Membuat Jaringan LAN AdHoc Bagi Pengguna Windows 8.1 Menggunakan CMD

Assalamu’alaikum…

PadaWindows 7 serta XP atau yang tak jarang sharing data, mungkin nir asing lagi denganyang namanya Ad-Hoc dimana kita dapat membuat jaringan lokal berbasis wifi menurut laptop kitasendiri sebagai akibatnya memungkinkan perangkat laptop lain terhubung dengan laptopkita. Tapi sejak keluarnya Sistem Operasi windows 8.1, fitur ad-hoc inidihilangkan entah dengan alasan apa.

Tenangsaja, meskipun fitur ini telah dihilangkan pada windows 8.1, jangan khawatirkarena sebenarnya fitur ad-hoc ini bisa kita gunakan balik pada windows 8.1dengan sedikit pengalaman aku menggunakan windows 8.1, hehehe. Mengaktifkannya hanya memakai CMD. Namun sebelum dalam pada dasarnya,alangkah baiknya kita kenalan dulu apa sih Ad-Hoc itu ?

Ad-Hoc merupakan desentralisasi menurut jaringan komputer yg berbasis wireless (tanpakabel), karena jaringan ini nir bergantung pada infrastruktur jaringan yangsebelumnya telah terdapat, misalnya misalnya kabel LAN, jaringan Router maupunmelalui accsess point.

Membuat JaringanAd-Hoc Windows 8.1

1. Jalankan Command Prompt (CMD)dengan cara, klik kanan dalam tombol Start– pilih Command Prompt (Admin).

Lihat Gambar:
2. Setelah window CMD tampil, cek terlebih dahulu apakah driver laptopkita telah support atau belum, karna nir semua laptop / notebook dapatsupport buat sanggup membuat jaringan ad-hoc, dengan cara : ketik pada cmd “netsh wilan show drivers” (tanpamenggunakan kutip). Seperti gambar dibawah :

Lihat Gambar:
Jika dalam Hosted Network Supported : Yes, berartilaptop sobat suah support untuk membuat jaringan ad-hoc

3. Saatnya mulai buat membuat ad-hoc nya. Caranya ketik netsh wlan set hostednetwork mode=allowssid=(nama Ad-Hoc nya) key=(password Ad-Hoc)

Sekaranguntuk menjalankan Ad-Hoc nya ketik “netshwlan start hostednetwork” (tanpa pertanda kutip). Seperti gambar :

Lihat Gambar:
Padagambar diatasyang bergaris merah atasadalah nama Ad-Hoc nya “alf_wifi” menggunakan password “faris6593

Keterangan :

1. Nama merupakan nama jaringananda nantinya.
2. Nama tidak bolehmenggunakan spasi
3. Password adalah katakunci yg harus dimasukkan sang sahabat-teman anda bila mau masuk ke jaringananda
4. Password tidak bolehkosong
5. Password minimal 8huruf/angka serta maksimal 63
6. Perlu diperhatikan bahwa ketika personal komputer meninggal, Hosted Network inijuga akan mati. Maka sobat perlu membuatnya menurut awal lagi.

4. Selesainya itu ketik “netsh wlanstart hostednetwork” (tanpa pertanda kutip). Apabila terdapat bacaan “The hosted network started” berarti Ad-Hocsobat siap dan bisa buat dipakai. Untuk menghentikannya, ketik “netsh wlan stop hostednetwork”

5. Buat melihat Ad-Hoc nya, menggunakan cara : klik kanan dalam “Network” misalnya gambar yg di kotakkandibawah – klik Open Network and SharingCenter. Misalnya gambar dibawah :

Setelahitu akan terlihat gambar dibawah, yang menandakan bahwa Ad-Hoc siap untukdigunakan.

Lihat Gambar:
Apakahsudah hingga disitu saja ? Beluumm… karna langkah 1 hingga 5 diatas hanya untukmembuat Ad-Hoc nya saja atau dengan kata lain membuat jaringannya saja. Agardata yg kita ingin share kekomputer lain dengan Ad-Hoc dapat terbaca lihatartikel selanjutnya mengenai Cara AgarFolder bisa Di Share Menggunakan Ad-Hoc.

Mungkinitu saja pembahasan tentang Cara MembuatAd-Hoc Pada Windows 8.1, mohon maaf bila ada kata yg keliru dan kurangberkenan. Terima kasih… ^^


Wassalamu’alaikum…

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI