Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya Terbaru

Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya - Bulan adalah satelit alam terbesar yg dimiliki sang bumi. Keberadaan bulan selalu mengelilingi bumi. Setiap planet pada Tata Surya memiliki satelitnya masing masing. Bahkan adapula planet yg mempunyai satelit alam lebih berdasarkan satu. Tetapi untuk planet bumi hanya memiliki satu jenis satelit alam yaitu Bulan. Satelit tadi bisa dibagi sebagai macam macam eklips bulan. Setiap jenis memiliki proses terjadinya eklips bulan yg tidak sama beda. Hal ini dikarenakan posisi bumi, bulan serta mentari juga tidak selaras. Bulan bisa dikatakan menjadi sumber cahaya dimalam hari. Meskipun bulan tidak dapat memancarkan cahayanya sendiri, namun bulan dapat memantulkan cahaya surya.
Bulan memiliki fase atau bentuknya sendiri, maka menurut itu bentuk bulan selalu berubah ubah. Bulan mempunyai fase yg tidak selaras beda karena faktor jeda serta posisi bulan yg tidak selaras juga. Bulan mengelilingi bumi selama 30 hari serta dapat diklaim sebagai 1 bulan. Lalu apa saja macam gerhana bulan itu? Bagaimana proses terjadinya? Kali ini saya akan membahas tentang macam macam eklips bulan bersama proses terjadinya eklips bulan. Untuk detail dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya

Gerhana Bulan ialah insiden dimana bulan, bumi dan surya berada di satu garis lurus. Maka dari itu bumi akan membentuk bayangan yg akan menutupi seluruh atau sebagian bulan. Selain itu bumi pula menghalangi sinar matahari buat hingga ke bulan. Ada beberapa pendapat bahwa proses terjadinya eklips bulan lebih seringkali daripada proses terjadinya eklips matahari. Namun pendapat tadi keliru. Gerhana mentari terjadi sebesar 238 kali setiap abad, sedangkan Gerhana Bulan terjadi sebanyak 154 kali setiap abad. Macam macam gerhana bulan dengan macam macam gerhana mentari sangatlah tidak sinkron. Kita lebih seringkali mengamati gerhana bulan setiap malam hari, hal ini dikarenakan eklips bulan berlangsung lebih lama daripada gerhana surya.
Baca pula : Jenis Jenis Fase Bulan Beserta Pergerakannya
Dibawah ini terdapat proses terjadinya gerhana bulan secara generik, yaitu:
  1. Bulan yg awalnya bersinar terang lalu sedikit demi sedikit tertutup sang bayangan dan berubah sebagai hitam. Bayangan hitam tersebut asal berdasarkan bumi. 
  2. Bulan akan tertutup bayangan semakin usang semakin poly hingga terlihat sebagian saja serta akan berbentuk misalnya sabit.
  3. Setelah bulan berbentuk sabit, lalu bulan akan sepenuhnya hilang karena tertutup oleh bayangan bumi. Saat itulah kita nir melihat bulan sama sekali, misalnya bulan seakan akan hilang.
  4. Lalu bulan akan terlihat balik misalnya semula dititik awal kita melihatnya pertama kali. Penampakan bulan secara penuh dimulai saat bentuknya sabit terlebih dahulu kemudian akan terlihat sebagian. Setelah bulan berbentuk sebagian, kemudian akan berubah bentuk menjadi bulan utuh.

Macam Macam Gerhana Bulan

Macam macam gerhana bulan dapat dibagi menjadi 3 yaitu eklips bulan total, gerhana bulan sebagian dan eklips bulan penumbra. Berikut penerangan mengenai masing masing gerhana bulan tadi:

Gerhana Bulan Total
Macam eklips bulan yang pertama ialah eklips bulan total. Proses terjadinya eklips bulan total adalah saat bulan berada ditengah tengah daerah umbra. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat gambar dibawah ini:
Baca pula : Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya
Gerhana Bulan Sebagian
Macam gerhana bulan selanjutnya ialah gerhana bulan sebagian. Proses terjadinya eklips bulan sebagian merupakan ketika bulan terletak ditengah tengah umbra dan penumbra. Terdapat sebagian sinar yg sampai ke bagian atas bulan. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat gambar dibawah ini:

Gerhana Bulan Penumbra
Macam gerhana bulan selanjutnya adalah gerhana bulan penumbra. Proses terjadinya eklips bulan penumbra merupakan ketika bulan terletak didaerah penumbra. Bulan akan terlihat suram. Untuk detail bisa anda lihat gambar dibawah ini:

Ketika terjadinya gerhana bulan total, bulan akan tampak kemerahan karena berkaitan dengan atmosfer. Semakin merah warna bulan, maka semakin kuat jua tingkat polusi yg terjadi di atmosfer. Sebenarnya eklips bulan memiliki rona asli gelap. Tetapi karena atmosfer maka kita dapat melihat eklips bulan tadi. Atmosfer akan melakukan pembiasan cahaya surya serta akan membiaskan panjang gelombang yg awalnya berwarna biru berubah sebagai warna merah.

Demikianlah penjelasan tentang macam macam gerhana bulan beserta proses terjadinya gerhana bulan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI