Membuat ASCII Membuat Kursor Bergerak ke Segala Arah Menggunakan Strawberry Prolog

Assalamu’alaikum…

DalamPembahasan kali ini, aku ingin memberikan sedikit pengetahuan mengenai Cara Membuat ASCII (Membuat Kursor Bergerakke Segala Arah) Menggunakan Strawberry Prolog. Disini aku akan memberikanListing Program, Dan Logika Programnya + Output-nya, oke deh langsung saja yadisimak.. :

1. Listing Program


?-
G_X1:=0,
G_X2:=G_X1,
G_Y1:=0,
G_Y2:=G_Y1,

P1:=0,
P2:=0,

window(_,_,win_func(),"FarisBerhasil ASCII",500,200,300,300).

win_func(key_down(39,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1+1), draw2.

win_func(key_down(37,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1-1), draw2.

win_func(key_down(38,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1-1), draw2.

win_func(key_down(40,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1+1), draw2.

win_func(paint):- draw.
draw:-
P1:=G_X1*3,
P2:=G_Y1*tiga,
ellipse(P1, P2, P1+10, P2+10).
draw2:-
update_window(_),
fail.

2. Logika Program

Setelahpada aku menaruh listing acara ASCII,sekarang saya coba menguraikan maksud dalam listing diatas, adapun pengertianperintah perintah yang ada pada listing, menjadi berikut ;

?-
G_X1:=0,
G_X2:=G_X1,
G_Y1:=0,
G_Y2:=G_Y1,

=> Perintah yg Di gunakan buat membuattitik koordinat serta pengisian variable pertama kali.

window(_,_,win_func(),"FarisBerhasil ASCII",500,200,300,300).

=> Perintah yang Digunakan buat membuatsebuah ventilasi output yang tampil pada Desktop. Saya memberi ukuran window300x300 dan jarak antara pinggir layar/desktop ke tampilan hasil padakoordinat 500 ke samping serta 200 ke bawah, serta saya beri nama dengan “Faris Berhasil ASCII”.

win_func(key_down(39,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1+1), draw2.

=>Perintahyang Digunakan buat menciptakan agar titik merah tersebut bisa digerakkan “ke kanan” menggunakan keyboard

win_func(key_down(37,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1-1), draw2.

=>Perintahyang Digunakan buat menciptakan agar titik merah tersebut bisa digerakkan “ke kiri” menggunakan keyboard

win_func(key_down(38,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1-1), draw2.

=>Perintahyang Digunakan buat menciptakan agar titik merah tersebut bisa digerakkan “ke atas” menggunakan keyboard

win_func(key_down(40,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1+1), draw2.

=>Perintahyang Digunakan buat menciptakan agar titik merah tersebut bisa digerakkan “ke bawah” menggunakan keyboard

win_func(paint):- draw.
draw:-
P1:=G_X1*3,
P2:=G_Y1*tiga,
ellipse(P1, P2, P1+10, P2+10).
draw2:-
update_window(_),
fail.

Perintah yang Digunakan buat menciptakan titik tersebutdapat bolong ditengah.

3. Output Program

Tampilan dalam saat pada RUN :



Laluketika sobat menggerakan titik merah tersebut dengan menekan tombol (arah) padakeyboard, maka titik merah tersebut akan berpindah pindah . Seperti gambardibawah :
(gambar setelah menekantombol arah)

Mungkin itu saja penerangan Mengenai Bagaimana Cara Membuat ASCII Menggunakan StrawberryProlog dari apa yg sudah saya pelajari pada Lab Tehnik InformatikaGunadarma Mata Kuliah PengantarKecerdasan Buatan, semoga berguna.. Terima kasih.. ^^



Wassalamu’alaikum..
Download Strawberry Prolog : Disini atau Disini 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI