berapi yg masih aktif serta memiliki gunung gunung yg tinggi. Pegunungan yg terletak dinegara Indonesia ini menjadi penyebab rawannya gempa vulkanik yang acapkali tejadi pada wilayah ini.
Letak geografis Indonesia jua bisa berdampak pada kehidupan makhluk hidup yg terdapat dibumi ini. Pengaruh letak geografis ini menyebabkan Indonesia mengalami pergantian demam isu sebagai akibatnya makhluk hidup yg bergantung kepada cuaca tadi akan terganggu. Dibawah ini masih ada beberapa impak yg disebabkan sang letak geografis Indonesia:
Mempengaruhi Pergantian Musim
Letak geografis Indonesia mengakibatkan terjadinya perubahan 2 musim yaitu demam isu kemarau dengan isu terkini hujan. Perubahan musim tersebut mengakibatan adanya angin muson. Saat Indonesia mengalami pergantian ekspresi dominan berdasarkan kering menjadi hujan atau sebaliknya maka angin muson tersebut akan bertiup selama 6 bulan sekali. Di Indonesia terdapatt dua jenis angin muson yaitu angin muson barat serta angin muson timur. Angin muson barat umumnya terjadi dalam Oktober hingga April. Daerah yg terletak dibagian utara akan mempunyai tekanan udara yg tinggi sehingga akan mengakibatkan trend penghujan. Sedangkan angin muson timur terjadi dalam April hingga Oktober. Hal tersebut akan menyebabkan daerah selatan mengalami tekanan udara yg tinggi sebagai akibatnya akan menyebabkan ekspresi dominan kering.
Menyebabkan Kelembapan Udara Tinggi
Letak geografis Indonesia juga menyebabkan kelembapan udaranya sebagai tinggi. Negara Indonesia memang mempunyai suhu udara yg relatif stabil sebagai akibatnya ketika musim hujan nir terlalu dingin dan ketika ekspresi dominan kemarau nir terlalu panas.

Demikianlah penerangan mengenai letak astronomis Indonesia dan letak geografis Indonesia. Dalam dasarnya materi letak astronomis serta geografis Indonesia ini sangat mudah buat dipelajari karena secara pribadi bisa kita temukan pada materi geografi di sekolah. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI