Membedakan MacamMacam Alat Pemuas Kebutuhan

Kebutuhan atau needs manusia sangat poly sekali. Untuk memenuhi kebutuhan insan maka dibutuhkan aneka macam macam indera. Pada dasarnya manusia nir akan puas sampai dia dikuburkan tetapi terdapat beberapa kepuasan yg sanggup dia dapatkan selama pada dunia. Berikut penjelasannya:

a.macam-macam alat pemuas kebutuhan dari wujudnya
1)Barang konkret
Barang nyata adalah indera pemuas kebutuhan yang dapat diraba, ditinjau dan dirasakan. Contoh, minuman, makanan, tas, lemari, personal komputer , kitab , sandang dan lain-lain.
2)Barang abstrak
Barang abstrak merupakan indera pemuas kebutuhan yg nir dapat diraba, dilihat, tetapi dapat dirasakan. 
Contoh : jasa guru, jasa dokter, jasa sopir dan lain-lain.

b.macam-macam alat pemuas kebutuhan berdasarkan cara memperolehnya (kelangkaan)
1)Benda ekonomi
Barang atau benda ekonomi adalah alat pemuas kebutuhan yg jumlahnya terbatas, sebagai akibatnya cara memperolehnya diharapkan pengorbanan. Sebagian akbar barang yg kita butuhkan serta kita gunakan adalah adalah barang ekonomi, misalnya saja : kuliner, komputer, sepatu, pakaian, perumahan, serta lain sebagainya.
2)Barang bebas
Barang bebas merupakan indera pemuas kebutuhan yg telah disediakan oleh alam dan jumlahnya banyak sekali. Karena jumlahnya yang poly sekali maka buat memperolehnya tidak diharapkan usaha yg keras atau pengorbanan. Contoh barang bebas merupakan, udara, angin, dan sinar matahari, dll.
3)Barang ilith
Pengertian dari barang ilith merupakan alat pemuas kebutuhan yg jumlahnya sangat melimpah (hiperbola) serta pula bisa mengakibatkan suatu musibah atau bala alam. Misalnya, air saat terjadi banjir, api dalam saat terjadi kebakaran kebakaran dan lain sebagainya.

c.macam-macam alat pemuas kebutuhan berdasarkan tujuan penggunaanya
1)Barang konsumsi
Barang konsumsi adalah indera yg secara pribadi bisa dipakai buat memenuhi kebutuhan, sebagai akibatnya bisa dinikmati dan dirasakan keuntungannya tanpa harus melalui proses pengolahan.
Contoh, butir-buahan, pakaian, meja kursi, motor dan kendaraan beroda empat.
2)Barang produksi
Barang produksi merupakan alat pemuas kebutuhan yang nir secara pribadi dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan. Barang produksi dapat dipakai selesainya melalui proses pengolahan lebih lanjut atau setelah membentuk benda lain.
Contoh barang produksi misalnya gandum yg akan dibentuk menjadi roti, kain yg akan dibentuk sebagai pakaian dan lain sebagainya.

d.macam-macam indera pemuas kebutuhan dari hubungannya menggunakan barang lain (Fungsinya)
1)Barang pelengkap (komplementer)
Barang pelengkap adalah alat pemuas kebutuhan yang akan lebih berguna dan lebih bisa dirasakan manfaatnya apabila dipakai secara bersama-sama menggunakan barang yang lain. Dengan kata lain, barang pelengkap atau komplementer ini berfungsi buat melengkapi barang lain dalam penggunaan. 
Contoh, minyak tanah akan lebih bermanfaat jika kita pakai bersama dengan kompor serta kopi akan lebih bermanfaat bila dicampur dengan gula.
2)Barang pengganti (subtitusi)
Barang pengganti merupakan indera pemuas kebutuhan yang fungsinya bisa saling menggantikan. 
Contoh, jika nir ada angkot maka kita mampu naik taksi, jika tidak ada nasi maka kita mampu memakan sagu atau jagung dan bila tidak ada susu maka kita sanggup minum teh. Hal ini berarti fungsi taksi bisa menggantikan Angkutan Umum, sagu/jagung bisa menggantikan nasi dan teh bisa menggantikan susu.

e.macam-macam indera pemuas kebutuhan dari proses pembuatan
1)Barang mentah
Barang mentah adalah barang yang belum mengalami proses produksi, sebagai akibatnya barang ini belum siap buat digunakan. Barang mentah adalah bahan dasar buat menciptakan suatu barang. Contoh, output hutan (damar, rotan, dan kayu), output pertanian (padi, jagung dan kedelai), hasil perkebunan, output pertambangan (batu bara, dan timah).
2)Barang setengah jadi
Barang setengah jadi adalah barang yang telah mengalami proses produksi lebih lanjut, tetapi belum bisa dipakai lantaran prosesnya belum selesai. Contoh : tekstil dalam industri konveksi, kulit dalam industri sepatu serta tas, tempakau pada industri rokok serta lain sebagainya.
3)Barang jadi
Barang jadi merupakan barang yg telah melalui proses pengolahan sebagai akibatnya siap digunakan buat memenuhi kebutuhan. Contoh, pakaian, sepatu, tas, sepeda motor, komputer, televisi serta lain-lain.

f.macam-macam indera pemuas kebutuhan berdasarkan sifat atau segi jaminannya
1)Barang bergerak
Barang berkecimpung adalah barang yang umumnya bisa dipakai sebagai jamianan buat menerima kredit jangka pendek. 
Contoh : televisi, sepeda motor, mobil serta lain-lain.
2)Barang tak bergerak
Barang tak berkiprah adalah barang yg umumnya dapat dipakai sebagai jaminan buat memperoleh kredit jangka panjang. 
3)Contoh, tempat tinggal , tanah, serta lain-lain.

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI