Membuat Kalkulator Sederhana Menggunakan VB 6



Assalamu’alaikum…

            Saya ingin mengembangkan Pengalaman sayanih mengerjakan laporan berdasarkan Laboratorium TI pada Gunadarma,mungkin buat kalian yang sekarang menjadi mahasiswa baru pada Gunadarmaakan menerima Laboratorium ini (insya allah :P) umumnya tuh dapetnya Kaloga  Semester 1 atau ga dua. Oke dehlangsung aja ya tutorial menciptakan Laporan Akhir Praktikum Visual Basic ini,dan saya akan menyebarkan Tutorial Cara Membuat Kalkulator Sederhana padaProgram Visual Basic Enterprise ini..


LAPORAN AKHIRPRAKTIKUM



MATA PRAKTIKUM                       :ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

KELAS:1IA13

PRAKTIKUM KE-                             :5

TANGGAL                                         :11 APRIL 2018

MATERI                                             : Pengenalan VB (Visual Basic)

NPM                                                   : 54411827

NAMA                                               :Muhammad Faris Al Fatih

NAMA KETUA ASISTEN                :

NAMA ASISTEN                              :

PARAF ASISTEN                             :

JUMLAH LEMBAR                          : 7 LEMBAR



LABORATORIUMINFORMATIKA
UNIVERSITASGUNADARMA

2012


BAB. 1


LISTING PROGRAM

() Comand Button 1,2,tiga serta 4


Lihat Gambar:


() Form



Lihat Gambar:

 BAB. 2
LogikaProgram

        1.Analisa Program


      PadaProgram sebelumnya kita telah mengerjakan program Delphi, kali ini saya akan membuatsebuah program dengan menggunakan Visual Basic, atau biasa kita kenal dengansebutan VB . langsung saja, pada program kali ini saya akan membuat sebuahprogram yang berbentuk penghitungan kalkulator dan yang saya beri judul “CALC –ZONE” dan tentunya program yang saya akan buat ini sangat sederhana, denganmenggabungkan pengoprasian ,yaitu pertambahan (+), pengurangan (-), pembagian(/) dan perkalian (*). Pada form yang nantinya saya buka untuk membuat calc –zone ini, saya menggunakan beberapa tools yang telah pada sediakan oleh programVB, yaitu 4 buah Button, 4 buah Label dan 3 Text .

       dua.Penjelasan Program


            Awalnya untuk membuat Calc – Zoneini, bukalah VB kemudian pilih “Standard Exe”, klik “open kemudian akan timbul sebuahform yang bertuliskan “FORM1” , buat menciptakan Calc – Zone (menciptakan kalkulator). Selanjutnya kita buat 4 butir Label, Label1 buat menciptakan judul, Label2 untukmembuat goresan pena “First Value”, Label3 buat membuat goresan pena “Second Value”,Label4 buat menuliskan “Hasil” . Lalu kita buat 3 text, yg dimana ke 2 texttersebut sebagai Inputan berdasarkan “First Value” serta “Second Value”, text tiga untukmenampilkan hasilnya . Setelah itu kita membuat 4 buah Button, yaitu Button1untuk pengoperasian pertambahan (+), Button2 buat pengoperasian perkalian (*),Button3 untuk pengoperasian pengurangan (-), Button4 buat pengoperasianPembagian (/).

      Berikutadalah penjelasan mengenai coding command Button yg saya tampilkan padalisting acara di atas .

Pada listing tersebut kita lihat ada sebuahCode “Dim a, b As Integer”, maksud code ini adalah sebagai pendefinisian dariData Type sebuah variable, yaitu disini kita buat a,b yang pada artikan sebagai Tipe DataInteger . Lalu pada bagian coding yang lainnya terdapat code “hasil = a + b

Text3.text = output”, dengan coding ini Hasilnya akan keluar dalam text3.dan Perbedaan menurut 4 command Button-nya yangkita buat merupakan hanya berada dalam pengoperasiannya saja.

BAB. 3
Output

Frame


Lihat Gambar:

Button1 (+)
Lihat Gambar:


       Button2 (*)



Lihat Gambar:


Button3 (-)



Lihat Gambar:


       Buton4 (/)



         Sekian yg mampu gua berikan sedikit kabar nih tentang Caranya Membuat Kalkulator Sederhana dari Program Visual Basic Enterprise 6.. Semoga Tutorial ini berguna ya buat kalian.. Good Luck..  :D

Wassalamu'alaikum..
Download Program VB 6 (Enterprise ) : Disini

Download Document Lengkap VB6 dan Delphi 7 : Disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI