Memahami Pendekatan Kewilayahan Regional

Dalam geografi dikenal tiga pendekatan yaitu pendekatan keruangan, kelingkungan dan kewilayahan atau regional. Terus terperinci menurut ketiga pendekatan tersebut pendekatan ekologi atau kelingkungan adalah yang paling mudah didefinisikan serta dipahami.yang paling susah adalah memahami pendekatan keruangan serta kewilayahan atau regional. Di postingan ini aku akan coba mengungkapkan pendekatan regional. 

Pendekatan regional pada arti sempit merupakan memerhatikan ruang dengan segala kondisinya, sesudah melalui analisis mendalam diketahui masih ada ruang yang belum dimanfaatkan atau penggunaannya belum optimal, lalu dibuatlah perencanaan aktivitas apa yg usahakan diadakan dalam lokasi tersebut. Dari definisi tersebut diketahui bahwa target akhir dari pendekatan regional merupakan memilih aktivitas pada suatu lokasi. Pendekatan regional berdasarkan saya dalam hal ini lebih mengarah pada aktivitas ekonomi dan pengembangan pada masa depan.

Selain memerhatikan penggunaan ruang buat kegiatan produksi/jasa, pada pendekatan ini pula memprediksi arah konsentrasi aktivitas dan memperkirakan kebutuhan fasilitas buat masing-masing konsentrasi dan merencanakan jaringan-jaringan penghubung sehingga aneka macam konsentrasi aktivitas bisa dihubungkan secara efisien.


Analisis regional merupakan analisis atas penggunaan ruang waktu ini, analisis atas aktifitas yg akan mengganti penggunaan ruang dan perkiraan atas bentuk penggunaan ruang di masa yg akan datang. Pendekatan regional merupakan pendekatan yg memandang wilayah menjadi gugusan berdasarkan bagian-bagian daerah yang lebih kecil menggunakan potensi dan daya tariknya masing-masing.

Dalam analisis regional sangat perlu diperhatikan kemungkinan keluarnya proyek-proyek besar yang baru atau perluasan proyek yg telah terdapat serta kemudian mengantisipasi perubahan yang ditimbulkannya terhadap lingkungan maupun terhadap daerah tetangga di sekitarnya. Jadi pendekatan regional lebih menekankan dalam bagaimana potensi suatu daerah bisa dioptimalkan buat kesejahteraan wilayah itu sendiri. 

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI