Masyarakat Madani Pengertian Karakteristik Unsur Syarat Ciriciri Masyarakat Madani Terbaru

Masyarakat Madani: Pengertian, Karakteristik, Unsur, Syarat, serta Ciri-karakteristik Masyarakat Madani - Pengertian warga madani secara umum merupakan sekelompok warga mudun yang menjunjung tinggi kebiasaan dan nilai nilai humanisme yang maju pada penggunaan teknologi serta ilu pengetahuan. Pencetus pertama rakyat madani adalah Anwar ibrahim yg kala itu menjabat menjadi perdana menteri Malaysia. Konsep warga madani sendiri pada dasarnya merujuk pada sistem sosial yg memiliki asas dan konsep mengklaim berlangsungnya kestabilan rakyat serta hak asasi insan.
Ciri-karakteristik serta karakteristik warga madani sendiri dapat kita lihat pada pola hidup rakyat itu sendiri. Jika sebuah kelompok warga hidup menggunakan menjunjung tinggi norma dan nilai kemanusiaan menurut ketaatan aturan maka gerombolan rakyat itu layak buat dianggap warga yg beradab serta madani.

Dalam bahasa inggris masyarakat madani pula disebut menjadi "Civil Society" yang dapat diartikan rakyat yg beradab yg membangun dan menjalani kehidupan sesuai menggunakan norma serta hukum yang berlaku. Materi mengenai warga madani umumnya dirangkum dalam bentuk makalah yang memuat pengertian masyarakat madani, karakteristik-karakteristik serta karakteristik rakyat madani, unsur unsur masrakat madani serta kondisi rakyat madani itu sendiri.
Pengertian, Karakteristik, Unsur, Syarat, Ciri-karakteristik Masyarakat Madani
dalam artikel kali ini kita akan membahas makalah tentang masyarakat madani yang nantinya akan kita pilah kedalam beberapa kategori yakni pengertian, ciri-ciri, unsur, syarat, dan ciri rakyat madani.

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli
Adapun pengertian rakyat madani dari para pakar ternama adalah sebagai berikut:
Thomas payne: Masyarakat madani merupakan sebuah wadah atau tempat buat berbagi kreativitas maupun kepribadian seorang menjadi lebih maju dan tanpa ada paksaan.
Nurcholish Madjid: Masyarakat madani merupakan sebuah implementasi menurut nilai moral dan anggaran aturan hukum yang terdapat didalam sebuah masyarakat yg dalam kekhalifahan umat islam pasca hijrahnya Nabi besar Muhammad SAW ke Madinah.
Rahardjo: Masyarakat madani adalah sebuah cerminan kehidupa masyarakat yg bekerja sama pada dalam membangun sebuah hubungan solidaritas serta sosial rakyat berdasarka dalam integrasi sosial.
Muhammad A.S Hikam: Masyarakat madani adalah warga yg mempunyai kehidupan sosial terorganisasi dengan baik. Terorganisasi disini bisa ditandai adanya sifat keswasembadaan, kesukarelaan, serta kemandirian kelompok rakyat dalam negara yg dilindungi nilai-nilai serta anggaran hukum yg berlaku.
PBB: Masyarakat madani merupakan kelompok masyarakat yg menjunjung tinggi norma dan nilai nilai demokrasi dan menghargai HAM yg dimiliki orang lain.
Ciri-karakteristik Masyarakat Madani
Dari pengertian serta definisi warga madani berdasarkan para ahli bisa ditarik konklusi bahwa karakteristik-ciri warga madani adalah menjadi berikut:

Terdapat Norma serta Nilai-nilai Sosial
Masyarakat dapat dikatakan madani jika mereka mengakui didalam hayati bermasyarakat masih ada nilai nilai kehidupan dengan cara menjunjung tinggi hak asasi manusia sebagai perwujudan nilai serta kebiasaan sosial.
Memiliki Peradaban Maju
Masyarakat madani merupakan sebuah kelompok warga yang memiliki peradaban yang relatif maju. Kemajuan peradaban tersebut dapat dibuktikan dengan adannya kemajuan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (Iptek) ketika ini.

Memberikan Ruang Pada Publik Dengan Bebas
Selain menjunjung tinggi norma serta nilai aturan. Masyarakat madani umumnya pula melakukan impelentasi atas prinsip demokrasi yang berlangsung. Salah satu bentuk demokrasi tersebut adalah menaruh ruang pada publik buat mengutarakan pendapatnya.
Kebebasan rakyat buat menyampaikan pendapatnya sudah diatur dalam Undang Undang Dasar 1945 bahwasanya setiap orang mempunyai hak yg sama pada menyerukan pendapat pada lingkup publik. Namun kebebasan berpendapat ini tidak boleh melanggar aturan serta huku yg berlaku yg berpotensi dapat menyebabkan perpecahan pada masyarakat.
Memiliki Supremasi Hukum
Supremasi aturan memiliki makna kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara merupakan hukum. Arti berdasarkan peryataan ini adalah keadilan serta kedaulatan dapat tercapai bila anggaran dan hukum menempati posisi tertinggi dalam sebuah pemerintahan. Hukum cenderung tidak akan memihak pada seseorang individu atau kelomppok namun lebih bersifat netral.
Terdapat Partisipasi Sosial
Partisipasi sosial pada dalam sebuah grup warga adalah keliru satu ciri-karakteristik terwujudnya masyarakat madani. Masyarakat yg terkesan aktif pada bersosialisasi tentunya memili imbas baik menuju masa depan dan perkembangan. Agar partisipasi sosial ini dapat beralan menggunakan baik maka rakyat harus mampuu menselaraskan antara hak serta kewajiban mereka.

Karakteristik Masyarakat Madani
Berdasarkan penuturan Bahmueller, Masyarakat Madani memiliki ciri menjadi berikut:
  1. Individu maupun grup yg terorganisasi pada sebuah kelompok sosial.
  2. Memiliki bentuk kekuasaan cara lain yang bisa mengakomodaasi kepentingan warga .
  3. Memiliki program pebangunan yg dibentuk serta ditujukan buat rakyat.
  4. Kepentingan individu serta warga ditampung dalam sebuah forum yg nantinya akan disampaikan pada pemerintahan.
  5. Berkembangnya kreativitas serta inovasi yang dimiliki masyarakat seiring dengan perkembangan jaman.
  6. Munculnnya kesetiaan dan rasa solidaritas sehingga masyarakat tersebut tidak hanya ementingkan diri sendiri.
  7. Kebebasan masyarakat dilindungi oleh aneka macam lembaga lembaga kemasyarakatan yang bertugas menampung aspirasi masyarakat.
Syarat Masyarakat Madani

Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum sebuah grup warga dapat dikatakan menjadi rakyat madani merupakan: 
  1. Berkembangnya Social capital dan Human capital yg aman, Sehingga terbentuk kemampuan buat melakukan tugas kehidupan serta terjalinnya rasa percaya antar kelompok.
  2. Tidak terjadi deskriminasi sosial dalam berbagai bidang terutama dalam pelayanan publik.
  3. Adanya hak, kesempatan, serta kemauan suatu lebaga atau swadaya warga terlibat di pada sebuah forum pengambilan keputusan guna tetapkan perubahan yang bersifat baik menuju peradaban yg lebih maju.
  4. Masyarakat bisa hidup dalam ksinambungan dan disparitas ras, suku, agama serta kebudayaan.
  5. Terdapat lembaga sosial serta pemerintahan yang produktif dan aktif.
  6. Adanya agunan, proteksi serta agama antara warga menggunakan pemerintahan.
Unsur-Unsur Masyarakat Madani
Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat madani nir terbentuk serta timbul menggunakan sendri namun masyarakat madani terbentuk menurut sebuah proses. Didalam proses terbentuknya rakyat madani tersebut masih ada banyak sekali unsur antara lain adalah:
  1. Adanya wilayah serta sarana publik yang luas buat mengemukakan pendapat.
  2. Terdapat Demokrasi (Ini adalah syarat serta unsur absolut berdasarkan terbentuknya masyarakat madani). 
  3. Masyarakat saling mempunyai rasa toleransi dan menghormati adanya perbedaan antar masyarakat.
  4. Dapat hayati saling berdampingan pada rakyat dalam keragaman umat beragama, norma istitiadat serta kebudayaan (Pluralisme).
  5. Dapat membedakan serta mengimplementasikan hak dan kewajiban secara seimbang.
Itulah artikel tentang makalah masyarakat madani: pengertian, ciri, unsur, kondisi, ciri-karakteristik masyarakat madani yg dapat aku sampaikan dalam kesempatan kali ini. Dari pernyataan dan materi diatas dapat disimpulkan bahwa Indonesia pada dasarnya bisa dikatakan telah memenuhi kondisi buat menjadi masyarakat madani lantaran rakyat Indnesia telah menjunjung tinggi nilai-nilai hukum yang berlaku.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru