Manfaat dan Khasiat Batu Bacan

Batu bacan adalah keliru satu jenis batu akik yang menjadi primadona pada kalangan akikers (pecinta batu akik). Ini nir terlepas berdasarkan kegunaan, manfaat dan khasiat batu bacan itu sendiri bagi si pemakai batu akik menggunakan jenis batu bacan. Entah sahih atau nir, mitos batu bacan berguna ini telah melekat pada benak rakyat. Khususnya pada bagian pulau jawa, kalimantan serta sulawesi. Soalnya beda-beda, bila wilayah sumatera bagian utara sampai aceh, mereka mengidolai batu giok aceh, atau bio solar atau indocrase aceh. Sementara berdasarkan seorang rekan, jika dibagian jawa, orang mengenakan cincin akik selain bacan mampu dianggap dukun. Artinya hanya jenis batu akik bacan ini saja yang mampu digolongkan kedala pure fashion. Artinya pemakainya sanggup siapa saja, mampu anak muda, tua, orang dewasa, pria belia dsb. 

Untuk mengetahui dan mempelajari kegunaan dan khasiat batu bacan, tentu kita wajib memahami dulu kandungan mineral apa yg terdapat pada bongkahan batu berwarna hijau kebiru-biruan belia ini. Dari sisi rona saja memang batu bacan telah menyuguhkan kualitas keindahan yg mumpuni. Warnanya unik, dibilang hijau nir, dibilang biru langit pun nir, pada bilang biru tua pun nir. Jadi apa dong. Itu beliau keunikan bacan.

bongkahan batu bacan

Batu bacan sejatinya bernama Chrysocolla Quartz atau Chrysocolla Chalcedony (nama ilmiah). Namun pada indonesia terkenal menggunakan sebutan batu bacan karena memang sumber asal primer batu ini adalah pada pulau bacan pada kepulauan Maluku. Kandungan komposisi batu Bacan didominasi mineral Kuarsa atau Kalsedon menggunakan kontaminasi mineral Krisokola

Batu bacan jua memiliki tamapilan yg seperti sekali dengan batu pirus hang dari berdasarkan timur tengah, iran persia dll. Oleh karenanya batu bacan jua diklaim oleh sebagian orang menjadi Turquoise atau Pirus. Tetapi disparitas mendasar menurut batu bacan dan batu pirus merupakan, bahwa bacan sama sekali tidak mengandung unsur fosfat sebgaimana batu pirus.

batu pirus memiliki stukrur rona mirip dengan batu bacan



Batu bacan jua dikenal menjadi batu hayati lantaran warnanya yang bisa berubah-ubah selesainya digunakan. Penyebab perubahan warna pada batu bacan ini adalah metamorfosa yaitu berubah warna serta juga serat batunya, lantaran oksidasi pada perubahan temperatur suhu.

Khasiat batu bacan

Perlu diketahui khasiat yg dipercaya rakyat ini adalah mitos belaka, ialah tidak terdapat pembutikan secara ilmiah serta sains bahwa batu bacan memiliki kegunaan demikian. Meski demikian akan aku jabarkan

1. Berkhasiat sebagai penglaris bisnis, pelancar bisnis (makanya pebisnis poly mengginakan batu bacan)
2. Memperkuat relasi 
3. Menambah daya tarik lawan jenis (pengasihan)
4. Menolak bala
5. Menolak penyakit
6. Menambah kewibawaan

dll macam khasiatnya, tergantung menurut agama si empunya bacan. Tetapi jikalau ditelisik secara ilmiah, kandungan bacan yg terdiri dari kalsedon dan krisokola sama sekali tidak akan menimbulkan reaksi apa-apa saat bersentuhan dengan kulit. So biasa aja.

Harga batu bacan beberapa tahun terakhir dikabarkan meingkat 10 kali lipat dibandingkan 10 tahun sebelumnya. Ini diperkirakan akan semakin terus semakin tinggi mengingat kini batu bacan ini semakin mempunyai multi fungsi sebagai semacam investasi misalnya emas. Beberapa tahun lagi diperkirakan harga batu bacan akan terus merangkak naik. Mungkin ini juga menjadi salah satu alasan kenapa orang orang getol megkoleksi batu bacan. Tentu selain lantaran faktor khasiat yg sudah dijabarkan diatas.

Sejarah populernya batu bacan

Sejak jaman kerajaan dulu memang batu bacan sudah populer karena keindahanya. Kerajaan pada maluku misalnya memakai permata bacan menjadi hiasan mahkota raja. Kemudian ketika soekarna berkunjung ke maluku para pejabat maluku waktu itu menghadiahkan bacan sebagai cidera mata yg kemudian dibentuk cincin oleh soekarno. Plus lalu SBY pun pernah memakain cincin akik bacan sampai harganya melambung dan populer pada dunia.

Jenis batu bacan secara umum ada 2, yakni batu bacan doko serta batu bacan palmea.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI