Membuat Activity Diagram Menggunakan StarUML Menentukan Jarak Terpendek

Assalamu’alaikum..

Padapertemuan kali ini aku akan menciptakan Activity Diagram pada StarUML yangbertemakan “Menentukan Jarak TerpendekDari Rumah Saya Menuju Kampus E Gunadarma”.

Listing Program
Sekarang kita buat alurnya dengan memasukkan komponentersebut ke dalam lembar kerja StarUML secara lengkap, hingga seperti gambarpada OUTPUT.

Maksuddari gambar tersebut merupakan pertama saya mulai dari InitialState yg menandakan awal mula acara berjalan.

Kemudianbarulah kita mulai prosesnya, disini saya ingin menuju Gunadarma Kampus E, dalam gambar saya melewati Jln. Raya Citayam, selesainya saya melewati Jln. Raya Citayam, saya memiliki 2 pilihan jalan yg akanberujung ke Jln. Margonda, yaitu dalam Decission-nyasaya tuliskan “Jarak Terdekat 13 Km”.bila “Y” aku akan melewati jalanterdekat dengan jarak 13 Km dimana akan melewati Pasar CitayamStasiunCitayam serta akan melewati Jln.margonda.

Namunjika “T” maka tentunya jeda akan> 13 Km jauhnya yaitu melewati “PosPolisi CitayamJln. Pitara.namun sesudah melewati Jln. Pitaratersebut memiliki “Decission” lagiyang saya namakan “Alternatif TerdekatDari Jln. Pitara”.

DariJln. Pitara menuju Jln. Margonda, apabila sobat pilih “Y” maka akan melewati “Pasar Depok 1”yg pastinya akan lebih dekat dibandingkan, apabila memilih “T” maka sobat akan melewati Jln.bejiJln. Arif Rahman Hakim –barulah Jln. Margonda.

Jikasemua jalan yang dilewati menuju KampusE Gunadarma menuju jalan yg sama yaitu “Jln. Margonda”, maka kita gunakan “Synchronization”. Maka ketiga jalan yg bisa kita tempuh menujutujuan, akan hanya melewati 1 jalan, yaitu Jln.margonda.

Setelahitu kita melewati “Kelapa Dua –barulah sampai pada Kampus E Gunadarma”. Jika telah hingga ditujuan, maka alur tadi berhenti serta pada akhiri menggunakan“Final State”.

Logika Program
1. Terlebih dahulu instal aplikasi StarUML terlebih dahulu (apabila belumpunya) – Buka StarUML.

2. Setelah muncul tampilan StarUML, diawal kita pilih “empty project”. Lalu klik pilihan menu ModelAdd - Package.

3. Setelah itu masih di menu Model, klik Add Diagram – klik ActivityDiagram.
4. Lalu bila ingin memunculkan Toolbox, klik menu View – klik Toolbox danakan buncul Box sebelah kiri. Komponen yg akan saya gunakan pada pada ActivityDiagram antara lain : ActionState, InitialState, FinalState, Synchronization,Decision, Text serta Transition.

5. A. ActionState dipakai buat menuliskanstatement. 
  
B. InitialStatedigunakan sebagai tanda mulainya alur acara tadi. 

C. FinalStatedigunakan menjadi tanda akhir berdasarkan alur acara. 

D. Synchronizationdigunakan untuk menyatukan beberapa statement yg menuju ke arah yg samapada alur selanjutnya. 

E. Decisiondigunakan menjadi syarat percabangan, yang terdiri dari 2 pertanyaan yangbiasanya “Y” serta “T”. (ya serta tidak)

F. Lalu Transition digunakan menjadi arah / penunjuk menurut satu statement kestatement berikutnya.

G.serta Text digunakan buat member sebuah istilah istilah pada Decission atauyang lainnya . (klik AnnotationText) 

Output


Mugkintu saja yang sanggup aku bahas menciptakan ActivityDiagram pada Star UML yang bertemakan “MenentukanJarak Terpendek Dari Rumah Saya Menuju Kampus E Gunadarma”. Mohon maafapabila terdapat keliru kata yg kurangberkenan, semoga berguna.. Terima kasih.. ^^

Wassalamu’alaikum…
Download StarUML :  Disini atau Disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI