Membuat dan Menggunakan Simbol Untuk Pembuatan Peta Tematik

Kalau kamu buka peta pasti akan banyak macam simbol bukan?. Pada dasarnya, peta terdiri atas simbol-simbol, baik berupa simbol titik, garis, juga simbol area atau wilayah. Simbol-simbol tersebut mewakili objek yg sebenarnya pada lapangan. Lantaran itu, terdapat sejumlah aturan yang perlu diperhatikan agar simbol yg dibuat dapat mewakili objek di lapangan. Dengan demikian, pembaca peta dengan mudah bisa menafsirkan simbol yang terdapat dalam peta. Aturan-turan pada menciptakan simbol adalah:  
•    mudah dibaca dan dipahami sang pembaca  peta;  
•    mencerminkan data yg diwakilinya;  
•    sederhana dan gampang digambar;  
•    memperhatikan keindahan atau keindahan.  

Simbol bisa dikelompokkan berdasarkan jenis data yg diwakilinya, bentuk simbol, dan wujud simbol. Berdasarkan data yang diwakilinya, simbol bisa dibedakan sebagai simbol yang mencerminkan data kualitatif serta simbol yang mencerminkan data kuantitatif. 

Data kualitatif nir menjelaskan jumlah dan nilai. Simbol data kualitatif hanya menyajikan sebaran berdasarkan unsur yg dipetakan. Sebaliknya, simbol yg mencerminkan data kuantitatif menjelaskan jumlah dan nilai dari unsur yang dipetakan.  Berdasarkan bentuknya, simbol bisa dibedakan menjadi simbol titik, garis, serta area. Simbol titik digunakan buat menyatakan lokasi suatu objek. Simbol garis digunakan buat mendeskripsikan objek yang berbentuk memanjang. Simbol area dipakai buat mendeskripsikan objek yang mempunyai luas tertentu.  

Berdasarkan wujudnya, simbol dalam peta dapat dibedakan menjadi simbol piktorial, geometrik, serta alfabet . Simbol piktorial adalah suatu simbol yang dalam kenampakan wujudnya mempunyai kemiripan dengan unsur yang diwakilinya. Simbol geometrik merupakan suatu simbol yg dalam kenampakan wujudnya tidak mempunyai kemiripan menggunakan unsur yang diwakilinya. Sementara itu, sesuai dengan namanya, simbol huruf menggunakan huruf atau nomor dengan mengambil alfabet pertama atau ke 2 berdasarkan nama unsur yg diwakiliny. Gambar: disini

Simbol yg mencerminkan data kualitatif 

Simbol data kualitatif bisa berupa simbol titik, simbol garis, dan simbol area.  
  • Simbol titik  
Simbol ini bisa berupa simbol titik yang wujudnya dapat berupa piktorial, geometrik, serta alfabet . Simbol titik piktorial menyajikan bentuk orisinil atau mendekati keadaan sebenarnya objek yang diwakilinya. Simbol titik pada bentuk geometrik menyajikan objek yg diwakilinya dalam bentuk geometrik atau tak berbentuk. Simbol titik pada bentuk alfabet menyajikan objek yang diwakilinya pada bentuk huruf.
  • Simbol garis
Simbol garis dipakai buat menyajikan objek di permukaan bumi yang berbentuk linear atau memanjang. Garis yang diwakilinya bisa berbentuk konkret (terdapat objek sebenarnya di lapangan) juga khayal (nir terdapat atau tidak terlihat di lapangan). Misalnya, batas tipe iklim termasuk garis khayal karena sebenarnya tidak ada objeknya pada lapangan. Akan namun simbol garis yang menyatakan sungai termasuk garis konkret karena objek sebenarnya ada pada lapangan.
  • Simbol area (luas)
Simbol ini dipakai buat mewakili objek di bagian atas bumi dalam bentuk area dengan batas yang niscaya maupun asumsi. Contohnya area perkebunan, tambak, sawah, padang golf serta lainnya.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru