Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya Terbaru

Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya - Daun merupakan bagian berdasarkan tanaman yg masih ada pada batang ataupun ranting. Daun umumnya berwarna hijau lantaran didalamnya masih ada kandungan krorofil. Bagian tumbuhan ini jua menyerap sinar mentari buat melakukan proses fotosintesis atau pembuatan makanannya sendiri. Hampir seluruh tanaman mempunyai daun yang  bermanfaat sebagai tempat pembuatan makanan. Namun nir semua bentuk tulang daun pada tumbuhan sama. Setiap tumbuhan memiliki macam macam bentuk tulang daunnya sendiri. Hal ini dikarenakan struktur dan susunan setiap tumbuhan tidak sama.
Seperti yang kita tahu bahwa dalam daun masih ada zat klorofil yg dipakai sebagai bahan dasar dalam proses fotosintesis. Selain itu adapula bahan lain yaitu air (H2O), gas Karbon Dioksida (CO2) serta cahaya mentari . Kemudian bahan bahan tersebut diubah sebagai Gula serta gas Oksigen (O2). Proses perubahan seyawa inilah yang dinamakan fotosintesis. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang macam macam bentuk tulang daun bersama misalnya. Untuk detail bisa anda simak di bawah ini.

Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya

Dalam tanaman terdapat beberapa jenis daun yang dikategorikan sebagai daun lengkap dan daun tidak lengkap. Daun lengkap merupakan jenis daun yang terdiri menurut tangkai daun, helaian daun dan pelepah daun. Misalnya flora pisang serta bambu. Sedangkan untuk jenis daun yg tidak lengkap merupakan jenis daun yg nir memiliki bagian bagian yg lengkap. Tetapi seluruh itu ditunjang menggunakan berbagai macam bentuk tulang daun yg masih ada didalamnya.
Baca pula : Bentuk Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan
Sebelum membahas tentang macam macam bentuk tulang daun dan contohnya, aku akan membahas tentang fungsi daun secara generik bagi tanaman . Berikut fungsinya:
  1. Untuk tampat fotosintesis (proses pembuatan kuliner sendiri).
  2. Alat pernapasan tanaman melalui verbal daun (stomata) yang terletak dibagian permukaan daun.
  3. Tempat terjadinya penguapan air, bila kandungan air dalam tanaman terlalu banyak.

Macam Macam Bentuk Tulang Daun
Berikut penjelasan mengenai macam macam bentuk tulang daun beserta misalnya:
Baca pula : Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya
Tulang Daun Menyirip
Bentuk tulang daun yang pertama adalah tulang daun menyirip. Bentuk tulang daun ini memiliki struktur daun misalnya sirip ikan. Contohnya daun jambu, daun mangga, dan daun nangka.

Tulang Daun Menjari
Bentuk tulang daun selanjutnya merupakan tulang daun menjari. Bentuk tulang daun ini mempunyai struktur daun misalnya jari tangan. Contohnya daun pepaya serta daun jeda.

Tulang Daun Melengkung
Bentuk tulang daun selanjutnya merupakan tulang daun melengkung. Bentuk tulang daun ini mempunyai struktur daun seperti garis melengkung. Contohnya daun sirih dan daun genjer.

Tulang Daun Sejajar
Bentuk tulang daun selanjutnya ialah tulang daun sejajar. Bentuk tulang daun ini memiliki struktur daun misalnya garis lurus sejajar. Contohnya rumput teki, alang alang dan flora tebu.

Demikianlah penjelasan tentang macam macam bentuk tulang daun bersama model tanamannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru