Memahami 4 Prinsip Geografi

Geografi merupakan Ilmu yang memeriksa tentang wilayah dan variabel-variabel yg masih ada di dalamnya serta interaksinya. Setiap ilmu niscaya mempunyai prinsip tersendiri sebagai jati diri ilmu tersebut. Geografi juga memiliki prinsip yg wajib dipegang selama ini. Artinya waktu kamu belajar geografi maka engkau nir akan epas menurut prinsip tadi. Geografi memiliki 4 prinsip primer buat menjelaskan kenyataan yang terjadi di geosfer yaitu:
1. Prinsip Penyebaran (distribusi)
Setiap fenomena baik fisik maupun non fisik beredar secara nir merata pada semua permukaan bumi ini. Tugas ilmu geografi memberikan citra tentang penyebaran fenomena tersebut serta penyebab terjadinya. Contoh: penyebaran gunung barah pada Indonesia, penyebaran hewan australis, penyebaran wilayah terdampak gempa dan lainnya.
2. Prinsip Interelasi (Keterkaitan)
Suatu insiden/fenomena di permukaan bumi ini senantiasa memengaruhi terhadap suatu kenyataan lainnya. Satu peristiwa dapat mengakibatkan kejadian yang lainnya bahkan lebih. Contoh: gempa aceh mengakibatkan tsunami, erupsi merapi menyebabkan banjir lahar serta rusaknya ekosistem.
3. Prinsip Deskripsi
Ilmu Geografi wajib dapat menjelaskan/menggambarakan kenyataan yang terjadi pada geosfer pada bentuk penerangan deskripsi tulisan juga menggunakan bantuan peta, grafik, tabel, SIG.
4. Prinsip Korologi
Prinsip ini adalah adonan antara prinsip penyebaran, interelasi serta pelukisan sehingga menjadi suatu kesatuan yg utuh buat menyebutkan suatu kenyataan yg terjadi pada geosfer.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru