Macam Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Terbaru

Simetri Lipat serta Simetri Putar Bangun Datar - Seperti yg sudah diajarkan dalam pembelajaran matematika bahwa setiap bangun datar mempunyai sifat dan ciri ciri yg berbeda antara satu bangun datar dengan yang lain. Baik simetri lipat serta simetri putar termasuk pada keliru satu sifat dalam bangun datar tersebut. Bahkan sifat dan macam simetri dalam bangun datar sendiri sudah sebagai materi yang umum kita jumpai di sekolah.
Terdapat banyak sekali jenis jenis bangun datar yang tentunya memiliki simetri lipat serta simetri putar yg tidak sama beda diantaranya adalah Persegi, Persegi Panjang, Segitiga sama kaki, Belah Ketupat, Jajar Genjang, Segitiga sama sisi, Segitiga siku-siku, Trapesium siku-siku, Trapesium sama kaki, Trapesium sembarang, Layang layang, serta Lingkaran. Setiap bangun datar tadi mempunyai simetri lipat dan simetri putar yg tidak sinkron satu sama lain yang pada dasarnya dapat kita identifikasi dengan menggunakan pemikiran atau akal semata.

Macam Simetri Lipat serta Simetri Putar Bangun Datar

Dalam artikel kali ini kita akan membahas materi tentang sifat bangun datar yakni simetri baik itu simetri lipat serta simetri putar yg terdapat pada seluruh bangun datar. Langsung saja kita simak materi kali ini. Perlu kita ingat bahwa terdapat bangun datar yg dengan kriteria dibawah ini:
  • Memiliki simetri putar serta simetri lipat.
  • Memiliki simetri putar dan nir memiliki simetri lipat.
  • Tidak memiliki simetri putar tetapi mempunyai simetri lipat.
  • Tidak memiliki simetri putar dan simetri lipat.

Simetri lipat bangun datar

Simetri lipat pada bangun datar dapat diartikan sebagai jumlah lipatan yang terdapat pada bangun datar yg bisa membagi bangun datar itu hingga 1/2 bagiannya menutupi 1/2 bagian bangun datar yang lainnya. Singkatnya garis yang sanggup membagi bangun datar sebagai dua buah serta kongruen disebut sumbu simetri. Tidak semua jenis bangun datar memiliki sumbu simetri lantaran terdapat beberapa bangun datar yg nir memiliki sumbu simetri bahkan mempunyai sumbu simetri yang nir terbatas.

Simetri putar bangun datar

Sebuah bangun datar dikatakan mempunyai simetri putar jika bangun datar tadi mempunyai ttik sentra yg apabila diputar kurang berdasarkan satu putaran  mampu menghasilkan bangun menggunakan bentuk yg semula. Jadi dapat disimpulkan simetri putar pada bangun datar merupakan banyaknya bayang bayang bangun yang sanggup didapatkan pada kurang menurut satu putaran.
Simetri putar serta simetri lipat persegi
Persegi adalah bangun datar yg bisa dikatakan fleksibel karena mempunyai 4 simetri lipat dan 4 simpetri putar. Jika kita lipat persegi tersebut maka akan masih ada 4 lipatan yg mampu menutupi bagian lain. Dan jika kita putar sebanyak 90 derajat maka akan menciptakan persegi juga.
Selain bangun persegi dalam dasarnya masih masih ada poly sekali bangun datar seperti segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga tak beraturan, jajar genjang, layang layang, belah ketupat, persegi panjang, bundar dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel pada bawah ini:
Itulah materi tentang Macam Simetri Lipat serta Simetri Putar Bangun Datar yang dapat saya sampaikan kali ini. Pada dasarnya selain memiliki simetri bangun datar juga memiliki sifat sifat dan ciri ciri yang akan kita bahas dalam artikel selanjutnya. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI