Madeira Portugese Pulau Kecil Tempat Lahir Cristiano Ronaldo

Mungkin poly orang belum tahu sebelumnya mengenai pulau yg satu ini yaitu Madeira. Ya, Madeira kini menjadi terkenal dan menjadi galat satu tujuan wisata global berkat putra daerahnya yaitu superstar Cristiano Ronaldo. Madeira merupakan sebuah pulau di bagian barat daya Portugal dan terletak pada Samudera Atlantik serta masuk dalam ajajaran Savage Islands. Pulau ini memiliki luas total 801 km persegi serta beribukota di Funchal. Total penduduk menurut sensus 2018 mencapai 267 ribu jiwa. Pulau lain pada sekitar Madeira diantaranya: Porto Santo serta Desertas.
Kepulauan Madeira secara geografis terletak 520 km dari pantai Afrika dan 1,000 km berdasarkan benua Eropa (daratan Portugal). Kenapa Madeira sanggup terpisah dari daratan Portugal?
Pulau Madeira adalah puncak berdasarkan gunung barah "Shield Volcano" menurut dasar lautan atlantik serta merupakan barisan pegunungan bawah bahari Tore Mountains. Pemekeran lantai lautan terjadi berdasarkan arah barat-timur dan memaksa magma muncul ke permukaan bahari sampai membuat pulau ini. Kemunculan pulau Madeira diperkirakan terjadi kurang lebih 5 juta tahun lalu ketika era Miosen serta terus berlangsung sampai era Pleistosen 700.000 ribu tahun lalu.

Bukti tersebut dikuatkan menurut adanya erosi meluas yg membentuk 2 amphiteater alam menunjuk ke selatan menurut pusat pulau. Aktivitas vulkanik pulau ini membuat kerucut scoria serta aliran lava dalam lapisan pulau terluar. Sedangkan aktivitas vulkanik modern 6.500 tahun kemudian membuat kerucut vulkanik (cincer cone) dan genre lava yg mengerak.total garis pantai Madeira mencapai 150 km dengan 90% berada dalam topografi pada atas 500 m. Deretan pegunungan menghiasi bagian tengah pulau ini dengan zenit tertinggi yaitu Pico Ruivo (1.862 m). 
Endapan vulkanik purba pada pegunungan tengah memunculkan beberapa zenit yaitu Ruvio (1862 m), Torres (1851 m), Arieiro (1818 m), Cidrao (1802 m), Cedro (1759 m), Casado (1725 m), Grande (1657 m), Ferreiro (1582 m). Di akhir fase erupsi purba ini, pulau karang terbentuk di sekelilingnya. 

Madeira secara generik mempunyai iklim menggunakan tipe Mediteran (Klasifikasi Koppen). Berdasarkan intensitas sinar matahari, kelembaban, suhu tahunan, terdapat disparitas kentara antara wilayah selatan dan utara menurut pulau ini. Iklim mikro lain terbentuk pada aneka macam lokasi misalnya iklim basah lembab di pegunungan sampai iklim gurun kemarau di Selvagens Island. Madeira sangat dipengaruhi oleh arus Gulf Stream, menaruh suhu yang hangat sepanjang tahun. Suhu rata-rata tahunan pada Madeira mencapai 19,6 derajat C. Sedangkan curah hujan mencapai icnhi pertahun menggunakan bulan terbasah dalam Oktober dan April.

Madeira mempunyai keanekaragaman hayati yg relatif banyak dan jenis spesies flora yg ada mempunyai keterkaitan dengan tumbuhan daerah Mediteran, Afrika, Amerika dan Australia. Jenis fauna juga relatif beragam serta paling banyak adalah invertebrarta seperti kupu-kupu sedangkan jenis vertebrata antara lain kelelawar, kadal dan berbagai jenis burung. Tarantula terbesar di Eropa jua terdapat di Desertas Islands Madeira. Madeira juga punya lebih menurut 250 spesies moluska serta beberapa jenis memiliki cangkang serta warna yang unik serta endemik. Karena wilayahnya yang merupakan pulau pada tengah lautan maka spesies burung pun poly terdapat pada sini seperti merpati Trocaz, Zono's petrel, Barolo dan Cory's.

Itulah sekilas tentang profil geografi Madeira Portugal. Bagi anda para traveler mungkin mampu mencoba berpetualang ke loka kelahiran oleh legenda sepakbola CR7 ini. Atau mungkin anda ingin coba menginap di hotel CR7 pada Madeira?.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru