Macam Macam Alat Ukur Fisika Beserta Fungsi Lengkap Terbaru

Macam Macam Alat Ukur Fisika Beserta Fungsi Lengkap - Kegiatan yg kita lakukan setiap hari selalu berhubungan dengan ukuran dan massa sebuah benda. Untuk mengetahui berukuran tersebut, kita tidak dapat mengandalkan feeling atau perkiraan saja. Tentunya kita membutuhkan indera spesifik agar hasilnya lebih kentara serta seksama. Dijaman yg terkini sekaran ini, banyak sekali macam macam indera ukur menggunakan fungsinya masing masing. Fungsi alat ukur yang satu dengan yg lainnya berbeda beda lantaran tingkat akurasinya pula tidak selaras. Alat ukur inilah yg sering dipakai peneliti atau rakyat luas buat mengetahui massa dan berukuran suatu benda.
Dalam kehidupan sehari hari kita seringkali menjumpai beberapa macam alat ukur. Misalnya penggaris yang digunakan buat mengukur panjang meja, timbangan berat badan yang digunakan buat mengukur berat tubuh seorang, dan masih poly lagi. Tentunya berukuran ukuran tersebut tidak dapat diketahui bila mengandalkan perkiraan kita saja. Nah dalam kesempatan kali ini aku akan membagikan beberapa macam alat ukur dan fungsi indera ukurnya lengkap. Langsung saja bisa anda simak pada bawah ini.

Macam Macam Alat Ukur Fisika Beserta Fungsi Lengkap

Ukuran sebuah benda nir hanya meliputi panjang dan lebar, namun adapula berat atau massa, tegangan sebuah benda serta lain lain.  Maka dari itu ada beberapa macam indera ukur yang memiliki manfaatnya masing masing. Berikut penjelasan macam macam indera ukur bersama fungsi indera ukurnya.
Baca pula : Cara Membuat Magnet Dengan Induksi, Digosok serta Elektromagnetik Lengkap

Mikrometer Sekrup

Macam alat ukur yang pertama ialah mikrometer sekrup. Mikrometer sekrup merupakan alat yg berfungsi buat mengukur diameter atau ketebalan sebuah benda. Contohnya diameter kawat besi, ketebalan papan tulis, dan lain sebagainya. Penggunaan berdasarkan mikrometer sekrup ini cukup gampang yaitu dengan membuka penguncinya. Untuk membuka rahang mikromater sekrup hanya cukup memutar skala putar ke arah kiri hingga benda masuk dan pas dirahangnya. Setelah itu rapatkan rahang mikrometer sekrup supaya membentuk ukuran yg sesuai.

Mistar Baja

Macam alat ukur selanjutnya ialah mistar baja. Mistar baja artinya alat yang berfungsi buat mengukur dimensi  lebar, panjang, ataupun tebal menurut sebuah benda. Mistar baja ini memiliki ketelitian lebih kurang 0,lima  mm. Penggunaan dari alat ukur ini cukup gampang yaitu dengan meletakkan ujung benda dalam ujung mistar baja atau dalam titik nol mistar baja. Setelah itu kita dapat melihat ukuran atau dimensi benda tadi.

Voltmeter

Macam indera ukur selanjutnya adalah voltmeter. Voltmeter artinya alat yang berfungsi buat mengukur tegangan listrik. Alat ini banyak berguna buat mengukur tegangan listrik/aki pada motor ataupun kendaraan beroda empat.

Amperemeter

Macam alat ukur selanjutnya ialah amperemeter. Amperemeter merupakan alat yg berfungsi buat mengukur bertenaga arus listrik. Alat ukur ini poly bermanfaat buat mengukur arus listrik dalam alat elekrtonik. Amperemeter banyak kita jumpai pada alat yg bernama multitester. Hal ini dikarenakan multitester bermanfaat buat mengukur voltmeter, amperemeter serta ohmmeter.
Baca pula : Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan serta Contoh Soalnya

Ohmmeter

Macam alat ukur selanjutnya merupakan ohmmeter. Ohmmeter merupakan indera yg berfungsi buat mengukur hambatan listrik sebuah benda. Hambatan listrk ini termasuk sebuah daya yang berguna buat pelawan arus listrik dalam konduktor. Ohmmeter bisa dijumpai dalam Galvanometer karena berguna buat mengetahui besarnya kalibrasi arus listrik yang diubah sebagai satuan ohm.

Thermometer

Macam alat ukur selanjutnya ialah thermometer. Thermometer artinya indera yang berfungsi buat mengukur suhu (air serta udara). Thermometer memiliki satuan celcius. Kemudian thermometer pula poly dimanfaatkan sang peneliti atau dokter untuk mengukur suhu tubuh seorang.

Barometer

Macam alat ukur selanjutnya merupakan barometer. Barometer merupakan alat yang berfungsi buat mengukur tekanan udara. Barometer memiliki satuan yaitu MB. Alat ini tergolong peralatan meterology golongan non recording. Maka dari itu penggunaannya wajib tepat serta pembacaannya diwaktu eksklusif saja. Hal ini dilakukan buat memperoleh data yg sesuai cita-cita.

Stopwatch

Macam indera ukur selanjutnya merupakan stopwatch. Stopwatch merupakan indera yang berfungsi untuk mengukur waktu. Misalnya ketika yg diperoleh seorang pelari dalam jeda eksklusif. Maka menurut itu buat mengetahuinya dibutuhkan alat bernama stopwatch. Tidak heran apabila stopwatch banyak digunakan dalam perlombaan perlombaan. Penggunaan dari alat ukur tersebut relatif gampang yaitu hanya menekan tombol start, stop serta reset. Start bermanfaat buat memulai menghitung waktu. Stop bermanfaat buat menghentikan perhitungan saat. Sedangkan reset bermanfaat buat mengatur ulang perhitungan seperti semula atau dari awal lagi.

Jangka Sorong

Macam alat ukur selanjutnya merupakan jangka sorong. Jangka sorong adalah alat yg berfungsi buat mengukur ketebalan dan panjang sebuah benda. Tingkat ketelitian berdasarkan jangka sorong ialah 0,1 mm. Penggunaan dari indera ini relatif gampang yaitu mengapit benda tadi. Misalnya pengukur ketebalan pipa serta lain lain.
Baca pula : Bunyi serta Rumus Hukum Hooke Beserta Contoh Soal

Speedometer

Macam indera ukur selanjutnya merupakan speedometer. Speedometer adalah alat yang berfungsi buat mengukur kecepatan. Alat ini banyak terdapat dikendaraan darat. Bahkan kita tak jarang menjumpainya dalam motor atau mobil. Speedometer memiliki cara kerja yang sederhana karena penggunaannya bergantung pada kabel roda depan (buat transisi) serta kabel yang berputar waktu berkecimpung. Gerakan yang dilakukan inilah lalu diubah menjadi besar kecepatan pada speedometer.

Manometer

Macam alat ukur selanjutnya adalah manometer. Manometer ialah alat yg berfungsi buat mengukur tekanan udara dalam ruangan tertutup. Misalnya penggunaan manometer pada mengukur tekanan ban serta sebagainya. Alat ini bermanfaat buat mengetahui tekanan yang masih ada diantara dua titik saluran udara atau gas serta bisa digunakan untuk mengetahui kecepatan genre pada persamaan Bernoulli.

Hygrometer

Macam indera ukur selanjutnya artinya hygrometer. Hygrometer ialah alat yang berfungsi buat mengukur kelembapan sebuah tempat. Penggunaan hygrometer relatif simple yaitu hanya relatif meletakkannya didalam penyimpanan barang. Contohnya box buat menyimpan kamera. Dengan meletakkan hygrometer didalamnya maka anda bisa mengetahui tingkat kelembapan udara didalamnya. Hal ini dapat mencegah tumbuhnya jamur didalam box tersebut.

Densitometer

Macam indera ukur yang terakhir adalah densitometer. Densitometer ialah alat yang berfungsi untuk mengukur kerapatan zat cair secara eksklusif. Penggunakan densitometer cukup mudah yaitu memasukkannya ke dalama zat yang ingin diukur. Usahakan densitometer tidak sampai menyentuh dasar wadah dalam zat tersebut. Apabila densitometer menyentuh dinding wadahnya maka anda wajib memutar indera tadi hingga posisinya berada ditengah.

Demikianlah macam macam alat ukur Fisika bersama manfaatnya yang dapat saya jelaskan. Untuk mengukur berat, tekanan, panjang ataupun lebar sebuah benda diperlukan alat spesifik yang sesuai fungsinya. Hal ini dikarenakan perhitungan sebuah ukuran benda nir dapat dipengaruhi menggunakan mengandalkan perkiraan saja. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru